Aplikasi Recording Berkualitas untuk Smartphone Android Anda

26 Jan 2016 17:00 4981 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Aplikasi perekam suara pada Android akan membantu Anda mendapatkan kualitas rekaman yang baik.

Apakah Anda sering melakukan kegiatan merekam suara? Merekam suara bisa bermacam-macam, bisa merekam wawancara, merekam ide cerita, merekam nada untuk lagu baru, merekam percakapan penting, dan kegiatan perekaman lainnya.

Sebelum berkembangnya era ponsel, perekaman umum dilakukan dengan menggunakan alat perekam yang bentuknya mirip walkman. Saat ini, merekam sendiri bisa dilakukan dengan sangat mudah dengan menggunakan smartphone. Aplikasi bawaan smartphone juga umumnya sudah dilengkapi dengan aplikasi untuk merekam, akan tetapi terkadang kualitas rekaman suaranya tidak sesuai dengan harapan.

Untuk membantu mendapatkan hasil rekaman berkualitas dengan menggunakan smartphone, mulai bermunculan aplikasi-aplikasi voice recorder atau perekam suara. Ada aplikasi perekam suara yang bisa diinstal secara gratis dan ada juga yang berbayar. Berikut beberapa aplikasi perekam suara yang bisa Anda unduh di Google Play Store.

 

1. Smart Voice Recorder

 Aplikasi Recording Berkualitas untuk Smartphone Android Anda

Smart Voice Recorder merupakan salah satu aplikasi perekam suara terbaik yang bisa Anda unduh secara gratis. Aplikasi ini dirancang dengan sangat baik dan mudah untuk digunakan para pengguna smartphone. Smart Voice Recorder bisa digunaka untuk berbagai keperluan seperti perekaman pertemuan dengan rekan bisnis, merekam percakapan pada malam hari, dan bahkan bisa digunakan untuk merekam suara dengkuran.

Anda bisa merekam suara dengan kualitas yang bisa dipilih sendiri. Kualitas suara yang disajikan mulai dari 8 Hz sampai dengan 44 Hz. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur real time spektogram. Cara untuk mulai merekam juga mudah, ketika Anda membuka aplikasi ini Anda akan dihadapkan pada sebuah visual jam merah besar. Cukup dengan menekan jam merah besar tersebut, Anda sudah bisa memulai kegiatan perekaman suara.

 

2. Voice Recorder

 Aplikasi Recording Berkualitas untuk Smartphone Android Anda

Salah satu aplikasi perekam suara yang bernama Voice Recorder ini merupakan jenis aplikasi yang sederhana dan cepat. Terdapat fitur yang bisa membantu Anda untuk mengatur jadwal perekaman. Fitur lainnya yang juga menarik adalah Anda bisa menjadikan rekaman Anda sendiri sebagai ada dering serta mengirim hasil rekaman melalui email.

Cara menggunakan aplikasi ini juga mudah. Cukup dengan menekan tombol dengan tulisan REC pada saat akan merekam. Jika rekaman sudah selesai, tekan kembali tombol tersebut. Anda bisa membuat nama file sendiri yang kemudian akan otomatis tersimpan sesuai dengan jam dan tanggal perekaman tersebut dilakukan.

 

3. Easy Voice Recorder

 Aplikasi Recording Berkualitas untuk Smartphone Android Anda

Salah satu aplikasi perekam suara gatis yang bisa memudahkan Anda untuk merekam suara adalah Easy Voice Recorder. Aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi perekam suara terbaik dengan banyak fitur menarik di dalamnya.

Salah satu fitur menarik yang bisa Anda dapatkan dalam aplikasi ini adalah format penyimpanan suara yang berkualitas tinggi. Format yang disediakan adalah format output WAV File dan PCM yang mampu menghasilkan suara yang jelas.

Aplikasi ini cukup baik untuk menyaring suara yang akan direkam. Anda tentunya akan merasa puas dengan hasil rekamannya. Bahkan, Anda bisa mulai perekaman suara tanpa harus membuka aplikasinya terlebih dahulu. Cukup dengan menekan tombol  yang ada di widget, proses perekaman sudah bisa langsung dilakukan.

 

4. RecForge Lite – Audio Recorder

 Aplikasi Recording Berkualitas untuk Smartphone Android Anda

Salah satu aplikasi perekam suara yang bisa membuat Anda mengedit hasil rekaman Anda sendiri adalah RecForge. Ada banyak fitur dan fungsi menarik dari aplikasi perekam suara ini yang membedakannya dari aplikasi perekam suara lainnya untuk Android. Bagi Anda yang senang melakukan pengeditan rekaman dan kegiatan convert, aplikasi ini sangat cocok untuk Anda.

Dalam aplikasi ini, Anda akan menemukan fitur perekaman, mengedit hasil rekaman, berbagi hasil rekaman, berbagi musik, berbagi catatan, mengonversi rekaman ke dalam beberapa format penyimpanan seperti Ogg, MP3, dan WAV, melakukan konfigurasi format awal dari suara yang direkam, konfigurasi saluran secara stereo atau mono, dan konfigurasi kualitas suara.

 

5. Tape-a-Talk Voice Recorder

 Aplikasi Recording Berkualitas untuk Smartphone Android Anda

Satu lagi aplikasi perekam suara berkualitas untuk smartphone Android Anda adalah Tape-a-Talk. Aplikasi ini mampu melakukan perekaman pada bagian latar belakang bahkan ketika layar smartphone sedang dalam keadaan mati. Anda juga diberi kebebasan untuk format penyimpanan rekaman seperti dalam format 3gp atau format WAV.

Beberapa fitur lainnya yang bisa didapatkan dari aplikasi ini adalah mampu merekam suara, merekam catatan suara, merekam memo suara, menjadikan hasil rekaman sebagai nada dering, dan membagikan rekaman dengan baik dan cepat melalui Dropbox, FTP, dan email.

 

Aplikasi-aplikasi perekam suara tersebut adalah sebagian dari banyaknya aplikasi perekam suara lainnya. Anda bisa memanfaatkan aneka fitur menarik untuk memaksimalkan hasil rekaman untuk berbagai tujuan seperti untuk kegiatan pekerjaan, untuk tugas kuliah, dan untuk merekam karya Anda seperti lagu atau musik.

Jika Anda  penggemar kegiatan merekam, maka salah satu dari aplikasi perekam suara di atas wajib ada di smartphone Android Anda. Cukup kunjungi Google Play Store kemudian unduh aplikasinya dan jalankan. Selamat mencoba!

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel