Begini Cara Memulai Bisnis Kuliner Agar Sukses

23 Dec 2015 13:00 2185 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bisnis kuliner merupakan sebuah bisnis dengan peluang yang cukup menjanjikan.

Ingin memulai sebuah bisnis tetapi merasa takut tidak bisa mencapai kesuksesan yang diharapkan? Memulai sebuah bisnis memang bisa dikatakan sulit tetapi juga mudah, mudah tetapi juga cukup sulit. Memulai sebuah bisnis terutama harus berasal dari niat dan keteguhan diri sendiri.

Salah satu jenis bisnis yang memiliki kesempatan yang bagus dan menjanjikan adalah bisnis kuliner. Bisnis kuliner termasuk jenis bisnis yang bisa terus berkembang dan produknya banyak dibutuhkan dan dicari banyak pembeli.

Tetapi, memulai bisnis kuliner juga tidak semudah membalikan telapak tangan. Diperlukan persiapan dan rencana yang matang walau bisnis kuliner yang akan Anda lakukan masih dalam skala yang kecil. Dengan perencanaan yang matang dan tepat, maka Anda bisa dengan lebih percaya diri melangkahkan kaki terjun ke dalam dunia bisnis ini.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis kuliner agar bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

 

1. Perencanaan dan Pengadaan Modal Awal Usaha

Begini Cara Memulai Bisnis Kuliner Agar SuksesGambar via: tlists.com

Modal adalah salah satu unsur penting yang harus diperhatikan saat akan memulai sebuah bisnis. Modal untuk awal usaha bisa Anda dapatkan dengan berbagai cara. Beberapa di antaranya adalah dengan menabung, mendapatkan pinjaman dari anggota keluarga, atau mendapatkan pinjaman dari lembaga peminjaman uang terpercaya.

Ada beberapa hal yang penting untuk Anda perhatikan bergantung dengan modal yang digunakan. Pertama adalah jika Anda menggunakan modal sendiri. Anda akan mengatur dan melakukan semuanya sendiri sehingga Anda bisa dengan mudah melakukan pengaturan kegiatan bisnis.

Kedua adalah modal yang berasal dari kegiatan patungan dengan anggota keluarga atau rekan. Pastikan Anda membuat surat perjanjian yang resmi dan jelas. Dalam surat tersebut tersedia pembagian hasil dan wewenang yang jelas serta berbagai aturan main dalam bisnis yang akan dijalankan sehingga akan menghindarkan Anda dan rekan bisnis dari masalah yang mungkin timbul.

Ketiga adalah jika modal yang digunakan merupakan pinjaman dari lembaga keuangan. Sebaiknya Anda memiliki pembukuan keuangan yang jelas sehingga pihak lembaga keuangan juga mengetahui dengan baik proses dan perkembangan bisnis Anda.

 

2. Menentukan Lokasi dan Menu dari Bisnis Kuliner

Begini Cara Memulai Bisnis Kuliner Agar SuksesGambar via: www.marketplace.org

Lokasi bisnis kuliner juga memiliki peranan yang penting. Pilihlah lokasi bisnis yang strategis tetapi juga tidak sampai membuat Anda kehabisan modal hanya untuk menyewa atau membeli lokasi bisnis. Anda juga bisa tetap menjalankan bisnis tanpa memiliki lokasi usaha dengan cara berjualan online atau menitipkan barang.

Menu kuliner juga penting untuk direncanakan. Pastikan menu yang Anda sajikan bisa menarik perhatian dan tentunya inovatif.

 

3. Pemilihan SDM dan Pemasok Bahan Baku

SDM atau sumber daya manusia juga penting untuk direncanakan dengan baik. Jika Anda memulai tanpa merekrut karyawan terlebih dahulu, Anda bisa melakukannya sendiri. Tetapi, Anda juga tentunya akan membutuhkan karyawan seiring berkembangnya bisnis.

Pilihlah karyawan yang dirasa tepat dengan bidangnya serta benar-benar bisa melakukan perkejaan sebaik mungkin. Anda pun sebagai pemilik bisnis kuliner, jangan lupa untuk selalu memerhatikan kesejahteraan karyawan.

Bisnis kuliner tentunya memerlukan pemasokan bahan-bahan yang rutin. Untuk memudahkan, Anda bisa memasok bahan baku dari pemasok tertentu. Anda bisa menjadi langganan dan tentunya Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan seperti harga bahan baku yang relatif lebih murah.

 

4. Menentukan Target Pemasaran, Cara Promosi, dan Izin Usaha

Begini Cara Memulai Bisnis Kuliner Agar SuksesGambar via: graywolfseo.com

Tiga hal ini merupakan hal yang juga tidak kalah penting. Pertama adalah masalah target pemasaran. Pastikan Anda sudah menentukan target pasar dari bisnis kuliner Anda. Sesuaikan target pasar dengan jenis kuliner yang akan Anda jual.

Kedua adalah cara promosi. Promosi menjadi salah satu pintu gerbang bisnis Anda pada dunia luar. Anda bisa melakukan promosi manual dari mulut ke mulut yang masih efektif sampai sekarang. Anda juga bisa melakukan promosi melalui berbagai media, salah satunya yang sedang popular sekarang yaitu promosi di media online.

Ketiga adalah izin usaha. Perizinan menjadi hal penting yang tidak boleh dilupakan. Pastikan Anda mengurus perizinan pada pihak yang berwenang atau pada instansi pemerintahan yang berhubungan dengan izin usaha.

 

5. Berjuang, Berdoa, dan Menjaga Sikap

Terus berjuang dan tentunya rajin berdoa bisa menjadi langkah yang baik untuk Anda memulai dan menjalankan bisnis ini. Selain itu, Anda juga sebaiknya bisa menjaga sikap yang baik di hadapan rekan bisnis dan para pelanggan. Pelanggan umumnya akan senang pada pemilik bisnis yang ramah dan juga baik.

 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memulai sebuah bisnis di bidang kuliner agar sukses dan berjalan dengan lancar. Semoga bermanfaat dan selamat berjuang!

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel