Tips Merawat dan Membersihkan Handuk untuk Mandi

17 Nov 2015 20:00 3582 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Menjaga dan merawat handuk mandi akan baik untuk kesehatan kulit Anda.

Handuk. Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan kata satu ini. Handuk menjadi sebuah benda penting yang Anda gunakan dan perlukan setiap hari. Handuk sendiri ada beberapa jenis mulai dari handuk tangan, handuk untuk wajah, handuk mandi, dan masih banyak lagi.

Tips Merawat dan Membersihkan Handuk untuk MandiGambar via: amazonaws.com

Salah satu jenis handuk yang digunakan setiap hari adalah handuk mandi. Handuk mandi memiliki peran penting yang artinya kebersihan dan perawatannya harus dilakukan dengan baik. Handuk langsung bersentuhan dengan kulit setelah mandi, oleh karena itu, handuk harus dalam keadaan bersih dan nyaman untuk digunakan.

Merawat dan membersihkan handuk terlihat mudah dan simpel, cukup rendam, cuci, dan jemur. Tetapi, tahukah Anda bahwa merawat dan membersihkan handuk itu harus dilakukan sebaik mungkin. Hal ini untuk menghindarkan Anda dari handuk yang kotor dan menjaga tekstur serta kelembutan dari handuk.

Berikut beberapa tips untuk merawat dan membersihkan handuk mandi yang Anda gunakan sehari-hari.

 

1. Tips Sebelum Menggunakan Handuk Baru

Membeli barang-barang yang baru terutama pakaian dan handuk sebaiknya tidak langsung digunakan. Barang baru yang berupa pakaian dan handuk harus dibersihkan dan dicuci terlebih dahulu karena bisa saja mengandung kuman yang menempel atau zat kimia lainnya.

Rendam handuk baru dengan menggunakan air hangat yang sudah diberi deterjen. Cuci bersih kemudian jemur sampai benar-benar kering. Proses perendaman dengan air hangat ini bisa membantu membersihkan handuk baru dari kuman.

 

2. Menjemur Handuk Setelah Digunakan

Tips Merawat dan Membersihkan Handuk untuk MandiGambar via: i00.i.aliimg.com

Menjemur handuk tidak hanya dilakukan ketika handuk baru saja dicuci. Penjemuran handuk langsung di bawah sinar matahari juga harus dilakukan setelah handuk digunakan. Handuk yang sudah digunakan umumnya akan basah, lembab, dan jika dibiarkan bisa menjadi sarang untuk jamur.

Jemur handuk dengan posisi melebar agar seluruh permukaan handuk benar-benar kering. Jangan simpan atau menggantung handuk terlalu lama di kamar mandi karena handuk akan menjadi lembab.

Jika perlu, buatlah gantungan khusus handuk di luar kamar mandi yang bisa digunakan untuk menggantung handuk terutama setelah mandi pada sore atau malam hari.

 

3. Cuci Handuk Seminggu Sekali

Masalah waktu mencuci handuk juga harus diperhatikan dengan baik. Cucilah handuk seminggu sekali agar kebersihan handuk selalu terjaga setiap saat. Jika handuk rutin dicuci, maka akan membuat kesempatan bagi kuman dan jamur untuk berkembang di handuk menjadi semakin kecil.

Jika handuk sudah kering, lipat dan kemudian simpan di lemari. Handuk jangan disetrika karena hal itu akan menyebabkan serat-serat dari kain handuk menjadi semakin tipis.

 

4. Cuci Handuk Terpisah dari Pakaian

Tips Merawat dan Membersihkan Handuk untuk MandiGambar via: molto.co.id

Handuk sebaiknya dicuci terpisah dari pakaian lainnya. Hal ini untuk menghindarkan tercampurnya kotoran serta membuat handuk lebih cepat bersih. Untuk handuk berwarna putih, juga sebaiknya tidak dicampur dengan handuk berwarna dan pakaian lainnya.

 

5. Membersihkan Handuk yang Kusam

Pemakaian handuk yang cukup lama akan membuat handuk menjadi kusam. Handuk yang kusan tentunya tidak enak untuk dilihat dan juga membuat Anda merasa tidak nyaman menggunakannya.

Anda sebenarnya bisa melakukan tindakan agar handuk tidak mudah menjadi kusam. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah berikut.

a. Siapkan air bersih kemudian didihkan dan campur dengan cairan pewangi pakaian.

b. Jika air sudah mendidih, kemudian masukkanlah ke dalam sebuah ember yang sudah berisi handuk yang akan dibersihkan atau dicuci.

c. Langkah selanjutnya adalah menambahkan deterjen ke dalam ember tersebut.

d. Usahakan agar air dalam ember benar-benar merendam handuk secara keseluruhan.

e. Diamkan rendaman handuk tersebut selama lebih kurang satu jam.

f. Setelah satu jam, angkat handuk kemudian sikat dengan hati-hati. Bilas dan bersihkan seperti biasa kemudian jemur sampai benar-benar kering.

g. Setelah melakukan semua langkah tersebut, handuk Anda akan tetap cerah meskipun sudah Anda gunakan berkali-kali.

 

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda lakukan di rumah untuk membersihkan, menjaga, dan merawat handuk. Kegiatan ringan seperti ini akan membuat Anda merasa tetap nyaman dalam menggunakan handuk.

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel