Begini Cara Anda Menabung Meski Gaji Anda di Bawah Rp3 Juta

30 Nov 2015 11:00 6494 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Anda tetap harus bisa menabung meski hanya memiliki gaji di bawah 3 juta.

Menabung. Kata kerja ini merupakan salah satu kata yang paling sering saya dan Anda dengar dari kecil, bukan? Semasa kecil, kita diajarkan untuk rajin menabungkan uang yang kita miliki.Uang tabungan tersebut suatu hari akan sangat bermanfaat untuk berbagai kebutuhan, bahkan yang tidak terduga.

Masih ingatkah Anda saat-saat rajin memasukkan uang koin sisa jajan ke dalam celengan plastik berbentuk tong atau bahkan celengan keramik berbentuk ayam? Jika kita sudah terbiasa menabung, sederhanya seperti yang kita lakukan waktu kecil, tentunya menabung bukan menjadi hal berat yang harus dilakukan saat dewasa.

Tetapi, ketika sudah mulai bekerja dan ternyata gaji yang didapatkan berada di bawah angka 3 juta dengan segudang kebutuhan setiap bulannya, pernahkah Anda merasa bingung? Kebingungan bagaimana caranya bisa menabung dengan uang gaji yang di bawah 3 juta setiap bulannya. Akan tetapi, menabungkan uang gaji Anda merupakan yang penting dan tanamkan dalam diri Anda kalau hal tersebut adalah kewajiban.

Untuk Anda yang merasa kebingungan caranya bisa menabung dengan gaji di bawah 3 juta, berikut beberapa tips dan trik untuk bisa menabung.

 

Buatlah Dua Jenis Rekening

Tips&Trik;: Begini Cara Anda Menabung Meski Gaji Anda di Bawah Rp3 Juta

Salah satu cara menyiasati agar Anda bisa menabung dengan jumlah gaji di bawah 3 juta rupiah adalah dengan mulai membuat dua buah jenis rekening. Satu rekening Anda gunakan sebagai tempat menyimpan uang yang akan Anda gunakan sehari-hari. Artinya, uang dari rekening ini akan sering Anda ambil untuk memenuhi kebutuhan.

Rekening satu lagi Anda buat khusus untuk uang yang akan ditabungkan. Untuk rekening ini, pilihlah yang tanpa potongan dengan tidak membuat kartu ATM. Selain tabungan Anda tidak akan terkena potongan administrasi kartu ATM, Anda juga tidak akan mudah tergoda untuk mengambil uang tabungan Anda karena harus mengunjungi bank secara langsung untuk mengambilnya.

 

Berbelanja di Saat Banyak Diskon

Tips&Trik;: Begini Cara Anda Menabung Meski Gaji Anda di Bawah Rp3 Juta

Hasrat berbelanja terkadang memang sulit untuk dibendung. Jika Anda sudah meniatkan diri untuk rajin menabung setiap bulannya, cobalah untuk meredam sekuat mungkin keinginan Anda untuk berbelanja. Jika, Anda tetap ingin berbelanja, belanjalah di saat musim diskon tiba.

Berbagai diskon ayng ditawarkan di musim diskon akan banyak membantu Anda untuk berhemat. Anda akan mendapatkan banyak belanjaan dengan sedikit uang. Tahanlah hasrat berbelanja Anda samapai tiba musim diskon di tempat belanja favorit Anda.

Tahan Godaan untuk Memiliki Kartu Kredit

Belanja dengan menggunakan akrtu kredit memang terkesan menyenangkan dan mudah. Akan tetapi, Anda tidak akan merasa senang lagi saat tagihan kartu kredit datang setiap bulannya lengkap dengan bunganya.

Yakinkan diri Anda untuk berbelanja hanya dengan menggunakan uang cash yang Anda pegang, selain bisa meredam keinginan belanja juga bisa menghemat lebih banyak uang Anda. Anda juga tidak perlu pusing memikirkan tagihan kartu kredit yang akan datang setiap bulan. Menyenangkan, bukan?

 

Memiliki Celengan Konvensional di Rumah

Tips&Trik;: Begini Cara Anda Menabung Meski Gaji Anda di Bawah Rp3 Juta

 

Walau sekarang menabung bisa dengan praktis dilakukan melalui bank, tetapi tetap membiasakan diri menabung dalam celengan bisa memberikan dampak yang baik. Celengan konvensional ini bisa menjadi wadah yang tepat untuk uang-uang receh atau uang kembalian yang Anda miliki.

Sedikit demi sedikit dan Anda tidak akan menyadarinya, celengan konvensional itu akan penuh dan akan banyak membantu diri Anda saat tiba-tiba butuh sekali uang dan tidak memiliki waktu untuk pergi mengambil uang ke bank atau ATM.

Anda bisa membeli celengan konvensional yang terbuat dari plastik yang bisa dilubangi sedikit saja saat tabungan akan diambil. Anda juga bisa memilih celengan keramik yang akan membuat Anda merasa sayang untuk memecahkannya sehingga, uang dalam celengan akan tetap aman dari keinginan Anda untuk mengambilnya.

 

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa Anda gunakan untuk menabungkan sebagian uang Anda walau gaji Anda masih berada di bawah 3 juta rupiah. Anda akan memiliki cadangan uang di tabungan serta melatih diri untuk mampu mengendalikan hasrat belanja dan tentunya belajar untuk berhemat.

Jika Anda tertarik dengan beberapa tips di atas, Anda bisa segera mengaplikasikannya setiap bulan tepat setelah jadwal gajian. Selamat mencoba!

Tags Keuangan

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel