Gagal Dapat Kerjaan? Barangkali Kamu Harus Baca Tips Sukses Wawancara Kerja Ini

26 Dec 2015 13:16 3644 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ada beberapa tips untuk membantu Anda sukses dalam wawancara kerja.

Sebelum memulai hari sebagai seorang karyawan, salah satu yang harus Anda hadapi adalah proses wawancara. Wawancara menjadi salah satu unsur penting apakah Anda memiliki kriteria yang sesuai seperti yang dibutuhkan oleh perusahaan tempat Anda melamar.

Akan tetapi, wawancara kerja seperti sebuah tantangan besar yang juga memiliki resiko yang besar. Tidak sedikit para pelamar yang akhirnya gugur dalam proses wawancara walau dari sisi dokumen, bisa dipertimbangkan.

Sebagai seorang pelamar, tentunya Anda harus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi wawancara. Wawancara bisa menjadi poin penting apakah Anda bisa diterima untuk bekerja atau justru pulang dengan tangan hampa.

Untuk membantu Anda lebih percaya diri lagi dengan wawancara kerja, berikut beberapa tips untuk bisa sukses wawancara kerja.

Mengumpulkan Sebanyak Mungkin Informasi tentang Perusahaan yang Dilamar

Gagal Dapat Kerjaan? Barangkali Kamu Harus Baca Tips Sukses Wawancara Kerja IniGambar via: danielcameronmd.com

Ketika Anda menerima telepon atau pemberitahuan untuk wawancara kerja, maka langkah pertama yang sebaiknya dilakukan adalah mencari sebanyak mungkin informasi tentang perusahaan tersebut. Tidak menutup kemungkinan bahwa pewawancara akan menanyakan beberapa hal yang berhubungan dengan perusahaan.

Jika Anda bisa mendeskripsikan tentang perusahaan tersebut dan menjawab semua pertanyaan yang berhubungan dengan perusahaan, maka pewawancara akan mendapatkan kesan yang baik dari Anda.

Pengetahuan tentang perusahaan tersebut juga tidak hanya bermanfaat pada saat wawancara saja, tetapi juga ketika Anda diterima dan benar-benar bekerja di sana. Anda akan lebih mudah beradaptasi serta memahami apa yang harus Anda lakukan.

Memerhatikan Pakaian yang Digunakan Serta Datang Lebih Awal

Gagal Dapat Kerjaan? Barangkali Kamu Harus Baca Tips Sukses Wawancara Kerja Ini

Gambar via: cdn2-b.examiner.com

Pakaian akan mencerminkan keseriusan Anda dalam proses wawancara. Sebaiknya gunakan pakaian formal yang sopan dan rapi. Hindari jenis pakaian yang terlihat penuh dan warna yang mencolok. Hal ini hanya akan mengalihkan perhatian pewawancara.

Gunakan pakaian formal yang nyaman untuk digunakan. Kenyamanan pakaian yang digunakan akan membantu Anda untuk lebih tenang dalam menjawab pertanyaan.

Selanjutnya adalah waktu kedatangan. Usahakan untuk datang lebih awal. Beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan datang lebih awal di antaranya Anda lebih siap, tidak merasa terburu-buru, dan bisa mengamati situasi di sekitar lingkungan perusahaan.

Sebaliknya, jika Anda datang terlambat, Anda hanya akan membuat diri Anda tegang serta mengurangi penilaian dari pihak pewawancara.

 

Bersikap Sopan dan Ramah Saat Diwawancara

Gagal Dapat Kerjaan? Barangkali Kamu Harus Baca Tips Sukses Wawancara Kerja Ini

Gambar via: www.semutijo.com

Usahakanlah untuk tersenyum dengan ramah saat menghadapi pewawancara. Anda juga bisa mengulurkan tangan untuk berjabat tangan. Tetap tenang dan siap dalam menjawab semua pertanyaan.

Pada saat proses wawancara berlangsung, selalu tatap mata pewawancara secara langsung. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda memiliki rasa percaya diri yang baik. Usahakan juga untuk tidak mudah tertawa dan terlalu tegang saat menghadapi pertanyaan.

 

Tips dalam Menjawab Pertanyaan

Wawancara artinya Anda akan menghadapi situasi ketika diri Anda harus menjawab beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan perusahaan, kepribadian, dan pekerjaan yang sedang Anda lamar.

Dalam menjawab pertanyaan, sebaiknya Anda jangan sampai terlalu terburu-buru. Cobalah untuk bersikap tenang dan mencerna pertanyaan yang diajukan. Pikirkan dengan baik sebelum mulai menjawab.

Usahakanlah untuk tetap tenang walau ternyata pewawancara memberikan reaksi atau tanggapan yang kurang baik. Bisa saja saat itu sikap Anda sedang diuji, maka bersikaplah tenang dan berikan penjelasan yang memang mereka tunggu.

Jawablah setiap pertanyaan secara jelas, ringkas, dan padat. Usahakan untuk tidak menjawab terlalu panjang yang ujung-ujungnya malah membahas hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan pertanyaan yang diajukan. Jawab pertanyaan sebaik yang Anda bisa.

 

Wawancara yang sukses juga bergantung dari kesiapan diri serta seberapa besar harapan Anda untuk bisa menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Hal penting lainnya yang harus selalu diingat adalah kejujuran. Berusahalah untuk jujur sehingga pewawancara mengetahui bahwa Anda memang kandidat karyawan yang dicari.

Demikian pembahasan tentang tips agar wawancara berjalan lancar dan sukses. Siap menghadapi wawancara kerja yang sudah di depan mata?

About The Author

DIA 56
Expert

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel