Kucing Lokal atau Kucing Ras? Mulai Kenali Perbedaannya Sekarang

29 Dec 2015 14:00 35168 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kucing lokal atau kucing ras, mana pilihan Anda?

Siapa yang tidak mengetahui hewan lucu dan menggemaskan satu ini. Kucing! Kucing menjadi salah satu jenis hewan yang banyak dipelihara manusia. Kucing banyak dipilih karena kelucuannya, bulunya yang tebal dan seolah menumpuk, suaranya yang menggemaskan, dan berbagai alasan lainnya.

Kucing juga bisa menjadi teman yang baik untuk rumah. Mengapa? Hal tersebut karena kucing menjadi hewan yang bisa membantu mengusir atau memburu tikus serta menjaga pemiliknya dari serangan hewan lain seperti ular. Itulah yang saya alami, pernah beberapa ular masuk ke dalam rumah, dan merekalahpara kucing milik saya yang mengusir dan bahkan memerangi ular.

Secara umum, kita mengenal dua jenis kucing yaitu kucing lokal atau biasa disebut dengan kucing kampung dengan kucing ras. Keduanya memang sama-sama kucing, akan tetapi memiliki perbedaan yang cukup mencolok.

Di rumah, saya memelihara kucing lokal yang sebenarnya tidak begitu rumit cara perawatannya. Tetapi saya pun selalu merasa gemas dan ingin menyentuh setiap melihat kucing ras dengan bulu yang tebal. Lalu, apa ya sebenarnya perbedaan dari kucing lokal dengan kucing ras?

Jika Anda penasaran, silakan simak pembahasan tentang perbedaan kucing lokal dengan kucing ras di bawah ini.

 

Dari Sisi Makanan

Kucing Lokal atau Kucing Ras? Mulai Kenali Perbedaannya Sekarang

Gambar via: www.kucingponco.com

Walaupun mereka sama-sama kucing, akan tetapi jenis makanan mereka bisa dikatakan cukup jauh berbeda. Kucing lokal bisa diberikan makanan apa pun selama mereka menyukainya. Misalnya seperti yang saya berikan, yaitu campuran nasi dengan terasi yang sudah digoreng. Jika sedang tidak ada makanan khusus, biasanya saya memberikan campuran nasi dengan terasi tersebut.

Kucing-kucing saya tetap menyukainya dan selalu melahap makanan tersebut dengan lahap. Akan tetapi berbeda dengan kucing ras. Kucing ras harus diberikan jenis makanan yang khusus, salah satunya tersedia banyak di toko-toko khusus hewan atau di beberapa supermarket.

Umumnya jenis makanan untuk kucing ras adalah yang kering seperti  yang umum dijual, atau berupa olahan ikan khusus dengan harga yang cukup tinggi. Jika mereka makan makanan yang tidak sesuai, maka bulunya akan mudah rontok dan kucing menjadi cepat kurus.

 

Dari Sisi Bulu

Kucing lokal dan kucing ras memiliki perbedaan yang cukup mencolok dari sisi bulu. Umumnya, bulu pada kucing ras adalah bulu yang panjang, lebat, halus, dan menggemaskan. Oleh karena itu, perawatannya pun dilakukan dengan sebaik mungkin.

Sedangkan kucing lokal umumnya memiliki jenis bulu yang pendek, walau ada beberapa yang juga memiliki bulu panjang dan tebal. Salah satu kucing saya memiliki bulu yang tebal dan panjang dan sering disangka jenis kucing ras.

 

Dari Sisi Daya Tahan Tubuh

Berbicara tentang daya tahan tubuh sepertinya kucing lokal lebih unggul. Bagaimana tidak, kucing lokal walaupun hidup liar di luar, bisa bertahan lebih baik dari kucing ras. Mereka bahkan tidak harus mendapatkan perawatan khusus dan mampu mempertahankan dirinya bahkan dari serangan kucing lokal lainnya.

Sedangkan kucing ras secara umum memerlukan perawatan daya tahan tubuh dari pemiliknya. Umumnya kucing ras tidak seaktif kucing lokal. Mereka lebih senang berada di dalam rumah.

 

Dari Sisi Perlakukan Manusia

Kucing Lokal atau Kucing Ras? Mulai Kenali Perbedaannya Sekarang

Gambar via: mcdaniel.hu

Kucing ras umumnya mendapatkan perlakukan yang jauh lebih istimewa dari kucing lokal. Mereka mendapatkan banyak perhatian mulai dari kasih sayang, perawatan, makanan, bahkan sampai mendapatkan baju dan aksesoris yang lucu.

Sedangkan kucing lokal umumnya sering dianggap mengganggu dengan segala tingkah aktif dan kenakalannya. Walau sebagian orang termasuk saya lebih menyukai kucing lokal yang walau tidak dirawat di dalam rumah, tetap bisa menjadi teman yang menyenangkan dan menurut.

 

Dari Sisi Kelincahan

Kucing Lokal atau Kucing Ras? Mulai Kenali Perbedaannya Sekarang

Gambar via: www.purelife4pets.com

Kucing lokal umumnya lebih lincah, aktif, dan cenderung tidak bisa diam. Selain itu, kucing lokal liar yang tiba-tiba datang, apalagi yang masih kecil, saat kita berikan sedikit kasih sayang, bisa dengan mudah menurut dan mengikuti kita (hal tersebut sering saya alami).

Berbeda dengan kucing ras yang umumnya lebih penyendiri dan senang bermain dengan mainannya sendiri. Walau beberapa kucing ras juga ada yang memiliki sisi aktif dan lincah seperti halnya kucing lokal.

 

Baik kucing lokal maupun kucing ras sebenarnya sama-sama kucing yang sangat senang dengan perhatian dan belaian dari pemiliknya. Jadi, apa pun jenis kucingnya, selama kita menyayangi mereka dengan tulus, mereka juga akan merespon kita dengan tulus.

Sudah memutuskan ingin memelihara jenis kucing apa?

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel