Aneka Roti Khas Turki Ini Membuat Lidah Anda "Bergoyang"

16 Nov 2015 09:00 9317 Hits 3 Comments Approved by Plimbi
Aneka roti enak dan lezat khas Turki yang wajib dicoba!

Hobi travelling ke luar negeri tentunya bisa memberikan banyak pengalaman yang tidak terlupakan. Salah satu negara yang banyak digemari untuk dikunjungi oleh para traveller adalah Turki. Ya, siapa yang tidak mengenal Turki. Negara yang salah satunya terkenal dengan Selat Bosporusnya ini memiliki segudang daya tarik bagi para pengunjung.

Salah satu daya tarik dari Turki yang tidak boleh Anda lewatkan saat mengunjunginya adalah makanannya. Makanan khas sebuah negara memang jangan sampai Anda lewatkan, begitu juga di Turki. Turki terkenal memiliki banyak jenis makanan yang lezat dan menggugah selera.

Salah satu jenis makanan yang banyak dijumpai di Turki adalah makanan berupa roti. Terdapat banyak aneka roti khas Turki dengan rasa dan isi yang berbeda-beda. Jadi,mengapa tidak Anda coba setiap jenis roti yang terdapat di negeri dengan kota Istanbulnya yang terkenal ini?

 

Borek

Aneka Roti Enak dan Lezat Khas Turki yang Wajib Dicoba!

Borek adalah jenis roti pastri yahg terbuat dari tumpukan lapisan pastri yang memiliki aneka macam isian. Isian dari Borek bisa berupa kacang, keju, sayuran berupa kentang dan bayam, serta daging cincang.

Borek sendiri terdiri dari beberapa jenis yaitu Borek kering, Borek basah, dan Borek yang dibuat dengan cara digulung. Untuk Borek kering, pembuatannya langsung dengan cara dipanggang.

Sedangkan Borek basah, dibuat dengan terlebih dahulu merebus lapisan adonan dari pastri selanjutnya baru diolesi dengan minyak zitun, keju feta, dan daun parsley. Adonan tersebut barulah dipanggang.

 

Baklava

Aneka Roti Enak dan Lezat Khas Turki yang Wajib Dicoba!

Salah sati jenis roti yang sangat terkenal di Turki adalah Baklava. Baklava sendiri merupakan jenis roti pastri lapis yang manis dengan isian kacang. Bentuknya hampir mirip dengan Borek, hanya saja Baklava umumnya manis dan disiram dengan sirup atau madu.

Baklava dibuat dengan cara menumpuk adonan dari roti pastri dan setiap lapisannya sudah diberikan mentega cair dengan potongan-potongan kacang. Kacang yang umumnya digunakan adalah pistachio (kacang kenari hijau) atau walnut.

Aneka Roti Enak dan Lezat Khas Turki yang Wajib Dicoba!

Berbeda dengan Borek basah yang dipotong setelah matang, Baklava dipotong-potong berbentuk persegi ketika masih dalam keadaan mentah. Hal tersebut karena Baklava yang sudah matang akan renyah dan sulit untuk dipotong.

Baklava yang sudah matang tersebut tidak langsung disantap, tetapi disiram dengan madu atau sirup terlebih dahulu dengan jumlah yang banyak sampai terendam dan meresap pada setiap bagian lapisan pastrinya. Roti manis ini akan dengan sangat mudah Anda temukan di berbagai toko di Turki.

 

Simit

Aneka Roti Enak dan Lezat Khas Turki yang Wajib Dicoba!

Berbeda dengan Borek dan Baklava yang berbentuk persegi serta merupakan jenis roti pastri berlapis, Simit merupakan roti khas Turki yang berbentuk bulat meyerupai donat. Jenis roti ini umumnya dijual oleh para pedagang dengan menggunakan gerobak.

Tetapi selain dengan gerobak, penjual Simit juga biasanya berkeliling mendagangkan Simitnya dengan menumpuk Simit dalam sebuah baki yang dibawanya di atas kepala. Untuk tekstur, Simit memiliki tekstur yang kering dan renyah saat dimakan.

Simit sendiri memiliki ukuran serta tekstur yang berbeda di setiap kota yang ada di Turki. Bisa saja Simit di kota A lebih besar dari Simit di kota B. Jadi, jangan merasa heran bila menemui ukuran dan tekstur Simit yang berbeda di kota yang berbeda.

Simit bisa dikonsumsi secara langsung sebagai camilan atau umumnya dikonsumsi dengan segelas teh khas Turki yang disebut dengan Cay. Teh khas Turki ini disajikan dalam sebuah gelas kecil berbentuk bunga tulip yang umum ditemui di Turki.

 

Lahmacun

Lahmacun merupakan salah satu roti khas Turki yang memiliki kemiripan dengan pizza. Roti yang cukup tipis ini memiliki berbagai jenis toping di atasnya, misalnya daging cincang dan juga sayuran yang diolah dengan cara dipanggang.

Aneka Roti Enak dan Lezat Khas Turki yang Wajib Dicoba!

Lahmacun umumnya juga dikonsumsi dengan menambahkan isian lainnya sebelum dimakan. Misalnya bawang bombay, daun selada, acar, terong bakar, dan lain-lain. Setelah itu umumnya ditambahkan juga perasan jeruk lemon serta serpihan dari cabai jika suka pedas.

Lahmacun yang sudah berisi toping tambahan tersebut kemudian digulung menyerupai kebab. Setelah digulung, Lahmacun siap untuk dinikmati.

 

Jenis-jenis roti khas Turki tersebut hanya sebagian saja dari roti khas Turki lainnya. Rasa serta rempah yang kuat terutama untuk roti yang tidak manis akan membuat Anda ingin terus mencicipinya.

Jadi, sudah siap untuk berburu roti-roti khas Turki saat berkunjung ke sana? Siapkan diri Anda!

sumber gambar: Wikipedia

Tags kuliner

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel