Merawat Layar Sentuh Perangkat Kita

18 Nov 2015 10:50 1329 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tips merawat layar sentuh agar awet.

(Gambar via Ubergizmo)

Dalam hampir satu dekade terakhir, perangkat layar sentuh sepertinya sudah sangat akrab dengan kehidupan kita. Berbagai macam perawatan layar sentuh, sebut saja smartphone, tablet, hingga laptop, rata-rata sudah memiliki fitur layar sentuh didalamnya. Hal ini tentunya tidak lepas dari kepopuleran produk Apple dengan Iphone dan Ipadnya, dan juga Google dengan operating sistem Androidnya.

Jauhkan dari magnet

Perangkat layar sentuh memiliki tingkat sensitifitas layar yang tinggi, dengan berdekatan dengan perangkat yang memiliki medan magnet seperti radio atau televisi, hal ini bisa mengurangi sensitifitas dari perangkat layar sentuh anda.

Perhatikan ketika mengantongi perangkat anda

Mengantongi perangkat, ini pastinya sudah sering kita lakukan, bahkan mungkin sehari-hari senantiasa kita lakukan. Hal yang perlu kita perhatikan ketika mengantongi perangkat adalah, resiko layar yang tergores, apabila layar anda sudah memiliki pelindung seperti Gorilla Glas mungkin tidak jadi soal, namun apabila belum memiliki pelindung, sebaiknya anda memasang pelindung untuk layar. Hal ini tentunya agar layar tidak tergores ketika kita memasukkan dan mengeluarkan perangkat dari dalam saku kita.

Kurangi paparan sinar matahari langsung

Ini kelihatanya akan sulit, namun, anda perlu mengurangi frekuensi paparan sinar matahari secara langsung ke layar gadget anda. Paparan sinar matahari secara langsung saat terik akan berpengaruh terhadap kualitas LCD layar.

Pasang pelindung layar/ screen guard

Berkaitan dengan langkah kedua dan ketiga, pemasangan screen guard diketahui dapat melindungi perangkat anda dari goresan secara langsung, ataupun mengurangi resiko paparan sinar matahari. Ini mungkin perlu anda pertimbangkan, pemasangan screen guard untuk perangkat anda, sebuah lapisan untuk melindungi layar. Screen guard juga sangat membantu bagi kita, ketika lapisan tangan kita berminyak, akan mengurangi resiko rusaknya layar karena minyak yang menempel di jari kita.

Gunakan jari secara wajar

Layar sentuh didesain cukup sensitif terhadap sentuhan kita, sebaiknya kita tidak menggunakan kuku, atau benda tajam yang lain, seperti kunci untuk mengoperasikan gadget kita, kecuali perangkat kita dilengkapi dengan stylush pen, maka penggunaan pena digital tersebut sah-sah saja dilakukan.

Seperti disebutkan diatas, layar sentuh didesain sensitif terhadap sentuhan kita, usahakan menekan layar sewajarnya saja dan tidak terlalu memberikan tekanan yang berlebihan terhadap layar.

Dengan lima hal diatas, mudah-mudahan kita bisa menjaga layar perangkat mobile kita, yang saat ini sudah menjadi teman setia kita sepanjang hari.

About The Author

wan 62
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel