Suka Petai dan Jengkol? Ini Dia Aneka Manfaatnya untuk Kesehatan!

23 Nov 2015 09:14 8904 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jengkol dan petai ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Petai dan jengkol adalah dua jenis makanan yang banyak disukai dan juga tidak disukai. Salah satu penyebab tidak disukainya kedua jenis makanan ini adalah aroma yag ditimbulkannya. Aroma dari petai dan jengkol memang cukup khas, tetapi sebenarnya rasanya luar biasa enak dan lezat.

Petai dan jengkol bisa dikonsumsi secara mentah maupun diolah menjadi aneka macam masakan. Salah satu olahan dari jengkol misalnya, yang paling banyak digemari adalah semur jengkol. Campuran aneka rempah dalam semur jengkol membuat jengkol menjadi lebih lezat lagi untuk disantap.

Walau sebagian orang tidak menyukai petai dan jengkol, tetapi tahukah Anda bahwa keduanya memiliki manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan tubuh. Ingin tahu apa saja manfaat petai dan jengkol untuk kesehatan? Berikut uraiannya.

 

Manfaat Petai untuk Kesehatan

Suka Petai dan Jengkol? Ini Dia Aneka Manfaatnya untuk Kesehatan!Gambar via: ramuanobat.com

Mengapa petai memiliki aroma yang menyengat? Petai merupakan salah satu buah dari tanaman petai yang mengandung asam amino. Asam amino dalma petai sendiri ternyata mengandung unsur dari sulfur yang akhirnya membuat aroma dari petai sendiri cukup menyengat dan membuat sebagian orang tidak menyukainya.

Akan tetapi, ternyata petai memiliki banyak kandunan gizi bermanfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Inilah beberapa manfaat petai untuk kesehatan tubuh.

 

1. Membantu untuk Mencegah Penyakit Anemia

Buah petai ternyata mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga menjadi salah satu jenis makanan yang bisa menghindarkan seseorang dari serangan anemia. Bahkan penderita anemia pun sebaiknya mengonsumsi petai secukupnya.

Berbagai gejala anemia yang biasa muncul, akan bisa diatasi dengan konsumsi petai yang cukup dan rutin.

 

2. Membantu untuk Menurunkan Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan sebuah jenis penyakit yang jika dibiarkan akan berakibat tidak baik untuk kesehatan seseorang. Untuk membantu mengurangi atau menurunkan tekanan darah tinggi, petai merupakan salah satu jawabannya.

Petai bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi pada seseorang. Jadi, sebaiknya konsumsi petai sesuai dengan kebutuhan untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

 

3. Bersahabat dengan Lambung

Petai ternyata tidak akan menimbulkan masalah pada lambung seseorang. Petai justru baik untuk kesehatan lambung karena bisa membantu mencegah infeksi pada lambung, menetralisasi asam lambung, dan mengurangi luka dan iritasi pada dinding lambung.

 

4. Membantu mencegah stroke

Manfaat lainnya dari petai di antaranya membantu mencegah serangan stroke, membantu untuk menurunkan suhu dari tubuh, membantu mengatasi gangguan datang bulan, membantu untuk meredakan depresi, dan membantu untuk mencegah kegemukan.

 

Manfaat Jengkol untuk Kesehatan

Suka Petai dan Jengkol? Ini Dia Aneka Manfaatnya untuk Kesehatan!Gambar via: uang1000.com

Selain petai, jengkol juga ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Walau memiliki aroma yang cukup tajam dan membuat sebagian orang tidak menyukainya, berbagai manfaatnya ternyata sangat baik untuk tubuh. Apa saja manfaat dari jengkol? Berikut uraiannya.

 

1. Menguatkan tulang dan gigi serta mencegah pengeroposan tulang

Jengkol mengandung fosfor dan kalsium. Seperti diketahui, kedua kandungan tersebut sangat baik dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Jadi, asupan jengkol yang cukup bisa membantu untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi serta membantu untuk mencegah terjadinya pengeroposna tulang.

 

2. Membantu dalam pembentukan dari jaringan tubuh

Jengkol ternyata mengandung protein yang sangat tinggi dan bahkan lebih banyak jika dibandingkan dengan kacang kedelai dan kacang hijau. Protein dalam jengkol dapat membantu proses pembentukan jaringan dalam tubuh.

 

3. Membantu para penderita jantung koroner

Para penderita penyakit jantung harus memiliki proses pembuangan urin yang lancar. Salah satu sifat dari jengkol yang diuretic ternyata bisa membantu untuk melancarkan pembuangan dari urin.

 

4. Membantu mencegah Anemia

Manfaat jengkol lainnya di antaranya membantu untuk mencegah anemia, mencegah terjadinya diabetes, membantu untuk merampingkan area perut, membantu mengontrol kadar gula dalam darah, menjaga kesehatan jantung karena kandungan antioksidannya, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, walau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, konsumsi jengkol juga harus dibatasi setiap harinya. Usahakan tidak berlebihan dalam mengonsumsi jengkol. Untuk mereka yang memiliki gangguan pada ginjal, sebaiknya menghindari konsumsi jengkol karena akan memperburuk kondisi dari ginjal.

 

Itulah informasi mengenai manfaat dari petai dan jengkol. Jadi, di balik aroma menyengat dan tajamnya, petai dan jengkol mengandung aneka manfaat baik untuk tubuh.

Sudahkah Anda mencoba petai dan jengkol?

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel