Travelling Nyaman dengan Beberapa Tips Packing Barang Bawaan

28 Jan 2016 13:00 4637 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Travelling identik dengan packing, gunakan beberapa tips ini agar travelling Anda nyaman.

Packing time!!! Travelling tentunya selalu identik dengan kegiatan packing. Packing barang bawaan ini bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bisa juga cukup memusingkan. Mengapa? Ada cukup banyak barang yang mungkin ingin dan harus Anda bawa pada saat travelling tetapi kapasitas koper serta syarat maksimal bawaan menjadi hambatan.

Pernah merasakan hal seperti itu? Tidak perlu khawatir, jika Anda memang ingin bisa membawa semua barang kebutuhan selama travelling dengan luas koper yang Anda miliki, ada beberapa tips menarik seputar packing barang yang akan membantu Anda. Beberapa tips tersebut di antaranya sebagai berikut.

 

Menuliskan List Barang yang Akan Dibawa

Terkadang Anda merasa semua barang yang dibutuhkan sudah masuk koper, tetapi ketika sampai di tempat tujuan ada beberapa barang yang justru tertinggal. Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya Adan menuliskan terlebih dahulu barang-barang apa saja yang akan Anda bawa dan tentunya Anda butuhkan selama travelling.

Tuliskan dengan rinci, mulai dari peralatan mandi, obat-obatan pribadi, pakaian, makanan, sepatu, dan lain-lain. Untuk jenis pakaian yang dibawa, pastikan sesuai dengan suhu atau musim yang ada di tempat tujuan, jika Anda mengunjungi negara dengan banyak musim. Misalnya, jika Anda mengunjungi Jepang pada saat musim dingin, pastikan Anda membawa pakaian yang bisa menahan hawa dingin serta mantel atau jaket yang tebal dan efektif menangkal dingin.

 

Menyimpan Peralatan Mandi dalam Tas Plastik dengan Rapi

Travelling Nyaman dengan Beberapa Tips Packing Barang Bawaan

Gambar via: papasemar.com

Peralatan mandi umumnya bersifat basah atau cairan, seperti sampo dan sabun cair. Agar rapi dan tidak membuat koper menjadi basah jika tiba-tiba penutup sampo atau sabun terbuka, maka gunakanlah tas plastik sebagai tempat untuk menyimpan semua peralatan mandi.

Selain itu, gunakanlah botol-botol plastik kecil untuk wadah sampo dan sabun cair Anda. Untuk perjalanan yang singkat, rasanya tidak perlu banyak membawa sampo dan sabun cair. Botol-botol plastik juga akan membantu menghemat ruangan pada koper.

 

Gulung Pakaian, Bukan Dilipat Seperti Biasa

Travelling Nyaman dengan Beberapa Tips Packing Barang Bawaan

Gambar via: papasemar.com

Salah satu cara untuk menghemat ruang pada koper Anda adalah dengan menggulung pakaian. Cara ini akan membuat ruang di koper Anda semakin sedikit terpakai untuk pakaian. Pakaian yang digulung ini tidak akan cepat kusut, tetapi jika Anda merasa takut pakaian menjadi kusut karena digulung, pilihlah jenis pakaian yang terbuat dari bahan yang tidak mudah kusut.

Agar setiap gulungan dari pakaian tidak mudah terlepas, pastikan penyimpanan pakaian rapat dan tidak ada rongga yang akan membuat gulungannya menjadi terlepas. Agar gulungan tidak mudah terlepas, gulung pakaian sesuai dengan alur jahitan pakaian.

 

Jadikan Bagian Dalam Sepatu Sebagai Tempat Penyimpanan

Setiap celah dalam koper bisa digunakan untuk menyimpan barang bawaan Anda. Contohnya seperti bagian dalam sepatu. Anda bisa memanfaatkan bagian dalam sepatu untuk menyimpan beberapa barang kecil seperti parfum, kaos kaki, dan barang-barang yang muat disimpan di dalamnya.

Pastikan sepatu Anda benar-benar dalam keadaan bersih sebelum Anda menyimpannya di dalam koper. Ditambah lagi jika Anda berniat menyimpan sebagian barang di bagian dalam sepatu. Anda bisa juga menggunakan plastik untuk memisahkan sepatu dengan barang lainnya.

 

Membawa Peralatan Kecantikan dalam Ukuran Kecil

Bagian ini mungkin memang lebih banyak ditujukan untuk kaum perempuan, tetapi bisa juga menjadi tips yang bisa digunakan pria juga. Usahakan hanya membawa peralatan kosmetik dalam ukuran minimalnya saja.

Misalnya seperti pelembab, pilihlah pelembab yang disimpan dalam sebuah wadah ukuran paling kecil saja. Begitu juga dengan lotion, jika Anda merasa ukuran dari lotion paling kecil saja masih cukup besar, gunakan botol plastik dengan ukuran yang lebih kecil lagi untuk lotion Anda.

 

Membawa Makanan yang Pasti akan Anda Makan Saja

Travelling Nyaman dengan Beberapa Tips Packing Barang Bawaan

Gambar via: www.emjeshop.com

Mengenai makanan yang akan dibawa, sebaiknya pilih makanan yang mengenyangkan dengan  jumlah secukupnya saja. Terkadang tidak semua makanan yang dibawa benar-benar akan Anda makan, pada akhirnya makanan tersebut hanya akan Anda bawa pulang kembali dan memenuhi koper Anda.

Hal ini pernah saya alami. Ketika saya mengunjungi Jepang, saya membawa cukup banyak makanan karena merasa di sana mungkin saja akan sulit menemukan makanan halal. Tetapi, setelah sampai, ternyata tidak semua makanan tersebut saya makan. Akhirnya hanya membuat koper menjadi penuh saja. Jadi, bawalah makanan yang memang akan Anda makan saja dan pastikan ruang dalam koper Anda akan cukup untuk oleh-oleh.

 

Membawa Beberapa Barang Kecil yang Akan Bermanfaat

Beberapa barang kecil ini sebenarnya akan sangat bermanfaat untuk Anda pada saat travelling. Misalnya seperti buku catatan kecil, pensil atau pulpen, kantong plastik, serta karet gelang. Semua barang kecil tersebut bisa saja Anda butuhkan selama masa travellin Anda.

 

Merasa nyaman saat travelling tanpa harus merasa khawatir dengan kurangnya ruang pada koper Anda adalah hal yang diinginkan setiap orang. Happy travelling!

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel