3 E-Commerce Dengan Ranking Terbaik Di Indonesia

25 Oct 2015 13:53 7350 Hits 0 Comments
Inilah 3 ecommerce Indonesia paling top ...

Alexa.com adalah website yang menyediakan informasi data traffic sebuah website, dari data yang mereka kumpulkan Alexa.com melakukan pemeringkatan sebuah website, semakin kecil nilai peringkatnya menunjukan bahwa website tersebut memiliki traffic yang cukup tinggi.

Alexa.com sering dijadikan parameter utama oleh beberapa pihak untuk mengetahui apakah sebuah website memiliki trafik pengunjung yang tinggi atau tidak, sehingga sudah menjadi hal yang penting bagi pemilik website untuk memiliki ranking yang baik di Alexa.com

Alexa.com saat ini telah di akusisi oleh perusahaan IT terkemuka di dunia yaitu Amazon.com, Alexa melakukan pengumpulan data “behavior” para pengguna internet yang menginstall toolbar alexa,  jutaan toolbar alexa yang terinstal akan secara rutin mengirimkan informasi ke server utama alexa.com mengenai informasi akses website yang diakses oleh para pengguna, selain itu lama sebuah website diakses (time on site) juga terrekam oleh alexa dan akan memberikan pengaruh cukup tinggi bagi nilai ranking di alexa.com.

Namun tidak banyak orang yang juga tidak terlalu mementingkan informasi ranking di alexa.com karena menganggap penilaian alexa hanya sample kecil saja yang tidak mewakili kondisi real traffic sebuah website, anggapannya dikarenakan ranking alexa hanya ditentukan oleh informasi yang dikirim oleh toolbar alexa.com sedangkan tidak semua pengguna internet di dunia menginstall toolbar alexa. (mungkin Anda juga belum atau tidak tahu toolbar alexa seperti apa :D).

Ok, sesuai judul sebenarnya saya hanya ingin menginformasikan 3 website E-Commerce yang memiliki ranking tinggi berdasarkan penilaian Alexa.com, pengalaman saya dalam mengelola website, ranking Alexa sebenarnya cukup relevan dengan traffic sebenarnya sebuah website, apalagi jika kita benchmark dengan traffic yang  di informasikan oleh google Analytics.

Berikut 3 website yang memiliki ranking terbaik di Alexa.com :

#1 – www.bukalapak.com

Sebuah website e-commerce yang baru-baru ini mendapatkan dana segar berupa investasi dari EMTEK Group (masih saudara SCTV Group), menduduki peringkat pertama sebagai ecommerce dengan traffic tertinggi berdasarkan informasi Alexa. Bukalapak.com menduduki peringkat ke 13 sebagai top website di Indonesia, dan peringkat 524 di dunia. Tentu saja naik trafik nya, iklan bukalapak.com sekarang dimana-mana :D berapa miliar yang mereka investasikan untuk terus mempromosikan iklan.

Bukalapak, yang didirikan tahun 2011 untuk memberdayakan usaha kecil dan menengah Indonesia dengan menjual produk mereka secara online, merupakan salah satu situs eCommerce yang berkembang pesat di Asia Tenggara dengan pertumbuhan penjualan perbulan lebih dari 20%. Dengan lebih dari 150,000 Pelapak yang telah bergabung, Bukalapak telah mengumpulkan kelompok penjual terbesar di Indonesia dan telah tumbuh menjadi online marketplace terbesar di seluruh Indonesia menurut ComScore (unique visitors). Investasi dari KMK Online memungkinkan Bukalapak untuk mendapatkan lebih banyak lagi pelanggan dan menjaga fokus mereka kepada pengembangan dari pengalaman berbelanja terbaik melalui online marketplace di Indonesia.

#2 – www.lazada.co.id

Setelah bertahan lama mendudukui posisi e-commerce dengan ranking terbaik di alexa.com, akhirnya Lazada.co.id menyerahkan tempatnya ke bukalapak.com, saat ini Lazada menduduki peringkat top website ke 14 di Indonesia, dan peringkat 646 di dunia, jika melihat statistic Lazada turun sekitar 56 point, itu menunjukan Lazada.co.id cukup  turun drastic, mesin iklannya sepertinya sudah mulai lemah :D hehe..

Siapa yang gak kenal Lazada.co.id, Iklan gila-gilaan ditahun 2014 mengantarkan Lazada.co.id menjadi top ecommerce di Indonesia dalam waktu cukup lama. Lazada.co.id merupakan anak perusahaan dari Rocket Internet asal Jerman, yang sukses menciptakan banyak produk online inovatif di dunia salah satunya groupon.

Lazada merupakan jaringan ecommerce yang cukup berpengaruh di asia tenggara, investasi yang tidak kecil untuk menjadikan mereka sebagai top e-commerce.

Info dari Wikipedia menunjukan bagaimana Lazada tumbuh jadi perusahaan besar. Bagaimana tidak setelah JP Morgan, beberapa partner lain ikut mempercayakan investasi pada Lazada dan perusahaan induknya, Rocket Internet. Pada November 2012, Kinnevik, perusahaan investasi dari Swedia menanamkan investasi hingga lebih dari USD 40 juta. Sebulan kemudian, pada Desember 2012, Summit Partners, salah satu perusahaan modal usaha terbesar di dunia berinvestasi sebesar USD 26 juta. Dan pada bulan Januari 2013, Tengelmann, group retail strategis dari Jerman menanamkan dana investasi yang dikabarkan mencapai USD 20 juta.

#3 – www.tokopedia.com

Salahsatu website e-commerce yang cukup banyak dana ini, pantas masuk sebagai top 3 website ecommerce yang memiliki trafik paling tinggi

Akhir tahun 2014, tokopedia mendapatkan investasi gila-gilaan, total senilai 1 triliun mereka dapatkan, beberapa perusahaan yang masuk sebagai investor terbari diantaranya Softbank dan Sequoia Capital yang akan masuk ke jajaran Board of Directors Tokopedia. Dengan ini pula, Tokopedia secara konsisten mendapatkan pendanaan baru tiap tahunnya, mulai dari PT Indonusa Dwitama (2009), East Ventures (2010), CyberAgent Ventures (2011), BEENOS (2012), dan SB Pan Asia Fund (2013).

Pada ulang tahun ke-5 beberapa waktu lalu, Tokopedia mengumumkan bahwa mereka memiliki 10 juta pengunjung tiap bulannya dan mencatat 24 juta penjualan produk selama setahun.

KESIMPULAN :
Top Ranking diatas bisa menunjukan bagaimana peran penting promosi besar-besaran untuk mendongkrak traffic, tidak hanya iklan online, iklan di media cetak, tv, radio bahkan di jalan-jalan umum telah mereka lakukan. Namun jangan khawatir, website kaskus.co.id tetap mejeng sebagai top website yang real traffic datang dari user tanpa iklan besar-besaran.

Sekarang pilihan kembali kepada Anda, apakah ranking diatas menunjukan bahwa yang teratas adalah yang paling baik dalam hal transaksi jual beli online? Apakah sudah cukup menjadi jaminan bahwa jual beli diasana akan selalu aman dan menguntungkan? Jawaban kembali kepada Anda :D

Top Ranking diatas bisa menunjukan bagaimana peran penting promosi besar-besaran untuk mendongkrak traffic, tidak hanya iklan online, iklan di media cetak, tv, radio bahkan di jalan-jalan umum telah mereka lakukan. Namun jangan khawatir, website kaskus.co.id tetap mejeng sebagai top website yang real traffic datang dari user tanpa iklan besar-besaran.

Sekarang pilihan kembali kepada Anda, apakah ranking diatas menunjukan bahwa yang teratas adalah yang paling baik dalam hal transaksi jual beli online? Apakah sudah cukup menjadi jaminan bahwa jual beli diasana akan selalu aman dan menguntungkan? Jawaban kembali kepada Anda :D

About The Author

Muhammad Ihsan Firdaus 20
Novice

Muhammad Ihsan Firdaus

Muhammad Ihsan Firdaus, CEO dari 4visionmedia.com dan Paseban.com. Berkiprah lebih dari 10 tahun di industri IT, khususnya bidang software & web development, juga menjadi pembicara khusus tentang penggunaan internet dan teknologi informasi.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel