Iphone Mulai Loyo Penjualannya?

27 Jan 2016 19:35 1677 Hits 0 Comments
Penjualan Iphone mulai menurun?

Sejak diperkenalkan ke publik tahun 2007, baru kali ini produk smartphone andalan Apple, Iphone mengalami penurunan penjualan.

"Kami pikir penjualan iPhone akan mengalami penurunan di kuartal mendatang," ucap Tim Cook, CEO Apple melalui Daily Mail.

Pendapatan terbesar Apple memang berasal dari penjualan Iphone, dibandingkan dengan produk-produk lainnya seperti Ipad maupun komputer Mac.

Bos Apple tersebut, menuding bahwa nilai tukar dollar Amerika yang begitu tinggi membuat loyonya penjualan Iphone. Nilai tukar dollar tinggi mengakibatkan menurunnya daya beli konsumen kepada Iphone.

Penjualan Iphone mengalami kenaikan tipis dibanding tahun lalu, Apple menyatakan penjualan Iphone kuartal pertama 74,8 juta unit, periode tahun lalu terjual 74,5 juta unit.

Di Hongkong dan Taiwan, penjualan Iphone mengalami kenaikan 14%, jauh jika dibandingkan tahun lalu yang mengalami kenaikan sebesar 70%.

Selain nilai tukar dollar yang tinggi, terdapat juga kemungkinan faktor lain yang menjadi penyebab menurunnya penjualan Iphone, yaitu Iphone 6s yang dinilai tidak memberikan kelebihan signifikan lebih dibanding Iphone 6 (pendahulunya).

Fitur 3D touch yang diusung Iphone terbaru nyatanya masih belum menarik minat konsumen membeli Iphone 6s. jika kehadiran Iphone 7 yang rencananya akan diperkenalkan tahun ini memenuhi ekspetasi konsumen, bukan tidak mungkin Apple kembali menaikkan pamor Iphone.

Dibanding dengan Iphone, produk Apple lainnya, Ipad sudah mulai menunjukkan penurunan penjualan sejak dua tahun silam. Jika dilihat dari fungsi, IPad memang belum bisa menggantikan produktivitas yang dimiliki oleh perangkat laptop atau notebook. Kehadiran Ipad Pro, yang dilengkapi dengan pena digital dan keyboard fisik berusaha meningkatkan fungsi tablet agar lebih bisa digunakan secara produktif.

Sejak pertama kali diperkenalkan, Iphone senantiasa membawa berbagai fitur terbaru didalamnya. Kita bisa melihat fitur multi touch, penyematan sensor sidik jari, hingga yang terakhir fitur 3D touch dalam Iphone generasi terbaru.

Iphone 7, yang akan dirilis tahun ini juga memiliki desain lain dari pendahulu. Rumor yang beredar, Apple akan menghilangkan jack konektor head set 3,5 mm, adapun tujuannya adalah untuk membuat Iphone menjadi lebih tipis.

Sanggupkah Iphone 7 kembali mengukuhkan Apple sebagai perusahaan teknologi termahal sejagat?

(Sumber gambar: www.theweek.co.uk)

Tags Smartphone

About The Author

wan 66
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel