Cara Menghubungkan Smartphone dengan TV

15 Feb 2016 19:20 7120 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Menghubungkan smartphone dengan TV bisa dilakukan dengan beberapa cara yang mudah.

Smartphone. Nama ponsel ini saja sudah menyematkan kata “smart” yang artinya pintar. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan aneka fitur dan manfaat dari sebuah smartphone. Selain berbagai fitur dan kelebihan lain dari smartphone, ada satu kelebihan lagi yang akan membuat Anda merasa lebih puas dalam menggunakan smartphone. Kelebihan tersebut adalah smartphone bisa dihubungkan dengan TV.

Menghubungkan smartphone dengan TV tentunya sangat bermanfaat untuk Anda yang senang bermain game tetapi kurang puas dengan layar smartphone yang kurang lebar atau ingin mendapatkan kepuasan dalam menonton aneka video dari smartphone menggunakan layar TV.

Akan tetapi, sebenarnya tidak semua jenis smartphone khususnya Android yang bisa dihubungkan dengan TV. Ada jenis-jenis smartphone tertentu yang tidak mendukung teknologi ini. Jadi, pastikan Anda memiliki smartphone dengan dukungan tekniologi penyambungan smartphone dengan TV.

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghubungan smartphone dengan TV yang Anda miliki di rumah. Semua cara ini bisa membantu Anda memuaskan hasrat untuk bermain game atau juga menonton video yang berasal dari smartphone.

 

1. Manfaatkan Fitur Miracast yang Terdapat pada Smartphone

Cara Menghubungkan Smartphone dengan TVGambar via: g01.a.alicdn.com

Jika smartphone Anda memiliki fitur Miracast di dalamnya, maka Anda bisa menggunakannya sebagai salah satu cara untuk menghubungkan smartphone dengan TV. Tetapi selain dengan TV, Anda juga bisa menghubungkannya dengan layar-layar besar lainnya seperti proyektor dan LCD.

Akan tetapi ada catatan penting yang harus Anda ingat, cara ini hanya bisa digunakan oleh semua perangkat yang memang mendukung fitur Miracast ini. Jika smartphone Anda sudah memiliki fitur Miracast, maka perangkat lainnya pun seperti TV harus sudah mendukung fitur ini. Jika TV Anda belum mendukung fitur Miracast, Anda bisa membeli perangkat pendukungnya. Anda bisa membeli Miracast Receiver atau Dongle Miracast.

Penggunaan fitur Miracast termasuk mudah dan tidak lama. Caranya adalah dengan mengaktifkan terlebih dahulu fitur Miracast yang terdapat pada smartphone. Jangan lupa untuk aktifkan juga fitur Miracast pada TV atau mengaktifkan perangkat Dongle Miracastnya.

Jika fitur Miracast pada masing-masing perangkat sudah aktif, tunggu sampai muncul jaringan dari Dongle Miracast pada smartphone dan kemudian koneksikan. Anda sudah bisa menghubungkan smartphone dengan TV Anda dengan mudah.

 

2. Gunakan MHL atau  HDMI Cable

Cara Menghubungkan Smartphone dengan TVGambar via: www.simplynuc.com

Untuk smartphone dengan OS Android, Anda bisa menggunakan kabel mikro HDMI. Anda juga bisa menggunakan MHL atau Micro High-definition Link yang merupakan jenis kabel dengan satu sisi memiliki kabel mikro dan sisi lainnya memiliki colokan HDMI.

Akan tetapi, Anda tetap harus memerhatikan versi OS Android yang Anda gunakan. Penggunaan kabel HDMI atau MHL ini hanya bisa dilakukan pada smartphone dengan OS Android versi 4.2 ke atas. Jadi, jika versi OS Android pada smartphone Anda masih di bawah 4.2, belum bisa menggunakan kabel HDMI atau MHL ini.

Cara penggunaannya sangat mudah, Anda hanya tinggal menghubungkan antara smartphone dengan TV menggunakan kabel HDMI atau MHL ini. Sedikit tips, untuk menghasilkan gambar dengan rasio yang pas pada layar TV, gunakan mode landscape pada smartphone Anda.

 

3.Menggunakan Perangkat Wireless Display atau Wi-Di

Cara Menghubungkan Smartphone dengan TVGambar via: cdn04.androidauthority.net

Anda juga bisa menggunakan sebuah perangkat Wi-Di untuk menghubungkan smartphone Anda dengan TV. Terdapat banyak jenis pilihan Wi-Di yang bisa Anda gunakan. Beberapa contoh Wi-Di tersebut di antaranya Intel Wi-Di, Google Chromecast, dan Samsung Allshare.

Jika Anda menggunakan smartphone Samsung, Anda bisa menemukan fitur Allshare yang bisa membantu Anda untuk menghubungkan smartphone dengan perangkat lain seperti TV dengan sistem wireless.

Anda juga bisa memilih perangkat Wi-Di dari Google yang bernama Chromecast. Chromecast sendiri adalah sebuah receiver yang bisa Anda gunakan untuk menghubungkan antara smartphone dengan TV. Bahkan perangkat ini pun bisa dihubungkan dengan menggunakan Wi-Fi.

Pastikan TV yang Anda gunakan adalah TV yang mendukung untuk penggunaan perangkat Wi-Di sendiri. Anda akan menikmati keseruan streaming video dari smartphone dengan layar TV yang lebar.

 

Keseruan menghubungkan smartphone dengan TV ini sudah sangat mudah dilakukan dengan semakin canggihnya teknologi pada saat ini. Anda tidak perlu lagi merasa kurang puas dengan kurang lebarnya layar dari smartphone pada saat streaming video favorit atau saat memainkan game favorit.

Hal terpenting dari penggunaan aneka perangkat penghubung smartphone ke TV ini  adalah smartphone dan TV yang sama-sama mendukung untuk penggunaan perangkat kabel HDMI, Miracast, dan Wi-Di.

Itulah informasi terkait cara yang bisa Anda lakukan untuk menghubungkan smartphone dengan TV. Jika Anda penasaran, Anda bisa mencobanya sekarang juga di rumah. Semoga informasi tentang cara-cara untuk menghubungkan smartphone dengan TV ini bermanfaat untuk Anda semua. Selamat mencoba dan rasakan sensasi layar smartphone yang lebih luas dengan TV kesayangan Anda di rumah!

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel