Cara untuk Mencuci Kaos Kaki dengan Baik dan Benar

26 Jan 2016 19:00 8225 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Membersihkan kaos kaki harus dilakukan dengan baik dan benar.

Kaos kaki menjadi bagian dari keseharian yang umumnya paling banyak digunakan oleh anak-anak yang masih sekolah, mahasiswa, atau peawai kantor. Akan tetapi, ada juga orang –orang yang senang menggunakan kaos kaki dalam kegiatan sehari-harina baik itu untuk bekerja atau untuk sekadar jalan-jalan.

Jenis, bentuk, dan warna kaos kaki juga terus berkembang. Bahkan ada kaos kaki yang dibuat sangat lucu dengan tambahan boneka di depannya untuk anak-anak balita. Kaos kaki umumnya terbuat dari bahan spandek yang dengan paduan bahan elastane.

Kaos kaki tidak seperti jenis pakaian atau celana yang dicuci dengan cara biasa. Agar kaos kaki tidak berbau, tidak kotor, dan tidak cepat lusuh, maka proses pencucian dan perawatannya juga harus baik dan benar. Berikut cara mencuci kaos kaki dengan baik dan benar.

 

1. Langkah Pertama, Rendam Kaos Kaki dengan Air Biasa

Cara untuk Mencuci Kaos Kaki dengan Baik dan Benar

Gambar via: www.pewangilaundry.co.id

Kaos kaki sebaiknya direndam dengan menggunakan air biasa terlebih dahulu. Hal ini akan membantu kaos kaki untuk sedikit demi sedikit melunturkan nodanya. Selain itu, air biasa ini juga akan membuat tekstur dan keutuhan kaos kaki terjaga.

Hindari penggunaan air panas atau air hangat karena akan membuat kaos kaki menjadi cepat untuk kendur dan menjadi melar. Penggunaan air hangat sebagai rendaman kaos kaki dilakukan hanya ketika kaos kaki memiliki noda membandel yang sulit hilang jika direndam oleh air biasa.

 

2. Langkah Kedua, Rendam Kaos Kaki dengan Air Deterjen

Cara untuk Mencuci Kaos Kaki dengan Baik dan Benar

Gambar via: 3.bp.blogspot.com

Air deterjen bisa membantu noda membandel pada kaos kaki sedikit demi sedikit bisa dibersihkan. Selain dengan deterjen, noda membandel pada kaos kaki juga bisa dibersihkan dengan menggunaka sabun mandi batangan.

Cara membersihkannya pun mudah, cukup dengan menggosok-gosokkan sabun batangan tersebut pada bagian kaos kaki yang terkena noda. Untuk menghadapi masalah seperti noda membandel ini, sebaiknya Anda menyediakan sabun mandi batangan khusus untuk mencuci kaos kaki.

 

3. Langkah Ketiga, Mencuci Kaos Kaki dengan Tangan

Cara untuk Mencuci Kaos Kaki dengan Baik dan Benar

Gambar via: www.kaoskakisokaku.com

Cara terbaik mencuci kaos kaki adalah dengan menggunakan tangan. Anda bisa mengucek kaos kaki dengan sebaik mungkin menggunakan tangan sampai bagian nodanya menghilang.

Selain itu, mencuci kaos kaki dengan tangan juga bisa membantu Anda untuk mengetahui apakah noda pada kaos kaki sudah benar-benar hilang atau belum. Jika dirasa masih ada sedikit noda, Anda bisa kembali mengucek kaos kaki sampai nodanya menghilang.

Untuk memastikan agar kaos kaki Anda bisa bersih dengan baik, Anda juga bisa mencucinya menggunakan mesin cuci. Pastikan Anda menyetel mesin cuci pada putaran yang paling rendah.

 

4. Langkah Keempat, Hindari Penggunaan Sikat Kasar

Cara untuk Mencuci Kaos Kaki dengan Baik dan Benar

Gambar via: www.stars.co.id

Terkadang, mencuci menggunakan tangan saja terasa tidak cukup untuk membersihka noda pada kaos kaki. Untuk membantu menghilangkan noda tersebut, Anda bisa menggunakan sikat cuci. Tetapi, pilihlah sikat cuci yang lembut.

Sikat cuci yang lembut akan membantu untuk membersihkan noda pada kaos kaki. Akan tetapi, proses penyikatan juga tetap harus lembut dan jangan sampai membuat kaos kaki menjadi berbulu.

Anda juga harus menghindarkan penggunaan sikat yang kasar atau terbuat dari bahan kawat. Noda yang sangat membandel pada kaos kaki tidak berarti mengharuskan Anda menggunakan sikat kasar dan terbuat dari kawat. Sikat yang kasar dan terbuat dari kawat hanya akan membuat kaos kaki menjadi berbulu dan melar.

 

5. Langkah Kelima, Tahap Penjemuran

Cara untuk Mencuci Kaos Kaki dengan Baik dan Benar

Gambar via: www.molto.co.id

Penjemuran bertujuan untuk mengeringkan sesuatu. Begitu juga dengan kaos kaki, jemurlah kaos kaki di area terbuka yang tersinari dengan sinar matahari secara langsung. Jemur kaos kaki sampai kering kemudian lipat dengan rapi dan simpan. Tidak seperti pakaian yang sebaiknya disetrika terlebih dahulu agar menjadi rapi, kaos kaki sebaiknya tidak disetrika. Proses merapikan dengan menggunakan panas dari setrika hanya akan merusak bagian elastane pada kaos kaki sehingga kaos kaki menjadi mudah melar.

 

Selain cara membersihkan kaos kaki yang baik dan benar, Anda juga harus menggunakan kaos kaki dengan bijak. Bijak dalam hal ini artinya tidak menggunakan satu kaos kaki untuk jangka waktu yang lama. Ada baiknya Anda menggunakan satu kaos kaki untuk satu hari kemudian mencucinya. Hal ini untuk menghindarkan kaos kaki dari bau serta kotoran yang berlebih yang akan menyebabkan kaos kaki sulit untuk dibersihkan.

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan dalam membersihkan kaos kaki adalah memisahkan kaos kaki dari pakaian lainnya. Sebaiknya kaos kaki dicuci secara terpisah, atau Anda bisa mengumpulkan kaos kaki kotor terlebih dahulu dan mencucinya bersamaan.

Itulah beberapa cara dan tips untuk membersihkan dan merawat kaos kaki sehingga bisa digunakan lebih lama dan tentunya terhindar dari bau dan noda. Kaos kaki yang bersih dan segar akan membuat Anda merasa nyaman saat menjalani berbagai aktivitas harian. Jadi, selalu jaga kebersihan kaos kaki Anda dengan baik, ya!

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel