Tips Alami Menghilangkan Bau yang Menempel pada Kaki

29 Dec 2015 16:00 3388 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Bau kaki bisa menimbulkan rasa tidak percaya diri.

Bau kaki? Jika Anda pernah mengalami masalah satu ini, tentunya Anda pernah berada dalam kondisi tidak percaya diri. Bau kaki menjadi sebuah persoalan yang akan mengganggu aktivitas Anda terutama jika Anda harus bertemu dan berkumpul dengan banyak orang.

Bau kaki sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah karena pola hidup yang kurang baik atau tidak teratur. Bau kaki sendiri secara teknis berasal dari tercampurnya bakteri yang ada di kaki dengan keringat.

Bau kaki juga bisa berasal dari cara Anda memakai kaos kaki dan sepatu. Bau kaki bisa timbul jika Anda menggunakan kaos kaki atau sepatu yang masih basah atau belum kering benar. Kondisi ini akan dengan mudah menyebabkan kaki Anda menjadi bau.

Menghilangkan bau pada kaki bisa dilakukan sendiri di rumah dengan cara yang alami. Berikut beberapa tips untuk Anda menghilangkan bau kaki yang menempel kuat.

 

1. Menghilangkan Bau Kaki dengan Menggunakan Perasan Air Jeruk Lemon

Tips Alami Menghilangkan Bau yang Menempel pada Kaki

Gambar via: abdulazizmuslim.com

Salah satu cara untuk menghilangkan bau kaki secara alami adalah dengan menggunakan air yang sudah dicampur dengan perasan jeruk lemon. Anda hanya tinggal merendam kaki Anda dalam air perasan jeruk lemon tersebut selama lebih kurang 15 sampai dengan 25 menit.

Lakukan kegiatan merendam kaki ini sebanyak 2 sampai 3 kali dalam satu hari. Selain bisa menghilangkan bau kaki, kegiatan ini juga bisa menjadi sebuah kebiasaan yang menenangkan terutama saat Anda beristirahat.

Air jeruk lemon memiliki banyak manfaat salah satunya untuk kesehatan kaki. Air dari perasan lemon bisa membantu menjaga kelembaban dari kaki serta mengontrol kelembaban tersebut.

 

2. Menghilangkan Bau Kaki dengan Menggunakan Kopi

Tips Alami Menghilangkan Bau yang Menempel pada Kaki

Gambar via: tokopedia.net

Kopi hitam tidak hanya sedap untuk dinikmati selagi panas, bubuk kopi hitam bisa juga digunakan untuk membantu menghilangkan dan mencegah bau timbul pada kaki. Untuk mencegah bau kaki, Anda bisa memasukannya ke dalam sepatu sebelum digunakan.

Caranya dengan memasukkan bubuk dari kopi hitam ke dalam sebuah plastik silica. Setelah itu, simpan bubuk kopi hitam tersebut di bagian bawah sepatu Anda. Sedangkan untuk menghilangkan bau kaki, Anda bisa mulai menaburkan bubuk kopi hitam secara langsung pada kaki.

Taburkan bubuk kopi secara merata pada area kaki. Diamkan bubuk kopi tersebut menempel pada kaki selama lebih kurang 15 sampai 20 menit. Setelah itu bersihkan kembali bubuk kopi dari kaki Anda.

 

3. Menghilangkan Bau Kaki dengan Merendam Kaki dalam Air Teh

Tips Alami Menghilangkan Bau yang Menempel pada Kaki

Gambar via: health.liputan6.comâ

Cara alami lainnya yang dilakukan dengan cara merendam kaki adalah dengan menggunakan teh. Anda cukup membuat air teh dalam sebuah wadah yang muat untuk dua kaki. Rendam kaki dalam air teh tersebut selama beberapa menit. Lakukan ini secara rutin dan teratur. Kegiatan ini juga bisa membantu Anda untuk bisa rileks.

 

4. Menghilangkan Bau Kaki dengan Menggunakan Tepung Maizena

Tips Alami Menghilangkan Bau yang Menempel pada Kaki

Gambar via: egafood.blogspot.comâ

Tepung maizena juga bisa digunakan untuk membantu menghilangkan bau pada kaki. Caranya mudah, cukup lumuri kaki Anda dengan tepung maizena selama beberapa menit. Jangan lupa juga untuk melumuri setiap sela dari jari kaki dengan merata.

Sebelum mulai melumuri kaki Anda dengan tepung maizena, pastikan kaki Anda dalam keadaan bersih dan benar-benar kering. Cuci bersih kaki dan keringkan dengan baik.

 

5. Menghilangkan Bau Kaki dengan Menggunakan Baking Soda

Tips Alami Menghilangkan Bau yang Menempel pada Kaki

Gambar via: healthyfoodhouse.comâ

Baking soda ternyata tidak hanya bermanfaat untuk membuat kue. Baking soda juga bisa digunakan untuk membantu menghilangkan bau kaki. Caranya mudah, cukup merendam kaki dengan air yang sudah dicampur baking soda tepat setelah Anda beraktivitas menggunakan sepatu.

Jika Anda tidak memiliki waktu yang banyak, Anda bisa hanya mencuci kaki dengan air yang sduah dicampur baking soda. Baking soda sendiri memiliki manfaat untuk membantu mengurangi atau meminimalisasi jumlah dari bakteri yang akan membuat kaki Anda menjadi bau.

 

6. Menghilangkan Bau Kaki dengan Teratur Memotong Kuku

Tips Alami Menghilangkan Bau yang Menempel pada Kaki

Gambar via: merdeka.comâ

Cara ini berhubungan dengan kebiasaan. Memotong kuku secara teratur bisa meminimalisasi kemungkinan terjadinya bau pada kaki. Hal tersebut karena kuku yang panjang bisa dengan mudah menampung banyak kotoran dan bakteri. Bakteri-bakteri tersebut bisa menjadi penyebab kaki Anda menjadi bau.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mulai memerhatikan waktu pemotongan kuku. Lakukan pemotongan kuku secara rutin dan teratur. Buatlah agar bakteri tidak mudah berkembang di kaki Anda.

 

Bagaimana dengan beberapa tips alami mengatasi dan menghilangkan bau pada kaki di atas? Semoga bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba!

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel