Coba Lakukan Beberapa Cara Ini untuk Mencuci dan Merawat Celana Jeans Kesayangan Anda

29 Dec 2015 18:00 2710 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Celana jeans memerlukan perawatan dan cara mencuci yang khusus agar bisa awet.

Anda penggemar celana jeans? Ya, celana jeans merupakan celana dengan bahan yang banyak digemari baik oleh pria, wanita, anak-anak, dan orang dewasa. Celana jeans juga semakin beragam bentuk, model, dan ukurannya.

Celana jeans umumnya digunakan untuk berbagai kegiatan yang sifatnya casual, tetapi terkadang juga bisa digunakan untuk acara yang sifatnya semi formal dan formal. Pengguna celana jeans hanya perlu pintar dalam memilih jenis bahan jeans serta modelnya serta padu padan dengan atasan yang tepat.

Celana jeans bisa dipadukan dengan jenis atasan apa saja, mulai dari kaos oblong biasa, kemeja yang rapi, kaos dengan jaket, kaos dengan rompi, dan jenis atasan lainnya. Celana jeans juga termasuk jenis celana yang bisa dengan mudah ditemukan sehingga para penggemar celana ini tidak akan kesulitan dalam mencarinya.

Hanya saja, celaa jeans yang memang banyak digemari ini sebenarnya gampang-gampang susah dalam hal perawatan terutama pada proses pencucian. Setiap pemilik celana jeans sebaiknya merawat celananya dengan baik jika ingin tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mencuci celana jeans kesayangan Anda dengan menggunakan mesin cuci.

 

1. Cuci Celana Jeans dengan Bagian Dalam Berada di Luar

Bagi Anda yang mencuci dengan menggunakan mesin cuci, hal pertama yang perlu Anda perhatikand dan lakukan untuk mencuci celana jeans adalah posisi luar dan dalam celana. Pastikan Anda sudah membalikkan celana jeans.

Bagian dalam dari celana jeans sebaiknya berada di luar. Hal ini akan membantu untuk mencegah terjadinya pemudaran warna jeans pada setiap proses pencucian. Pencucian dan pembilasan secara langsung akan mengenai bagian dalam celana jeans, sehingga warna dari celana Anda tidak akan mudah pudar.

 

2. Gunakan Mode Gentle untuk Mencuci Celana Berbahan Jeans

Coba Lakukan Beberapa Cara Ini untuk Mencuci dan Merawat Celana Jeans Kesayangan Anda

Gambar via: cdn.sooperboy.com

Terdapat beberapa mode untuk mencuci saat menggunakan mesin cuci. Untuk celana dengan jenis jeans, maka sebaiknya Anda menggunakan mode gentle. Mode gentle ini memang tidak akan menghasilkan putaran yang kuat, tetapi justru akan membantu dalam menjaga dan merawat celana jeans Anda.

Celana dengan bahan jeans sebenarnya memiliki sifat yang mudah rapuh serta cenderung cepat kusam jika sering dicuci. Jadi, untuk mengurangi kemungkinan rapuh, pudar, dan kusam pada celana jeans, sebaiknya mode gentle selalu menjadi pilihan utama.

 

3. Cuci Celana Jeans Terpisah dari Cucian Lainnya

Coba Lakukan Beberapa Cara Ini untuk Mencuci dan Merawat Celana Jeans Kesayangan Anda

Gambar via: sentananews.com

Jika mencuci celana jeans di mesin cuci, sebaiknya tidak dicampur dengan pakaian lain. Atau jika tetap dicampur dengan pakaian kotor lainnya, jumlahnya tidak terlalu banyak. Celana jeans yang kotor memerlukan ruang yang lebih luas saat dicuci agar lebih cepat dan mudah untuk bersih.

Anda bisa saja tetap memasukkan jumlah pakaian kotor yang banyak dengan celana jeans Anda saat mencuci dengan menambah jumlah deterjen yang digunakan. Akan tetapi, cara ini akan membuat Anda lebih boros dalam menggunakan deterjen.

Jadi, sebaiknya mencuci celana jeans secara khusus dan terpisah dari pakaian lainnya, atau dengan jumlah cucian yang tidak terlalu banyak.

 

4. Memilih Jenis Deterjen yang Tepat

Mencuci celana jeans tidak hanya perlu memerhatikan teknik mencucinya saja, tetapi juga jenis deterjen yang digunakan. Hindari jenis deterjen yang mengandung pemutih di dalamnya. Jika Anda menggunakannya, kandungan pemutih dalam deterjen tersebut akan membuat celana warna dari celana jeans menjadi cepat pudar.

Untuk menjaga kualitas warna celana jeans, pilihlah deterjen khusus yang bisa membantu untuk menjaga dan menguatkan pakaian yang berwarna. Jadi, mulailah untuk teliti dalam memilih dan menggunakan deterjen.

 

5. Perhatikan Proses Penjemuran

Coba Lakukan Beberapa Cara Ini untuk Mencuci dan Merawat Celana Jeans Kesayangan Anda

Gambar via: media.suara.com

Setelah selesai dengan berbagai teknik pencucian, Anda juga perlu memerhatikan proses penjemurannya. Menjemur di bawah sinar matahari yang sedang terik memang memberikan keuntungan yaitu pakaian menjadi lebih cepat kering.

Akan tetapi, untuk celana yang berbahan jeans, sinar matahari yang terlalu terik justru bisa membuat warnanya lebih cepat pudar serta kain jeansnya lebih mudah menjadi kasar. Kontrol proses penjemuran dengan baik.

 

Itulah informasi mengenai cara mencuci dan merawat celana jeans yang Anda miliki agar tetap awet. Siap mencuci dan merawat celana jeans kesayangan Anda?

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel