Perbandingan Taman-Taman yang Menghiasi Jakarta dan Bandung

24 Jan 2016 10:15 3921 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Antara taman-taman di Jakarta dan Bandung, manakah yang lebih baik?

Sebuah kota identik dengan kemajuannya yang pesat, pusat perbelanjaan lengkap, juga bangunan-bangunan mewah yang kaya dengan cita rasa tinggi. Akan tetapi, keindahan sebuah kota sebenarnya tidak hanya dari hal-hal tersebut saja, sebuah kota yang cantik juga dilihat dari taman-taman yang menghiasinya.

Dua kota besar yang ada di Indonesia yaitu Kota Jakarta dan Kota Bandung juga menjadi kota yang tidak melupakan pentingnya keberadaan taman-taman. Taman menjadi sebuah tempat yang bisa memberikan ketenangan serta tempat “pelarian” dari berbagai rutinitas harian yang padat. Setiap kota tentunya memiliki taman-taman dengan ciri khasnya masing-masing. Lalu, taman-taman di kota manakah di antara Jakarta dan Bandung yang akan membuat para pengunjungnya merasa betah?

 

Tema Taman

Taman-taman yang ada di Jakarta dan di Bandung sama-sama menjadi tempat untuk masayarakatnya bahkan para pengunjung untuk berisitirahat dan untuk merasakan sejuknya udara. Sebuah taman yang dibuat dalam kota umumnya akan lebih menarik ketika memiliki temanya tersendiri.

Seperti halnya yang gencar dilakukan oleh pemerintahan kota Bandung. Hampir seluruh taman yang ada di sana memiliki temanya sendiri-sendiri. Bahkan temanya juga cenderung unik dan banyak mengundang penasaran setiap orang baik yang memang sudah lama tinggal di Bandung maupun para pengunjung.

Perbandingan Taman-Taman yang Menghiasi Jakarta dan Bandung

Gambar via: (1) bandung.co, (2) sebandung.com, (3) cikalnews.com, (4) www.infobdg.com

Beberapa tema taman yang diusung oleh Kota Kembang Bandung ini sesuai dengan isi dari taman tersebut. Beberapa taman tematik yang berada di Bandung di antaranya sebagai berikut.

  • Taman Pustaka Bunga. Dinamakan taman Pustaka Bunga karena taman ini menjadi sebuah taman yang ditanami banyak sekali jenis bunga-bunga cantik. Taman ini diharapkan menjadi ciri khas dari kota Bandung yang identik dengan nama Kota Kembang.
  • Taman Fotografi. Taman ini dibangun sebagai sarana bagi para pecinta fotografi. Di dalamnya tidak hanya beridiri pohon besar dan jenis tanaman lainnya, tetapi juga memiliki banyak sekali frame foto besar serta spot fotografi yang tentunya banyak menarik minat mereka yang hobi di bidang ini.
  • Taman Musik Centrum. Seperti temanya, taman ini dihiasi oleh aneka bentuk-bentuk intsrume musik yang bisa menjadi spot foto yang menarik.
  • Taman Lansia. Nah, kalau taman ini dinamakan taman lansia karena memang cukup banyak para lansia yang datang ke taman untuk jalan-jala dan berolahraga. Akan tetapi sebenarnya siapa pun bisa datang ke taman ini.
  • Taman film. Dikatakan taman film karena taman ini memiliki sebuah layar besar yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk mengadakan acara nonton film bersama. Tatanan taman juga unik dan akan membuat siapa saja menjadi betah berada di sana.
  • Pet Park atau Taman Hewan Peliharaan. Taman ini bisa menjadi taman untuk berkumpulnya para pemilik hewan peliharaan. Terdapat beberapa fasilitas juga untuk hewan peliharaan yang dibawa.

 

Jika Bandung memiliki banyak taman tematik dengan isi taman sesuai dengan namanya, Jakarta juga tidak kalah. Beberapa tamannya juga bisa dilihat memiliki tema yang lebih menjurus pada hutan kota. Keberadaan taman-taman di Jakarta ini memiliki fungsi sebagai RTH atau ruang terbuka hijau dengan banyak sekali pohon-pohon besar serta trek jalan kaki atau lari yang tentunya cocok dijadika tempat bersantai.

Perbandingan Taman-Taman yang Menghiasi Jakarta dan Bandung

Gambar via: (1) mongabay.co.id, (2) images.detik.com, (3) javamilk.com, (4) thehoneycombers.com

Salah satu taman di Jakarta yaitu Taman Menteng memiliki karakter kontemporer. Taman yang terletak di kawasan Menteng ini menyuguhkan keindahan tumbuhan serta desain kontemporer yang akan membuat pengunjungnya merasa betah untuk beristirahat atau sekadar berjalan-jalan di sana. Taman ini memiliki sejarah yang cukup panjang sebelum akhirnya diresmikan menjadi taman publik pada 28 April 2007 silam. Fasilitas yang tersedia di taman ini adalah fasilitas untuk berolahraga, lahan untuk parkir, dan sumur resapan yang berjumlah 44 buah.

 

Luas Taman

Perbandingan Taman-Taman yang Menghiasi Jakarta dan BandungGambar via: mongabay.co.id

Luasnya sebuah taman juga menjadi daya tarik tersendiri. Bandung memiliki cukup banyak taman dengan tema-tema uniknya. Hanya saja, luasnya bisa dikatakan cukup atau tidak sangat luas. Akan tetapi, walau mungkin tidak sangat luas, tata taman dan berbagai fasilitas menarik dan lengkap membuat taman-taman di Bandung terlihat cantik dan tentunya sangat disayangi oleh penduduk Bandung.

Untuk masalah luas, beberapa taman di Jakarta termasuk jenis taman yang luas. Contohnya adalah Taman Medan Merdeka atau Taman Monas. Taman ini bisa dikatakan sangat luas dan akan memuaskan para pengunjungnya untuk mengelilingi atau mengksplorasi taman. Taman yang luas ini mengusung konsep tata hijau yang ditujukan sebagai tempat untuk pendidikan alam, keindahan kota, menjadi bio-filter untuk menghadapi polusi, sebagai kebun botani, dan sebagai tempat yang membantu peresepan air di sekitarnya. Koleksi tanaman yang ada di taman ini disebut-sebut mewakili kekayaan alam dari seluruh provinsi di Indonesia.

 

 

Antara Taman di Jakarta dan di Bandung

Kedua kota memiliki taman dengan ciri khasnya masing-masing. Jakarta dengan taman-tamannya yang luas dengan aneka jenis tumbuhan dan Bandung dengan taman-taman tematiknya yang menarik. Salah satu keunggulan dari beberapa taman di Jakarta adalah luas taman. Beberapa tamannya memiliki luas yang cukup besar. Sedangkan taman-taman di Bandung memiliki keunggulan dari sisi tema, keunikan, dan jumlahnya yang cukup banyak.

 

Jadi, antara taman-taman di Kota Jakarta dan di Kota Bandung, mana yang paling Anda sukai?

Tags

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel