Bijak Ber-Medsos

26 Dec 2015 17:58 3829 Hits 6 Comments Approved by Plimbi
Mari Bijak Menggunakan Media Sosial. Media Sosial Memang Maya Namun Nyata.

Media Sosial siapa yang tidak menggunakannya hari ini ? Lebih extreme-nya lagi, orang yang tidak memiliki akun media sosial dianggap orang ketinggalan jaman. Hampir setiap kesempatan kita selalu mengecek smart phone kita, apakah ada notification masuk atau tidak. Seakan media sosial menjadi bahan makanan ke-6 setelah 5 sempurna dan menjadi, 4 sehat 5 sempurna 6 bahagia. Right ? Mudah-mudahan tidak separah itu ketergantungan Anda pada media sosial.

Ngomong-ngomong tentang media sosial, kita tentu pernah mendengar "Media Sosial adalah dunia maya". Ya, itu memang benar, yang dimaksud maya adalah tidak bertemu langsung. Meskipun dunia maya kita perlu bijak dalam menggunakan akun media sosial kita. Tidak lantas serta-merta menggunakan media sosial karena menganggap bahwa media sosial adalah dunia maya dan tidak ada tanggung jawab dalam menggunakannya. Bila Anda memiliki pikiran seperti itu, saatnya dirubah. Mengapa ? Media Sosial adalah dunia maya namun nyata. Memang kita tidak bertemu secara langsung ketika berkomunikasi, namun siapa yang diajak berkomunikasi tak lain adalah manusia (baca : nyata). 

Kita perlu bijak dalam menggunakan aku media sosial kita. Bagaimana caranya ? Kali ini kita akan bersama-sama belajar bagaimana cara bijak dalam menggunakan media sosial.

  1. Ubah Mindset. Hal pertama yang perlu ditanamkan dalam pikiran adalah Media Sosial Dunia Maya Namun Nyata. Dengan memiliki pikiran seperti ini, maka kita akan selalu berhati-hati dalam berkomunikasi di media sosial.
  2. Attitude. Kita harus tahu sopan-santun menggunakan media sosial. Seperti menggunakan huruf yang di-CAPS LOCK menandakan kita sedang marah, menegaskan suatu kata, membantak, berteriak dan sebagainya. Lagi, hati-hati dalam menggunakan tanda seru. Tanda seru diartikan kita juga sedang membentak, marah, emosi dan memerintah. 
  3. Stop menghinaHater, menjadi sesuatu yang ramai dibicarakan akhir-akhir ini. Pasalnya para followers beberapa orang terkenal mengomentari postingan mereka dengan hujatan dan hinaan. Come on pembaca Plimbi.com yang baik, mari kita stop untuk menghina. Bila kita tidak suka terhadap karya seseorang jangan pernah menghina. Bila Anda mengerti tentang karya seseorang yang Anda anggap kurang, maka berilah Kritik dan Saran yang konstruktif (membangun).
  4. Pertimbangkan Sebelum Memposting. Point ini sangat penting. Jadi, pertimbangkan dahulu sebelum Anda meng-klik tombol Post, Share atau pun Comment. Pertimbangkan apa yang akan share ke publik, apakah itu bertentangan dengan nilai dan norma sosial atau tidak. Hati-hati pula dalam berbicara, bisa saja ada orang yang tidak menyukai perkataan Anda, kemudian Ia meng-capture postingan Anda dan disebar ulang dengan caption yang memojokkan Anda.
  5. Share Location. Hati-hati dalam hal ini. Bisa jadi Anda di-kuntit seseorang yang ingin berbuat tidak baik pada Anda.

Itulah beberapa cara bijak dalam menggunakan Media Sosial. Awali dari diri sendiri dan kemudian ajaklah keluarga kita kemudian semua orang-orang. Semoga bermanfaat, selamat bermedia sosial.

 

About The Author

Mirza Bareza 27
Novice

Mirza Bareza

Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Univ. Muhammadiyah Malang

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel