Gara-gara Ponsel, Pria Ini Meninggal Jatuh Ke Jurang

30 Dec 2015 07:19 1661 Hits 0 Comments
Pria ini tewas karena mengoperasikan smartphone.

Perhatian, melakukan aktivitas berponsel ria membuat kita tidak konsen dengan kondisi sekitar. Baru-baru ini, seorang pria ketika sedang berponsel ria terjatuh ke jurang hingga meninggal.

Tak dapat dipungkiri, ketika kita mengoperasikan smartphone, konsentrasi kita memang tersedot ke layar ponsel, sehingga kita menjadi acuh terhadap kondisi sekitar.

Kejadian yang baru terjadi adalah di San Diego, California, Amerika Serikat. Karena menunduk melihat smartphone, seorang pria berusia tiga puluhan terjatuh di jurang tepi pantai. Pria tersebut ditengarai acuh dengan kondisi sekeliling, sehingga tidak memperhatikan kondisi bahaya ketika sedang berjalan. Pria tersebut diketahui bernama Joshua M. Burwell yang berusia 33 tahun.

Saksi mata yang ada disekitar, Bill Bender yang merupakan penjaga pantai, mengatakan korban tidak melihat jalan sekitarnya, orang tersebut melihat gadget yang sedang dipegangnya.

Kejadian serupa sudah sering kali terjadi, seperti ke masjid Taj Mahal, seorang turis meninggal ketika sedang berfoto selfie. Sang turis yang diketahui berasal dari Jepang tergelincir saat menuruni tangga.

Melihat resiko dari aktivitas selfie di tempat beresiko, pemerintah Rusia sempat mengeluarkan kampanye peringatan selfie, terutama bagi orang-orang muda.

Dibeberapa tampat tertentu bahkan secara jelas dipasang peringatan larangan melakukan selfie bagi yang berada di tempat tersebut, ini tentunya melihat resiko dari aktivitas selfie tersebut.

Selfi memang mengasyikkan, terutama kalau kita ditemani oleh teman-teman kita. Namun, jangan gara-gara sedang selfie, kita jadi lupa daratan dan sekeliling kita.

Di Alaska juga sempat terjadi seorang wanita yang terjatuh ke jurang ketika sedang menulis SMS, beruntung wanita tersebut selamat dari maut.

Ini tentunya menjadi peringatan bagi kita semua, distraksi atau konsentrasi pecah gara-gara sedang menatap layar ponsel, padahal kita sedang menghadapi situasi yang cukup berbahaya, beresiko terhadap keselamatan kita.

Disekeliling kita, tak jarang kita melihat orang begitu konsentrasi dengan gadgetnya, sementara dia sedang berjalan di jalan raya, berjalan di tangga hingga sedang menaiki tangga eskalator di mall, yang mana di tempat tersebut resiko keselamatan cukup tinggi.

Cukup sudah kasus celaka karena gadget, bijaklah saat menggunakan perangkat yang selalu membuta kita terkoneksi dengan orang lain tersebut.

 

Foto: NBC Sandiego via Kompas.

About The Author

wan 66
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel