Tips Pintar Memilih Setrika Sesuai Kebutuhan Anda!

28 Jan 2016 08:00 6200 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Memilih setrika sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan tanpa mengesampingkan kualitsnya.

Penampilan yang rapi salah satunya tercermin dari kerapian pakaian yang dikenakan. Ya, pakaian yang rapi tanpa ada bagain yang kusut tentunya akan menambah kepercayaan diri seseorang. Pakaian yang licin dan rapi bisa didapatkan melalui proses penyetrikaan.

Setrika, merupakan sebuah alat yang sudah sangat tidak asing bagi kehidupan manusia dan pastinya semua keluarga memiliki minimal satu buah setrika. Pakaian yang kusut dalam waktu beberapa menit saja bisa kembali rapi dan licin. Peran alat elektronik satu ini memang sangat besar sehingga banyak produsen setrika yang berlomba-lomba untuk membuat produk setrika terbaik dengan banyak kelebihan.

Tetapi, banyaknya produk dan merk setrika bisa saja membuat Anda merasa bingung dalam menentukan setrika mana yang akan dibeli. Memilih dan membeli setrika sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan Anda di rumah. Terdapat beberapa tips pintar dalam memilih setrika sehingga Anda benar-benar mendapatkan setrika yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga sesuai dengan kebutuhan.

 

1. Memilih Setrika yang Memiliki Permukaan Anti Lengket

Tips Pintar Memilih Setrika Sesuai Kebutuhan Anda!

Gambar via: www.bombayharbor.com

Bagian permukaan setrik sangat penting untuk diperhatikan karena bagian tersebutlah yang menghantarkan panas serta bersentuhan langsung dengan pakaian. Pilihlah jenis setrika dengan bahan alumunium atau stainless yang baik untuk menghantarkan panas degan bagia permukaan setrika yang anti lengket tentunya.

Bagian permukaan setrik yang anti lengket ini akan menghindarkan serat-serat tekstil menempel pada setrika. Jika terjadi penempalan kain atau serat tekstil, setrika tidak akan bisa digunakan lagi dengan nyaman selain itu juga akan berpengaruh pada pakaian yang disetrika.

 

2. Memilih Setrika dengan Panas yang Berkualitas

Tips Pintar Memilih Setrika Sesuai Kebutuhan Anda!

Gambar via: cdn-2.tstatic.net

Kualitas panas setrika akan menentukan apakah pakaian kusut bisa dirapikan dengan baik atau tidak. Pastikan Anda sudah mengetahui tentang kualitas panas yang dihantarkan oleh setrika tersebut sebelum membelinya. Perhatikan apakah setrika tersebut memiliki putaran pengatur panas atau tidak.

Setrika yang baik akan memiliki bagian putaran pengontrol panas di bagian tengah setrikanya. Di bagian pinggirnya akan terdapat tulisan jenis-jenis bahan tekstil dengan kisaran panas yang bisa disesuaikan mulai dari panas minimal sampai maksimal.

Putaran pengontrol panas pada setrika akan memudahkan Anda untuk mengontrol panas sesuai dengan jenis pakaian yang akan disetrika. Jadi, setiap jenis pakaian yang Anda miliki bisa rapi dengan cepat dan maksimal dengan tingkat panas yang sesuai.

 

3. Memilih Setrika dengan Berat yang Sesuai Kebutuhan

Tips Pintar Memilih Setrika Sesuai Kebutuhan Anda!

Gambar via: tshop.r10s.com

Setiap jenis setrika memiliki bobot atau berat yang berbeda. Berat dari setrik ini juga penting untuk diperhatikan sebelum Anda membelinya karena akan berpengaruh pada kenyamanan tangan Anda saat menyetrika.

Untuk kebutuhan rumah tangga, sebaiknya pilihlah jenis setrika yang memiliki berat atau bobot yang sedang. Setrika dengan bobot sedang memiliki tekanan dan panas maksimal dan berimbang untuk merapikan pakaian.

 

4. Membeli Setrika dengan Fitur Uap

Tips Pintar Memilih Setrika Sesuai Kebutuhan Anda!

Gambar via: stat.k.kidsklik.com

Setrika uap tentunya sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Ya, setrika dengan fitur uap ini akan membantu proses menyetrika menjadi lebih mudah dan lebih rapi. Bagian permukaan dari setrika memiliki lubang-lubang yang berfungsi untuk mengalirkan uap pada pakaian yang sedang disetrika.

Selain itu, setrika uap juga dilengkapi dengan wadah penampung air serta pipa yang bisa menyemprotkan air tersebut, biasanya air yang dimasukkan adalah air pewangi khusus untuk pakaian yang disetrika. Akan tetapi percikan air dari setrika uap juga akan cepat kering dan tidak berebekas karena bagian bawah dari permukaan setrika akan segera membersihkan percikan air tersebut. Setrika jenis ini cocok untuk pakaian yang terbuat dari bahan-bahan halus seperti gaun sutra, jas, mukena, kerudung berbahan halus, dan masih banyak lagi.

 

5. Membeli Setrika dengan Semua Komponen Vital yang Sempurna

Dalam memilih setrika, sebaiknya perhatikan seluruh komponen vital setrika apakah lengkap dan sempurna atau tidak. Komponen vital setrika tersebut di antaranya alas setrika, kemulusan bagian luar setrika, kelancaran gerak setrika, bahan kabel, lampu indikator, panas yang dihasilkan, dan lain-lain. Pilih juga setrika dengan kabel yang tidak mudah melilit, lemas, dan tentunya cukup panjang.

 

6. Membeli Setrika dengan Mempertimbangkan Merknya

Tidak bisa dipungkiri, barang-barang elektronik yang berasal dari merk terkenal umumnya lebih awet dan apa yang dijanjikan sesuai dengan kualitas yang sebenarnya.

Untuk jenis barang elektronik seperti setrika, sebaiknya Anda jangan ragu untuk memilih setrika yang berasal dari merk terkenal dan sudah terjamin kualitasnya. Harganya mungkin sedikit lebih tinggi, tetapi ketahanan dan kualitas setrika akan memuaskan kebutuhan Anda.

Selain dari segi kualitas serta model setrika yang tentunya menarik dan nyaman digunakan, setrika dari merk terkenal umumnya masa garansinya lebih lama. Hal ini berhubungan dengan mutru produk setrika yang memang sudah dijamin oleh perusahaan yang membuatnya. Service center untuk setrika dengan merk terkenal lebih mudah ditemukan dan kemudahan dalam penggunaan garansi.

 

Itulah beberapa tips untuk Anda dalam memilih dan membeli setrika. Pastikan Anda merapikan pakaian dengan setrika terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel