Aneka Manfaat Olahraga Lompat Tali untuk Kesehatan Tubuh

18 Nov 2015 12:00 3394 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Olahraga lompat tali yang terlihat sederhana ternyata memiliki banyak manfaat.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan tubuh yang sehat. Salah satu caranya adalah dengan rutin berolahraga. Anda juga bisa memilih jenis olahraga apa yang cocok yang tentunya Anda sukai.

Salah satu jenis olahraga yang sederhana, ringan, dan mudah untuk dilakukan adalah olahraga lompat tali. Lompat tali mungkin terlihat biasa saja, akan tetapi Anda akan terkejut dengan segudang manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga ini.

Berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh bisa Anda dapatkan dari olahraga lompat tali yang dilakukan dengan rutin dan teratur. Olahraga ini juga bisa membantu Anda dalam proses penurunan berat badan.

Berikut beberapa manfaat dari olahraga lompat tali untuk kesehatan tubuh.

 

1. Membantu untuk Menambah Tinggi Badan

Aneka Manfaat Olahraga Lompat Tali untuk Kesehatan Tubuh

Gambar via: nisrina.co.id

Salah satu manfaat dari olahraga lompat tali atau dikenal juga dengan skipping adalah menambah tinggi badan seseorang. Tentunya olahraga ini cocok untuk mereka yang ingin bertambah tinggi atau untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Mengapa olahraga ini bisa membantu menambah tinggi badan? Alasannya karena olahraga lompat tali ini merupakan olahraga yang mampu meningkatkan suplai dari darah. Olahraga ini juga akan mengerahkan tekanan di bagian tulang panjang pada tubuh sehingga tubuh bisa bertambah tinggi.

 

2. Membantu untuk Membakar Kalori

Bagi Anda yang sedang melakukan program diet atau penurunan berat badan, olahraga lompat tali ini bisa menjadi salah satu penunjang program diet Anda. Olahraga ini akan cukup banyak membakar kalori jika Anda melakukannya dengan teratur dan rutin.

Jika Anda melakukan lompat tali selama 30 menit saja, Anda sudah bisa membakar kalori sebanyak 600 sampai dengan 800 kalori. Jika lebih lama lagi, maka akan lebih banyak kalori yang terbakar. Tetapi sebaiknya juga tidak terlalu berlebihan karena sesuatu yang berlebihna juga tidak baik untuk kesehatan.

 

3. Membantu untuk Meningkatkan Kekuatan Tulang dan Tubuh

Aneka Manfaat Olahraga Lompat Tali untuk Kesehatan TubuhGambar via: duniafitnes.com

Olahraga yang dilakukan dengan cara melompat-lompat ini ternyata juga bisa membantu untuk menguatkan dan meningkatkan kepadatan tulang. Jika, Anda memiliki tulang yang kuat dan padat, maka Anda akan terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan tulang.

Selain tulang, tubuh Anda juga secara keseluruhan akan menjadi lebih kuat. Anda menjadi tidak mudah lelah dan lebih semangat dalam menjalankan berbagai aktivitas.

 

4. Membantu untuk Mengurangi Resiko Terserng Osteoporosis

Lompat tali juga menjadi jenis olahraga yang ternyata baik untuk mengurangi resiko terserang osteoporosis. Selain itu, olahraga lompat tali bisa juga menjadi pelindung serta melawan osteoporosis.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, sebaiknya Anda rutin melakukan olahraga ini setiap hari selama 2 sampai dengan 5 menit.

 

5. Membantu dalam Melatih Otot-Otot Tubuh

Lompat tali mungkin terlihat sebagai olahraga yang mengutamakan latihan untuk otot-otot di area kaki. Padahal, olaharaga ini ternyata juga bisa membantu untuk melatih seluruh bagian otot atas dan juga bawah.

Jadi, bagi Anda yang ingin melatih otot-otot tubuh, bisa memilih olahraga lompat tali ini untuk dilakukan setiap hari.

 

6. Membantu untuk Meningkatkan Koordinasi

Olahraga lompat tali tidak hanya bersifat fisik saja, tetapi juga mampu membantu Anda untuk meningkatkan kemampuan koordinasi Anda. Olahraga ini akan membantu Anda untuk bisa mengendalikan gerakan, irama, postur, dan kecepatan tubuh menjadi lebih baik.

Olahraga ini juga membantu Anda untuk bisa meningkatkan konsentrasi. Konsentrasi ketika berolahraga serta kosentrasi ketika melakukan kegiatan lainnya.

 

7. Membantu untuk Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Jika Anda melakukan olahraga lompat tali secara rutin setiap hari, maka Anda akan mendapatkan salah satu manfaatnya ini, keseimbangan tubuh yang meningkat.

Jika keseimbangan tubuh semakin meningkat, maka Anda pun bisa lebih bersemangat dan mudah dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

 

8. Membantu untuk Meningkatkan Kelenturan dan Stamina Tubuh

Aneka Manfaat Olahraga Lompat Tali untuk Kesehatan TubuhGambar via: efektips.com

Kelenturan dan stamina tubuh yang menurun tentunya akan membuat Anda merasa berat dalam melakukan banyak hal, padahal Anda punya banyak pekerjaan.

Untuk meningkatkan kelentura dan stamina tubuh, cobalah untuk rutin melakukan olahraga lompat tali setiap hari. Stamina dan kelenturan tubuh Anda perlahan-lahan akan terus meningkat.

 

Sudah mulai tertarik untuk menjadikan olahraga lompat tali ini sebagai jenis olahraga favorit Anda? Lakukan secara rutin dan teratur dan dapatkan aneka manfaatnya untuk tubuh!

Selamat mencoba!

Tags Kesehatan

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel