Tips dan Cara Memilih Earphone dengan Kualitas Baik

16 Sep 2016 10:00 21654 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Teliti dalam memilih earphone akan memberikan kepuasan tersendiri pada Anda.

Earphone menjadi salah satu perangkat pelengkap smartphone yang wajib untuk dibawa terutama bagi Anda yang senang mendengarkan musik. Earphone sebenarnya memiliki satu fungsi yang sama dengan perangkat lainnya seperti headphone, headset, dan hands free. Hanya saja, earphone hanya bisa digunakan untuk mendengarkan baik musik, film, maupun suara dalam permainan atau game.

Earphone sendiri sebenarnya sangat mudah untuk ditemukan, dan tentunya akan memudahkan Anda dalam mencari dan membeli. Hanya saja, kualitas dari earphone akan berbeda-beda tergantung merk serta harga yang ditawarkan.

Jika Anda sedang mencari earphone terbaik untuk kebutuhan mendengarkan musik favorit Anda, berikut beberapa cara dan tips dalam memilih jenis earphone yang memiliki kualitas baik.

 

Mengetahui Jenis Earphone

Tips dan Cara Memilih Earphone dengan Kualitas BaikGambar via: the-gadgeteer.com

Secara umum, earphone terbagi ke dalam dua jenis. Jenis earphone pertama adalah IEM atau In-Ear Monitor. Jenis earphone ini menggunakan bahan karet yang akan membuat Anda merasa nyaman saat menggunakannya. Karet pada earphone ini berfungsi untuk menutup suara dari luar untuk masuk sehingga Anda hanya akan mendengarkan musik dari earphone tanpa terganggu oleh suara luar.

Jenis earphone kedua adalah Earbud. Earbud tidak seperti IEM yang bisa mencegah suara luar untuk masuk. Hal tersebut karena Earbud terbuat dari bahan plastik keras dengan bentuk bulat. Tidak ada bagian yang bisa menahan masuknya suara luar ke dalam telinga.

 

Memilih Bentuk Earphone Sesuai Selera

Tips dan Cara Memilih Earphone dengan Kualitas BaikGambar via: cdn.mos.techradar.com

Sebelum membeli, pastikan Anda memilih terlebih dahulu earphone seperti apa yang Anda suka. Anda juga bisa memilih apakah jenis earphone IEM atau Earbud yang paling Anda sukai. Setelah itu, pilihlah earphone dengan desain, warna, dan panjang kabel yang sesuai keinginan dan kebutuhan.

Anda juga bisa membeli earphone yang memiliki desain dan warna yang senada dan cocok untuk smartphone Anda. Tentunya ini akan memberikan kesan yang baik untuk penampilan Anda.

 

Perhatikan Sensitivitas Earphone

Sensitivitas earphone akan berpengaruh pada seberapa besar suara yang bisa dihasilkan oleh earphone. Sensitivitas ini ditandai dengan tulisan Sound Pressure Level atau SPL dengan satuan desibel atau mili watt.

Anda bisa memilih earphone dengan angka SPL yang tinggi sehingga tidak mengharuskan Anda membesarkan volume terlalu tinggi dan juga bisa menghemat daya baterai smartphone. Tetapi untuk menjaga pendengaran Anda, sebaiknya Anda memilih earphone dengan sensitivitas yang lebih kecil dari 85 dB.

 

Memilih Earphone dengan Rentang Frekuensi yang Besar

Kemampuan earphone dalam merespon frekuensi dari gelombang suara juga memberikan pengaruh pada kualitas earphone tersebut. Earphone yang berkualitas baik adalah jenis earphone yang memiliki rentang frekuensi yang besar, dan yang lebih besar lagi maka akan semakin baik.

Earphone dengan respon frekuensi yang baik akan mampu memunculkan suara frekuensi rendah yang tidak bisa dimunculkan oleh earphone dengan kualitas tangkapan frekuensi yang kurang baik.

 

Pilih Earphone Sesuai dengan Jenis Musik yang Didengarkan

Tips dan Cara Memilih Earphone dengan Kualitas Baik

Gambar via: favim.com

Jenis musik yang sering Anda dengarkan juga bisa menjadi referensi bagi Anda dalam memilih earphone. Pilihlah earphone yang sesuai dengan musik yang biasa Anda dengarkan. Anda bisa memilih earphone dengan jenis bright untuk tipe musik klasik dan rock. Suara yang dikeluarkan oleh earphone ini umumnya lebih pada suara treble.

Anda juga bisa memilih earphone jenis warm untuk mendengarkan musik dengan tipe metal dan hip hop. Suara yang dihasilkan akan lebih menonjolkan suara bass karena jenis musik ini umumnya memiliki suara vokal yang lebih pelan.

 

Berkomunikasi Terlebih Dahulu dengan Penjual Earphone

Ada baiknya Anda membeli earphone di toko dengan penjual atau karyawan yang memahami tentang earphone. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan mereka untuk mendapatkan jenis earphone dengan kualitas baik yang cocok untuk Anda.

Anda juga akan mendapatkan pengetahuan lebih banyak tentang earphone sehingga ketika suatu hari ingin membeli earphone baru, Anda sudah tidak merasa bingung dan ragu lagi. Jangan ragu untuk bertanya dan berkonsultasi dengan karyawan atau pemilik toko tentang earphone.

 

Tips dan cara memilih earphone yang tepat dengan kualitas yang baik tersebut bisa Anda coba saat akan membeli earphone baru. Anda akan mendapatkan kepuasan dan kenyamanan mendengarkan musik dengan earphone yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Tags Teknologi

About The Author

DIA 53
Expert

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel