Aneka Bangunan Bersejarah yang Masih Digunakan di Bandung dan Jakarta

21 Jan 2016 08:21 6033 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bandung dan Jakarta merupakan kota yang memiliki cukup banyak bangunan bersejarah.

Indonesia adalah negara yang memiliki sejarah panjang sejak zaman kerajaan, zaman penjajahan, sampai era kemerdekaan. Salah satu peninggalan dari sejarah Indonesia yang maish tetap digunakan sampai sekarang adalah bangunan-bangunan bersejarahnya. Bangunan bersejarah tersebut beberapa di antaranya terdapat di Bandung dan Jakarta.

Sebagian besar dari bangunan bersejarah baik yang terdapat di Jakarta maupun di Bandung sampai sekarang masih digunakan. Umumnya bangunan bersejarah tersebut digunakan sebagai gedung pemerintahan, museum, gedung perkantoran, dan untuk aktivitas lainnya. Gedung bersejarah tersebut sebagian besar masih mempertahankan bentuk aslinya walau tentunya perbaikan dan sedikit perubahan dilakukan guna menjaga kelestarian gedung tersebut.

Di antara gedung-gedung bersejarah yang terdapat di Bandung dan Jakarta, manakah yang paling banyak menarik minat orang-orang? Kita simak uraian sebagian gedung bersejarah di kedua kota tersebut.

 

Gedung Bersejarah di Kota Bandung

Aneka Bangunan Bersejarah yang Masih Digunakan di Bandung dan Jakarta

Gambar via: (1) robeni.com, (2) wisatatatarsunda.com, (3) www.topindonesiaholidays.com

Seperti yang sudah banyak diketahui, Bandung menjadi kota yang memiliki cukup banyak gedung bersejarah yang masih aktif digunakan. Bahkan bentuk aslinya sama sekali tidak diubah. Gedung-gedung bersejarah tersebut bisa menjadi daya tarik dan potensi wisatab sejarah menarik di Kota Kembang ini. Beberapa bangunan bersejarah yang masih aktif digunakan di Bandung adalah sebagai berikut.

 

1. Gedung Sate

Gedung Sate merupakan bangunan bersejarah yang sangat identik dengan Kota Bandung. Gedung Sate mulai dibangun tahun 1920 dengan ciri khas ornamen yang mirip dengan tusuk sate di bagian atas gedungnya. Sampai saat ini, Gedung Sate masih aktif digunakan sebagai kantor untuk pemerintah Provinsi Jawa Barat. Masyarakat Bandung dan sekitarnya bisa menikmati halaman Gedung Sate untuk bersantai dan berjalan-jalan pada hari Minggu.

 

2. Bosscha

Bandung tentunya bangga memiliki tempat peneropongan bintang yang bernama Bosscha. Lokasi bangunan bersejarah yang masih aktif digunakan sebagai tempat peneropongan bintang ini terletak di wilayah Lembang yang terkenal sejuk dan asri. Mengunjungi Bosscha tidak hanya mendapatkan pengalaman beriwsata sejarah tetapi juga pengalaman belajar ilmu astronomi secara langsung di pusatnya.

 

3. Hotel Savoy Homman

Hotel Savoy Homan merupakan hotel pertama yang berdiri di Bandung tepatnya dibangun pada tahun 1939. Lokais hotel ini tepatnya berada di Jalan Asia-Afrika nomor 112. Hotel yang sudah berusia lama ini masih beroperasi sampai sekarang. Predikatnya adalah hotel bintang empat denga segudang kenyamanan yang ditawarkan. Hotel ini juga memiliki sejarah sebagai hotel yang menjadi tempat penginapan para tamu negara yang datang untuk menghadiri Konferensi Asia-Afrika yang diadakan pada tahun 1955.

 

Gedung Bersejarah di Kota Jakarta

Aneka Bangunan Bersejarah yang Masih Digunakan di Bandung dan Jakarta

Gambar via: (1) aktualpost.com, (2) anythingjkarta.com, (3) static.panoramio.com

Jakarta menjadi salah satu kota yang kaya akan bangunan-bangunan bersejarah. Hampir semua bangunannya juga masih aktif digunakan baik untuk kantor pemerintahan maupun museum. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

 

1. Museum Sejarah Jakarta/ Museum Fatahillah

Salah satu bangunan bersejarah yang sangat terkenal di Jakarta adalah Museum Sejarah Jakarta yang dikenal juga dengan nama Museum Fatahillah. Pada awalnya, gedung ini adalah sebuah gedung kantor untuk gubernur jenderal dari Hinda Belanda. Gedung ini digunakan sebagai balai kota sejak tahun 1707 sampai 1710. Sejak tahun 1974, bangunan bersejarah ini mulai dialihfungsikan menjadi Museum Sejarah Jakarta sampai sekarang.

 

2. Gedung Kesenian Jakarta

Bangunan bersejarah ini merupakan peninggalan dari pemerintahan Belanda yang dibangun pada tahun 1821. Bangunan yang memiliki gaya neo-renaissance ini awalnya diberi nama Theater Schouwburg Weltevreden. Bangunan untuk teater ini sempat beberapa kali beralih fungsi, akan tetapi pada akhirnya dikembalikan menjadi gedung kesenian pada tahun 1984. Renovasi mulai dilakukan pada tahun 1987 dan bangunan ini memiliki nama resmi Gedung Kesenian Jakarta. Berbagai pagelaran seni sering diselenggarakan di gedung ini.

 

3. Museum Nasional

Museum Nasional merupakan museum pertama dan juga termasuk museum terbesar di kawasan Asia Tenggara. Didirikan pada tahun 1778 oleh lembaga ilmu pengetahuan bernama Bataviasche Genootschap van Kunsten en Wetenschappen, Museum Nasional ini ditujukan sebagai tempat untuk melakukan riset ilmiah di kawasa Hindia Belanda. Museum Nasional sendiri menjadi museum dengan koleksi sejarah terlengkap di Indonesia.

 

Wisata ke Bangunan Bersejarah di Bandung atau Jakarta?

Kelebihan dari tiga bangunan bersejarah di Bandung yang dibahas dalam artikel ini adalah ketiga memiliki fungsi yang berbeda. Bahkan dua di antaranya merupakan bangunan bersejarah yang sejak awal pembangunan memiliki fungsi yang sama yaitu Hotel Savoy Homan dan Bosscha. Sedangkan kelebihan dari tiga bangunan bersejarah yang ada di Jakarta adalah dua di antaranya merupakan bangunan yang menjadi museum yang cukup lengkap. Terlebih Museum Nasional yang memang menjadi museum dengan koleksi sejarah terlengkap di Indonesia.

 

Nah, berdasarkan pembahasan beberapa bangunan bersejarah di Bandung dan Jakarta ini, setiap dari Anda tentunya memiliki penialain tersendiri, bukan? Pastinya setiap bangunan bersejarah ini menjadi bukti sejarah nyata dari Indonesia yang wajib dilestarikan dan dijaga dengan sebaik mungkin.

Tags

About The Author

DIA 56
Expert

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel