Kartu Grafis Terbaik: NVidia atau AMD?

16 Feb 2016 15:36 5214 Hits 0 Comments
Pertimbangan sebelum meng-upgrade VGA atau membeli kartu grafis
sumber gambar: jalantikus.com

VGA atau  Video Graphics Adapter, bertugas untuk menampilkan sebuah grafis yang diperintahkan oleh sistem. Semakin berat tugas yang perlu ditampilkan, maka kemampuan dari sebuah VGA sangat perlu untuk ditingkatkan. Cara meng-upgrade atau meningkatkan performa VGA adalah dengan menambahkan kartu grafis tambahan pada motherboard.

Keputusan terbesar untuk membeli kartu grafis biasanya adalah pilih NVidia atau AMD?

Kedua perusahaan ini bersaing dalam menawarkan kartu grafis dengan kinerja dan harga yang kompetitif. Bagi orang awam seperti saya, biasanya pilihan jatuh pada kapasitas yang besar dengan pertimbangan harga yang sedikit miring, padahal kenyataannya ada beberapa poin pertimbangan lain yang dibutuhkan dalam memilih kartu grafis, misalnya fitur yang ditawarkan, sasaran kebutuhan, dan konsumsi daya.

Namun, terlepas dari persoalan isu pemilihan vendor kartu grafis terbaik, saya lebih mengutamakan kebutuhan pengguna itu sendiri. Nah, berikut 6 kartu grafis unggulan dari NVidia dan AMD (ATI Radeon) yang bisa menjadi pertimbangan pembaca dilansir dari trustedreviews.com:

 

1. NVidia GeForce GTX 950

sumber gambar: scan.co.uk

Baca juga : Review MSI GTX 950

Fitur Utama:

• Kinerja terbaik untuk kartu grafis dengan harga kisaran 3 juta Rupiah
• Ideal untuk 1080p gaming
• Dioptimalisasi untuk game MOBA

Nvidia GeForce GTX 950 adalah kartu grafis termurah dalam seri 900, kartu yang didasarkan pada arsitektur Maxwell terbaru ini ideal bagi mereka para gamer yang ingin bermain di resolusi 1080p.

Dalam pengujian trustedreviews tercatat antara 38fps (game Crysis 3) dan 108fps (game Batman: Arkham Asylum) berdasarkan pengaturan resolusi dan kualitas visual tertinggi dalam game, sehingga menyisakan ruang lebih untuk performa dalam bermain game.

Driver GeForce Experience terbaru memiliki fitur auto-optimasi yang dapat memprioritaskan kinerja grafis maksimum untuk latency minimum. Overlay dalam game juga dapat dengan cepat mengakses rekaman, jawaban instan, dan Twitch streaming.

 

2. AMD Radeon R9 390

NVidia atau AMD?

sumber gambar: anandtech.com

Fitur Utama:

• Kinerja terbaik untuk kartu grafis dengan harga kisaran 5 juta Rupiah
• Freesync kompatibel

Melihat desain dan antarmukanya, AMD Radeon R9 390 mungkin terlihat biasa saja. Konsumsi daya kartu grafis ini lebih besar dibanding pesaingnya NVidia GTX 970, namun, hal ini sebanding dengan rata-rata kinerja yang lebih baik dengan angka yang bervariasi antara 15% -30% meskipun GTX 970 menawarkan overclocking yang lebih baik yang dapat menutupi kekurangan ini tapi tentu saja dengan harga yang lebih tinggi.

Namun, jika anda mencari kartu grafis performa terbaik dengan budget 5 jutaan, R9 390 adalah kartu grafis yang saya rekomendasikan.

 

3. AMD Radeon R9 390X

sumber gambar: kdramastars.com

Fitur Utama:

• Kinerja terbaik untuk kartu grafis dengan harga kisaran 7 juta Rupiah
• Lebih cepat dari Nvidia GeForce GTX 970

Seperti halnya R9 390, AMD R9 390X bukan yang paling eye-catching dari line-up kartu grafis saat ini, namun, ingat pepatah, don’t judge the book from it’s cover, performa kartu grafis ini terbilang tinggi dengan harga yang sangat kompetitif. Jika dibandingkan dengan GTX 980, harga yang ditawarkan R9 390X jauh lebih murah dengan kinerja yang sepadan. Kekurangan kartu grafis ini adalah pada konsumsi daya yang sangat tinggi.

 

4. Nvidia GeForce GTX 980 Ti

sumber gambar: techreport.com

Baca Juga : Review Zotac GTX 980 Ti Amp

Fitur Utama:

• Konsumsi daya rendah
• Pilihan terbaik untuk 4K gamer

Nvidia GeForce GTX 980 Ti mungkin bukanlah kartu grafis Nvidia yang tercepat, tapi jika mengingat kinerja yang hampir mendekati Titan X (sekitar 95%) dengan harga yang 70% lebih murah, maka kartu grafis ini layak untuk dipertimbangkan.

 

5. AMD Radeon R9 Fury Nano

sumber gambar: overclock3d.net

Fitur Utama:

• Panjangnya hanya 6 inchi
• Hanya membutuhkan satu konektor power delapan pin
• Performa powerfull yang hampir mendekati kartu grafis tercepat

Didukung oleh chip yang sama seperti kartu andalan AMD, Fury X, Fury Nano memberikan kinerja yang mumpuni meski panjangnya hanya enam inchi.

Baca Juga : Review AMD Radeon R9 Fury X (Bukan Fury Nano, Pen)

Harga yang dibanderol untuk Fury Nano memang agak mahal, biaya yang setimpal pula untuk kinerja yang disuguhkan. Namun jangan khawatir, kabarnya AMD baru-baru ini memberikan potongan harga sekitar 2 juta Rupiah sehingga kartu grafis ini dapat dibawa pulang dengan budget kisaran 8 jutaan Rupiah.

 

6. NVidia GeForce GTX Titan X

sumber gambar: geforce.co.uk

Baca juga : Review NVidia GeForece GTX Titan (Bukan Titan X, Pen)

Fitur Utama:

• Kartu grafis tercepat
• Konsumsi daya yang relatif rendah
• Antarmuka yang menarik

Titan X dapat diklaim sebagai kartu grafis single-GPU tercepat saat ini, dan tentu saja, dengan harga yang termahal pula. Selisih harga yang ditawarkan juga terasa sangat jauh jika dibandingkan dengan GTX 980 Ti, sekitar 14 juta Rupiah (50% lebih mahal). Namun, bukan berarti performa Titan X 50% lebih jauh dari GTX 980 Ti. Menurut trustedreviews.com, performa Titan X hanya meningkat sekitar 5%.

Hebatnya, meskipun diusung sebagai kartu grafis tercepat, Titan X dapat dibilang lebih hemat untuk tagihan listrik Anda. Kartu grafis ini lebih hemat sekitar 15W dibanding Fury X, meskipun kinerjanya jauh lebih cepat.

 

Jadi, mana yang lebih bagus? NVidia atau AMD?

Jika berbicara soal kartu grafis mana yang lebih bagus, kembali ke statement awal saya di atas, tergantung kebutuhan Anda.

Untuk gamer, mungkin NVidia lebih diunggulkan karena konsumsi daya yang lebih kecil untuk pemakaian jangka panjang dan terutama untuk versi GTX dengan fitur Physx yang berfungsi mengoptimalkan detail grafis yang dikeluarkan.

Untuk penikmat multimedia, AMD terasa sedikit lebih baik karena kartu grafis besutan AMD memiliki banyak ekstensi pendukung untuk penayangan video dengan resolusi tinggi agar berjalan mulus dan lancar, fitur UVD yang tidak ada di NVidia, dan terutama harganya yang lebih ekonomis dibanding dengan kartu grafis besutan NVidia dengan performa setara.

Untuk Video dan Graphic editor, NVidia menjadi pilihan terbaik, karena series GeForce biasanya lebih handal untuk diajak Rendering Video.

Tapi perlu diingat, setiap kartu grafis memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing pada setiap serinya, sehingga, rasanya kurang objektif jika menyamakan keduanya secara general kemudian menjadikan salah satu poin acuan untuk membandingkan keduanya.

Jangan lupa, sebelum memutuskan untuk membeli sebuah VGA, pastikan Motherboard Anda men-support VGA yang ingin dibeli, baik slot maupun tipenya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentar Anda.

 

sumber data : trustedreviews dan jalantikus

Tags komparasi

About The Author

Tuhuk Ma'arit 52
Expert

Tuhuk Ma'arit

Bodoh, miskin, dan pemalas. Lahir di Kotabaru (Kalimantan Selatan) pada tanggal 30 Januari 1988. Menulis adalah hal yang biasa bagi saya, saya sudah melakukannya sejak Sekolah Dasar. Saya sudah terbiasa menyalin contekan PR, dihukum menulis di papan tulis, menulis absen dari jarak jauh ketika bolos (mungkin bisa disebut mengisi absen secara online), menulis cerpe'an sebelum ulangan, dan menulis surat cinta di tahun 90-an. Tetapi, menulis ide orisinil adalah hal baru yang akan saya kembangkan. Semoga, amin. Sekarang saya bekerja tetap sebagai pengangguran. Hobi saya yang bercita-cita memberi pekerjaan kepada sejuta rakyat Indonesia adalah bermalas-malasan. Jika istri saya tidak mengetahui akun ini, berarti status saya adalah masih single dan available. Eh?
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel