Antara Bandung dan Jakarta, Dua Minuman Dingin Kota Manakah Favoritmu?

27 Jan 2016 09:40 4573 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jakarta dan Bandung memiliki minuman dingin khas kotanya masing-masing. Bagaimana perbandingannya?

Indonesia tidak hanya kaya dari sisi makanan khasnya saja, tetapi juga dari sisi minuman khas. Setiap daerah di Indonesia bahkan di setiap kotanya memiliki minuman khasnya masing-masing. Bila berkunjung ke Bandung atau Jakarta, Anda juga akan disuguhi oleh berbagai pilihan minuman khas seperti minuman dingin yang menyegarkan.

Minuman dingin khas Bandung dan Jakarta ini memilliki ciri khasnya masing-masing. Walau sama-sama manis, dingin, dan segar, tetapi penggemar masing-masing minuman dingin dari kedua kota tentunya punya alasan mengapa minuman dingin khas dari kota tersebutlah yang paling enak dan menyegarkan.

Berikut perbandingan antara minuman dingin khas Jakarta yaitu Es Selendang Mayang dan Es Doger dengan minuman dingin khas Bandung yaitu Es Goyobod dan Es Oyen.

 

Perbandingan dari Segi Rasa

Antara Bandung dan Jakarta, Dua Minuman Dingin Kota Manakah Favoritmu?

Gambar via: assets-a2.kompasiana.com

Minuman dingin khas Jakarta dan Bandung ini sama-sama memiliki rasa yang manis segar. Untuk minuman dingin dari Jakarta yaitu Es Selendang Mayang dan Es Doger, rasa manis didapatkan dari susu kental manis yang dituangkan dalam campuran kedua jenis es tersebut. Untuk Es Doger, biasanya ditambahkan juga sirup seperti sirup cocopandan atau sirup stroberi.

Sedangkan minuman dingin khas Bandung yaitu Es Goyobod dan Es Oyen sebenarnya juga memiliki rasa manis yang berasal dari susu kental manis dan air gula.

Rasa manis dari minuman dingin keduanya sama-sama dihasilkan dari susu kental manis yang dicampurkan. Tingkat manis yang terdapat pada masing-masing es tergantung seberapa banyak pemberian susu kental manis serta keseimbangannya dengan bahan yang lain terutama es serut yang akhirnya akan mencair.

 

Perbandingan dari Segi Isian

Antara Bandung dan Jakarta, Dua Minuman Dingin Kota Manakah Favoritmu?Gambar via: ratukuliner.com

Berbagai jenis es yang dibahas dalam artikel ini termasuk ke dalam varian es campur, karena di dalamnya terdapat berbagai jenis bahan. Isian dari Es Selendang Mayang yang berasal dari Jakarta di adalah potongan kue yang berasal dari campuran tepung beras dan tepung sagu kemudian dipadukan dengan es serut dan susu kental manis. Adonan tepung beras dan tepung sagu ini kemudian dibuat seperti agar-agar dan memiliki beberapa warna seperti putih, hijau, dan merah kemudian dipotong kotak-kotak. Sedangkan Es Doger berisi banyak campuran bahan di antaranya tape singkong, ketan hitam, roti tawar, santan, susu kental manis, dan sirup.

Untuk isian dari Es Goyobod di antaranya potongan dari adonan tepung hunkwe yang kemudian disajikan dengan campuran santan, air gula, dan serutan es batu. Tetapi, seiring berkembangnya zaman, isian dari Es Goyobod pun semakin bervariasi di antaraya potongan hun kwe, kolang-kaling, alpukat, pacar cina, kelapa muda, tape singkong, dan roti tawar. Untuk isian dari Es Oyen di antaranya kelapa muda, alpukat, kolang-kaling, pacar cina, dan potongan nangka yang diberi serutan es dan susu kental manis.

Untuk isian, Es Selendang Mayang memang tidak memiliki varian isi yang banyak, hanya adonan tepung sagu dan tepung beras saja. Tetapi warnanya yang menarik dan rasanya yang segar tidak kalah dari jenis es campur lainnya. Es doger memiliki keunikan rasa dengan adanya campuran ketan hitam dengan tape singkong.

Kedua jenis es dari Bandung juga tidak kalah segar dan menarik. Es Goyobod awalnya juga sama dengan Es Selendang Mayang, hanya berisi potongan adonan hunkwe saja. Tetapi, akhirnya isinya pun menjadi bervariasi dengan tidak meninggalkan ciri khas goyobod yaitu potongan hun kwe. Sedangkan es oyen yang sudah lama terkenal di Bandung memiliki cita rasa es campur yang enak dengan campuran isian es campur pada umumnya dengan tambahan potongan nangka di atasnya, tentu akan menyegarkan dahaga di siang hari.

Minuman dingin khas dari kedua kota sama-sama memiliki ciri khas dan rasa yang enak. Es Selendang Mayang yang berasal dari Jakarta memberikan rasa kenyang karena isiannya terbuat dari tepung sagu dan tepung beras. Sedangkan minuman dingin dari Bandung yaitu Es Goyobod juga tidak kalah mengenyangkan karena isiannya yang berupa potongan hun kwe.

 

Keberadaan Minuman Dingin Khas Kedua Kota

Antara Bandung dan Jakarta, Dua Minuman Dingin Kota Manakah Favoritmu?Gambar via: www.menuresepmasakan.com

Keempat jenis minuman dingin tersebut masih bisa ditemukan di beberapa tempat di kotanya masing-masing. Seperti Es Selendang Mayang yang masih bisa ditemukan di sekitaran Kota Tua, kawasan Kelapa Gading, da Glodok. Sedangkan es doger masih cukup bisa ditemukan di beberapa tempat di Jakarta.

Es Goyobod juga masih bisa ditemukan di beberapa tempat di Bandung, hanya saja jika Anda ingin mencicipi Es Goyobod yang paling popular dan enak, Anda bisa mengunjungi Goyobod Kuno 1949 di sekitaran Pasar Baru. Sedangkan untuk Es Oyen, Anda bisa langsung mengunjungi kedai pusatnya yang berada di Sukajadi.

Menurut saya, kelebihan dari Es Selendang Mayang adalah konsistensinya untuk menjaga keaslian es yang memang hanya menggunakan satu jenis isian saja. Sedangkan Es Oyen menjadi salah satu jenis es campur yang keberadaannya sudah sangat lama sejak 1954, saat ini masih ada dan masih dicari.

 

Jadi, setelah perbandingan ini jenis minuman dingin khas kota manakah yang menjadi favorit Anda?

Tags

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel