Ingin Smartphone Tetap Awet? Ikuti Beberapa Langkah Perawatan Smartphone Ini

26 Jan 2016 18:00 4255 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Agar smartphone bisa tetap awet, maka smartphone harus dirawat dengan baik.

Smartphone dari vendor manapun itu akan bisa bertahan lama atau awet jika digunakan dan dirawat dengan baik. Smartphone termasuk jenis barang elektronik yang sebenarnya sensitif, jika tidak dirawat dengan baik, walau berasal dari merk yang terkenal, juga akan mudah rusak atau salah satu bagiannya tidak berfungsi dengan baik.

Smartphone terbaru memang selalu keluar dengan sangat cepat, tetapi bagi Anda yang bukan seseorang yang cukup sering mengganti smartphone, keawetan smartphone sangat penting untuk dijaga. Lalu langkah apa perawatan apa saja yang bisa Anda lakukan agar smartphone bisa awet? Berikut uraiannya.

 

1. Merawat Bagian Luar Smartphone

Ingin Smartphone Tetap Awet? Ikuti Beberapa Langkah Perawatan Smartphone Ini

Gambar via: techlucifer.com

Salah satu ciri smartphone yang terawat dengan baik adalah bagian luar atau body smartphone yang tetap mulus hampir sama kondisinya dengan pertama kali membelinya. Ya, bagian body smartphone adalah yang pertama harus dijaga dengan baik. Anda bisa menggunakan berbagai jenis pelindung luar smartphone yang sekarang sudah bermacam-macam. Untuk bagian layarnya, Anda bisa menggunakan screen potector, sedangkan body bagian belakang, bisa digunakan back cover. Anda juga bisa memilih flip case atau lather case untuk melindungi keseluruhan smartphone. Usahakan juga agar smartphone tidak mudah dan sering terjatuh yang akan berdampak pada bagian dalam dan terutama bagian luarnya.

 

2. Merawat Baterai Smartphone

Ingin Smartphone Tetap Awet? Ikuti Beberapa Langkah Perawatan Smartphone Ini

Gambar via: media.pricebook.co.id

Salah satu bagian vital dari smartphone adalah baterainya. Oleh karena itu, agar performa baterai tidak mudah menurun, cobalah untuk melakukan beberapa langkah perawatan berikut.

  • Pada saat pengisian daya, usahakan agar smartphone dalam keadaan mati.
  • Gunakanlah smartphone ketika baterainya benar-benar sudah terisi penuh.
  • Jika pengisian daya sudah emncapai 100%, segeralah hentikan proses pengisian daya.
  • Selalu gunakan charger yang sesuai dengan smartphone Anda, sebaiknya jangan pernah menggunakan charger dari smartphone lain.
  • Pengisian ulang daya baterai smartphone sebaiknya dilakukan saat daya benar-benar akan habis.
  • Berikan jeda istirahat pada smartphone setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu agar suhu baterai smartphone tidak terlalu panas.

 

3. Merawat Speaker Smartphone

Ingin Smartphone Tetap Awet? Ikuti Beberapa Langkah Perawatan Smartphone Ini

Gambar via: www.allaboutsymbian.com

Untuk Anda yang terbiasa mendengarkan musik melalui smartphone, speaker menjadi bagian dari smartphone yang sangat penting bagi Anda. Akan tetapi, jika tidak dirawat dengan baik, maka speaker smartphone akan mudah rusak dan tidak nyaman digunakan lagi. Untuk menjaga keasetan speaker, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

  • Jauhkan smartphone dari berbagai logam yang bisa menempel pada smartphone atau benda yang mengandung magnet. Benda-benda tersebut bisa membuat speaker smartphone menjadi cepat rusak.
  • Perhatikan volume yang digunakan saat mendengarkan musik. Agar speaker smartphone tetap awet, maka bijaklah dalam memilih tingkatan volume yang digunakan. Jika sering menggunakan volume yang sangat tinggi, tidak menutup kemungkinan akan membuat performa speaker smartphone menjadi menurun. Jika ingin mendapatkan suara musik yang lebih memuaskan, Anda bisa menggunakan speaker portabel yang bisa dibawa ke mana saja dan bisa kapan saja dihubungkan dengan smartphone Anda.

 

4. Merawat Software Smartphone

Ingin Smartphone Tetap Awet? Ikuti Beberapa Langkah Perawatan Smartphone Ini

Gambar via: jalantikus.com

Bagian penting dari smartphone tidak hanya hardwarenya saja, tetapi juga software. Untuk merawat bagian software smartphone, simak uraian berikut.

  • Smartphone merupakan sebuah ponsel yang selalu terhubung pada jaringan internet sehingga rentan untuk diserang oleh virus. Oleh karena itu, installah antivirus yang terpercaya agar smartphone Anda selalu terlindungi.
  • Perhatikan dengan baik kapasitas penyimpanan yang dimiliki oleh smartphone. Jika kapasitas smartphone kecil, maka tambahkan memori eksternal yang akan membantu dalam penyimpanan data yang lebih banyak lagi.
  • Installah berbagai aplikasi yang memang benar-benar Anda butuhkan serta memiliki spesifikasi yang sesuai dengan smartphone Anda.
  • Pilih juga jenis aplikasi dengan teliti dan hati-hati. Jangan mudah tergiur dengan segala keuntungan dari aplikasi tersebut, jangan sampai Anda mengunduh aplikasi yang membawa virus. Oleh karena itu, unduh dan instal aplikasi yang sudah resmi saja.
  • Pastikan sisa jumlah memori cukup banyak sehingga performa smartphone Anda bisa tetap lancar.
  • Rutin membersihkan data yang sudah tidak diperlukan agar memori smartphone tidak mudah menjadi penuh dan tetap bisa berjalan dengan lancar.

 

5. Gunakan Kata Kunci dan Lakukan Back Up Data Secara Berkala

Ingin Smartphone Tetap Awet? Ikuti Beberapa Langkah Perawatan Smartphone Ini

Gambar via: nanluck.blogspot.com

Agar smartphone Anda tidak mudah dibukan dan diakses oleh orang lain, sebaiknya gunakan kata kunci atau password. Tetapi pastikan Anda tidak lupa dengan password Anda sendiri ya. Selanjutnya lakukan juga back up data ke memori eksternal agar semua data bisa tersimpan dengan baik saat smartphone mengalami kerusakan atau tiba-tiba eror.

 

Beberapa langkah perawatan smartphone di atas mungkin sudah sering Anda lakukan. Untuk mendapatkan smartphone yang terawat dengan maksimal, gunakan seluruh langkah perawatannya. Mulai dari perawatan hardaware smartphone sampai perawatan softwarenya. Smartphone yang terawat dengan baik selain bisa digunakan lebih lama, juga bisa menghemat pengeluaran, bukan?

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel