Mengapa Anda Harus Cerdas dalam Memilih Sepatu Olahraga?

23 Nov 2015 16:00 4266 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kita harus teliti dalam memilih dan membeli sepatu olahraga.

Olahraga menjadi sebuah kegiatan yang akan menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Olahraga dilakukan minimal tiga kali dalam seminggu. Untuk menunjang aktivitas olahraga Anda, tentunya Anda memerlukan sepatu olahraga yang nyaman dan tepat sesuai dengan jenis olahraga yang dilakukan.

Memilih dan membeli sepatu olahraga sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan. Sepatu olahraga yang tidak nyaman serta tidak sesuai hanya akan memberikan masalah pada kesehatan Anda, muali dari sakit pinggang, sakit punggung, tumit yang bengkak, dan lain-lain.

 

Jenis-Jenis Sepatu Olahraga

Demi Kenyamanan dan Kesehatan, Pilih Sepatu Olahraga yang TepatGambar via: www.ambwallpapers.com

Sebelum mulai membeli sepatu, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis sepatu olahraga sesuai dengan olahraga yang akan dilakukan. Berbeda kegiatan olahraganya, maka berbeda juga sepatunya. Berikut jenis sepatu berdasarkan jenis olahraganya.

  1. Sepatu olahraga untuk aerobik. Sepatu untuk aerobik haruslah berupa sepatu yang bersifat fleksibel. Sepatu olahraga ini harus mampu melindungi kaki dari benturan karena aerobik merupakan jenis olahraga yang banyak melakukan gerakan.
  2. Sepatu olahraga untuk berjalan. Berjalan kaki juga termasuk jenis olahraga yang baik untuk kesehatan. Untuk menunjang jenis olahraga yang santai ini, pilihlah sepatu olahraga yang sifatnya ringan tetapi kaku pada area depan yang akan membuat seluruh jari kaki tetap nyaman.
  3. Sepatu untuk olahraga sepak bola. Olahraga sepak bola menekankan gerakan dan kekuatan pada kaki. Pilihlah jenis sepatu yang bisa meredam timbulnya banyak tekanan pada kaki.
  4. Sepatu olahraga untuk lari. Sepatu olahraga untuk lari haruslah jenis sepatu aygn sifatnya fleksibel yang akan mampu menekuk ketika berlari.
  5. Sepatu untuk olahraga bola jaring. Salah satu jenis olahraga bola jaring adalah olahraga basket. Pilihlah jenis sepatu aygn fleksibel tetapi juga mendukung untuk berbagai gerakan ke samping.
  6. Sepatu untuk olahraga dengan menggunakan raket. Salah satu jenis olahraga ini adalah bulu tangkis. Pilihlah jenis sepatu yang sifatnya lebih berat dan kaku jika dibandingkan dengan sepatu olahraga lainnya. Hal ini untuk menunjang gerakan-gerakan menyamping yang banyak dilakukan dalam olahraga ini.
  7. Sepatu untuk berbagai jenis olahraga. Terdapat jenis sepatu yang bisa digunakan untuk beberapa jenis olahraga sekaligus. Sepatu jenis ini sifatnya fleksibel tetapi mampu memberikan kendali untuk gerakan dalam olahraga sejenis tenis atau aerobik.

 

Tips dalam Membeli Sepatu Olahraga

Demi Kenyamanan dan Kesehatan, Pilih Sepatu Olahraga yang TepatGambar via: wallpapers.free-review.net

Setelah mengetahui apa saja jenis sepatu olahraga yang sesuai dengan olahraga yang akan dilakukan, berikut beberapa tips atau saran ketika membeli sepatu olahraga.

  1. Kunjungilah toko sepatu olahraga pada malam hari atau ketika ukuran kaki Anda sedang berada pada kondisi maksimal. Anda akan mendapatkan ukuran sepatu yang sesuai dengan kaki Anda.
  2. Pilih toko sepatu khusus sepatu olahraga. Toko khusus sepatu olahraga umumnya memiliki pelayan atau staf yang sudah sangat mengerti tentang sepatu olahraga dan membantu Anda untuk mendapatkan sepatu olahraga terbaik dan yang tepat.
  3. Cobalah sepatu secara langsung saat membeli. Mencoba sepatu secara langsung akan memberikan kesempatan kepada Anda untuk mengetahui apakah sepatu tersebut nyaman digunakan atau tidak.
  4. Memilih jenis sepatu olahraga yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Sirkulasi udara yang baik pada sepatu akan sangat bermanfaat dalam pengeluaran cairan pada kaki saat berolahraga. Sepatu dengan sirkulasi udara yang baik memiliki bahan yang nyaman dan lembut, longgar, dan empuk saat digunakan.
  5. Pilihlah sepatu yang sesuai dengan bentuk kaki Anda. Jika Anda menggunakan sepatu yang sesuai dengan bentuk kaki, maka aktivitas olahraga Anda akan semakin terasa nyaman dan sehat.
  6. Cobalah sepatu dengan kaos kaki yang biasa Anda gunakan. Anda akan mendapatkan sepatu yang sesuai dengan pas dengan jenis kaos kaki yang biasa digunakan.
  7. Belilah sepatu yang memiliki jarak antara jari dengan ujung sepatu sekitar 1 cm. Jarak ini akan menambah kenyamanan Anda saat menggunakannya.
  8. Pilih sepatu yang melekat dengan pas dan kuat dengan tumit.

 

Antara sepatu olahraga dengan kaki Anda, diperlukan adanya kesatuan yang akan memberikan rasa nyaman. Jadi, pilihlah sepatu yang benar-benar tepat, nyaman, dan sehat saat digunakan untuk berolahraga.

Sudah menentukan akan membeli sepatu olahraga jenis apa? Selamat berbelanja!

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel