Dapatkan Beberapa Manfaat Filateli untuk Hidup Anda!

27 Jan 2016 18:00 3676 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Kegiatan mengumpulkan perangko ternyata memiliki cukup banyak manfaat.

Filateli atau kegiatan mengumpulkan perangko ini mungkin tidak dilakukan oleh semua orang. Tetapi tahukah Anda bahwa hobi mengumpulkan perangko memiliki cukup banyak manfaat? Ya, setiap negara umumnya mengeluarkan perangko dengan tema yang berbeda-beda setiap waktunya. Para pengumpul perangko akan merasa senang ketika ia bisa mendapatkan perangko yang memang tersedia dalam jumlah yang terbatas.

Filateli mungkin tidak menjadi hobi yang umum, akan tetapi sebenarnya pengumpul perangko di Indonesia juga jumlahnya tidak sedikit. Terlebih lagi, perangko yang dikeluarkan akhir-akhir ini memiliki tema yang lebih beragam seperti fauna, flora, kebudayaan, sejarah, politik, dan berbagai hal yang berhubungan dengan kehidupan lainnya yang tentunya menarik untuk disimpan dalam sebuah album filateli.

Lalu, manfaat apa saja yang bisa Anda rasakan saat memulai kegiatan mengumpulkan perangko ini?

 

1. Menanamkan Beberapa Sikap Positif dalam Diri

Dapatkan Beberapa Manfaat Filateli untuk Hidup Anda!

Gambar via: vovworld.vn

Beberapa sikap positif yang bisa didapatkan dari hobi filateli ini di antaranya ketelitian, rasa semangat, kehati-hatian, hemat, ketekunan, kejujuran, dan kreativitas. Sikap positif ketelitian berasal dari  kemampuan seseorang untuk bisa membedakan mana perangko yang biasa saja dan mana perangko yang mahal. Untuk mengetahui hal tersebut, seorang pengumpul perangko harus melihatnya menggunakan kaca pembesar.

Rasa semangat berasal dari kegiatan berburu perangko. Untuk bisa mendapatkan perangko yang diinginkan, seseorang tentunya harus bersemangat dan tidak mudah menyerah. Dalam mengumpulkan perangko sampai ia bisa mendapatkan banyak koleksi, diperlukan ketekunan, oleh karena itulah kegiatan ini juga membuat ketekunan seseorang meningkat.

Perangko merupakan benda yang rapuh dan mudah sekali rusak, oleh karena itu seseorang harus berhati-hati dalam menangani dan menjaga setiap perangko. Agar kualitas perangko tetap terjaga dengan baik, diperlukan kehati-hatian selama proses pengumpulan dan penyimpanannya.

Seorang pengumpul perangko terutama yang memang ingin mengikuti perlombaan, harus kreatif dalam menyusun semua perangkonya agar terlihat rapi dan menarik. Pengumpul perangko juga dituntu untuk berhemat. Ya, berhemat dalam hal ini adalah pengumpul perangko mengetahui kapan ia harus membeli perangko dan kapan tidak perlu membeli. Perangko yang langka tentunya menjadi jenis perangko yang harus segera dibeli.

Para pengumpul perangko tentunya sudah terbiasa dengan kegiatan bertukar perangko. Kejujuran seseorang akan teruji dan berkembang dalam kegiatan ini.

Filateli bisa Menjadi Pengurai Ketegangan Rutinitas

Hobi filateli bukan hanya sekadar mengumpulkan kertas-kertas perangko saja, tetapi juga bisa memberikan efek positif seperti mengurangi ketegangan dari rutinitas dan pekerjaan. Saat pulang kerja, Anda bisa menenangkan diri dengan melihat semua koleksi perangko atau sekadar chatting dengan teman-teman yang juga memiliki hobi yang sama.

 

2. Mendapatkan Pengetahuan Tambahan

Anda juga bisa mendapatkan pengetahuan tambahan dengan mengumpulkan perangko. Perangko umumnya berisi informasi mengenai sebuah peristiwa, sejarah, nama flora dan fauna, dan berbagai informasi lainnya yang berhubungan dengan tempat perangko tersebut berasal. Secara tidak langsung, Anda sudah cukup banyak mengumpulkan pengetahuan yang mungkin tidak pernah  Anda ketahui sebelumnya.

 

3. Menambah Banyak Teman Baru

Dapatkan Beberapa Manfaat Filateli untuk Hidup Anda!Gambar via: cdn.klimg.com

Mengumpulkan perangko bukalah sebuah kegiatan yang akan membuat Anda jauh dari kehidupan sosial. Hobi filateli ini justru akan mengantarkan Anda pada situasi sosial yang baru dan baru lagi. Anda bisa bertemu dengan banyak pengumpul perangko lainnya yang ada di Indonesia maupun di luar negeri. Anda bisa memiliki banyak teman baru dan bahkan relasi yang mungkin bisa membantu karir Anda.

Selain itu, jika Anda memiliki banyak teman pengumpul perangko yang berasal dari luar negeri, Anda bisa berkomunikasi dengan mereka sambil meningkatkan kemampuan bahasa asing Anda. Menarik, bukan?

 

4. Menjadi Kegiatan Kaya Manfaat untuk Remaja

Dapatkan Beberapa Manfaat Filateli untuk Hidup Anda!

Gambar via: www.molto.co.id

Untuk para remaja, kegiatan filateli ini akan sangat membantu mereka untuk terhindar dari kegiatan yang tidak bermanfaat. Selain itu, mereka juga bisa memupuk berbagai sikap positif dari mengumpulkan perangko yang akan berfungsi untuk masa depan mereka.

Selain itu, berbagai acara pameran fialteli khusus untuk remaja juga bisa menjadi wadah bagi mereka untuk unjuk keberanian berkomunikasi, memperluas wawasan, memiliki banyak teman baru, dan mengisi waktu luang. Para remaja juga bisa mengikuti sebuah klub filateli tertentu untuk lebih mengetahui tentang filateli, meningkatkan kreativitasnya, serta membantunya untuk lebih berdisiplin dalam berbagai hal.

Para remaja juga bisa terlibat aktif dalam penyelenggaraan pameran filateli. Mereka bisa belajar menjadi panitia dan belajar bertanggung jawab akan tugas-tugasnya sebagai seorang panitia pameran filateli. Kemampuan berorganisasi para remaja juga bisa dilatih dan dikembangkan dengan mengikuti klub filateli.

 

Aneka manfaat dari mengumpulkan perangko ternyata jauh lebih besar dibandingkan yang dibayangkan. Walau terlihat hanya sekadar membeli dan mengumpulkan perangko, tetapi kegiatan ini jauh lebih memberikan sisi positif bagi seseorang dibanding hanya menghabiskan waktu luangnya untuk sekadar bermain atau berjalan-jalan saja. Bagaimana, mulai tertarik untuk menekuni hobi yang disebut dengan filateli ini?

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel