Alexa.com, Situs Pemberi Peringkat yang Bisa Digunakan Untuk Memantau Traffic Situs Tertentu

8 Jun 2014 20:00 6327 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Situs Alexa.com merupakan situs yang menyajikan peringkat atau rangking dari sebuah website atau web blog. Situs ini akan memberikan informasi terkait jumlah lalu lintas pengunjung pada situs tertentu. Bisa dikatakan situs ini menjadi barometer atau acuan tentang apakah sebuah situs banyak dikunjungi atau tidak?

Situs Alexa.com merupakan situs yang didirikan pada April 1996. Situs ini merupakan situs yang dimiliki oleh Amazon, sebuah perusahaan perdagangan elektronik multinasional ternama yang bermarkas di Seattle, Amerika. Boleh dikatakan situs ini berinduk pada situs Amazon.com. Meskipun menginduk pada Amazon, situs ini bukanlah situs yang berkaitan dengan perdagangan maupun elektornik.

Situs Alexa.com merupakan situs yang  yang menyajikan peringkat atau rangking dari sebuah website atau web blog. Situs ini akan memberikan informasi terkait jumlah lalu lintas pengunjung pada situs tertentu. Bisa dikatakan situs ini menjadi barometer atau acuan tentang apakah sebuah situs banyak dikunjungi atau tidak? Mengapa hal ini penting? Tentunya bagi beberapa pihak kunjungan ke sebuah situs adalah nilai besar yang tidak bisa ditawar. Hal inilah yang menjadi landasan mengapa situs Alexa kerap kali jadi patokan bagi beberapa situs, terutama situs yang berkaitan dengan e-commerce.  

Situs Alexa ini bisa dibilang cukup akurat dalam memberikan rangking pada sebuah situs. Hal ini dilandasi karena situs Alexa.com didirikan berdasarkan konsep informasi yang tepat dan cukup relevan bagi para pengguna internet. Karena hal inilah situs ini cukup dipercaya. Situs ini sendiri  memebrikan peringkat 1 dan 2 kepada dua situs terbesar dari 30 juta situs website yang tersebar di dunia. Posisi satu ditempati oleh raksasa mesin pencari Google dan perangkat dua ditempati oleh situs jejaring sosial terbesar yakni Facebook  untuk data rangking Global (akses Maret 2014) .

 

Fitur Situs Alexa

Situs Alexa.com sendiri merupakan situs yang memiliki ragam fungsi. Dalam hal ini berarti bahwa situs ini tidak hanya memberikan peringkat saja namun ada fitur lain yang cukup bermanfaat. Apa sajakah fitur-fitur tersebut? Berikut pemaparannya. 

 

•    Alexa Site Info

Alexa Site Info merupakan sebuah fitur yang bisa dikatakan sebagai database. Database pada situs Alexa.com merupakan kumpulan berbagai hal yang cukup informatif. Pada fitur ini, pengguna akan diberikan penjelasan terkait sebuah situs, termasuk statistik situs tersebut. Bukan hanya itu saja, fitur ini juga memberikan hal terkait related links, query, dan juga hal-hal lainnya. Pengguna internet cukup bernavigasi ke laman Site Info. Setelah itu, pengguna diminta memasukan situs apa yang akan dinilai. Nantinya Alexa akan memberikan peringkat. Dan sekali lagi, tidak hanya peringkat yang diberikan tetapi juga data statistik dan hal-hal lainnya. Untuk peringkat sendiri, Alexa memberikan dua kategori. Kategori pertama untuk rangking global dan kedua untuk rangking regional atau negara tempat situs tersebut berasal, 

 

•    Alexa Site Audit

Situs Alexa.com memiliki fitur Site Audit. Fitur ini bekerja untuk memberikan kejelasan terkait sebuah situs dalam hal tentang cara mengoptimalkan situs. Fitur ini memberikan gambaran tentang bagaimana persaingan dalam mesin pencari, memberi wawasan tentang monetasi, dan yang lebih penting penggambaran tentang kondisi dari sebuah situs. Boleh dikatakan, fitur ini bisa menjadi acuan dalam mengevaluasi tingkat sebuah situs dan kondisi sebuah situs. 

 

Baca juga :

               Inilah Perintah Lengkap dari Google Now

               Rilis Tanggal 16 Juni 2016, Inilah Sedikit Informasi Tentang Bluetooth 5

 

•    Alexa Top Sites

Fitur Top Sites merupakan fitur yang menghadirkan rangking atau peringkat top. Urutan dimulai dari urutan pertama sampai urutan 500. Top Sites ini dapat mengkatergorikan peringkat berdasarkan peringkat secara keseluruhan (global) maupun negara. Jika ingin lebih spesifik, Alexa menghadirkan urutan rangking berdasarkan kategori, misal peringkat situs kategori komputer, situs kategori kesehatan, dan masih banyak lagi. Untuk  Top 10 situs global sendiri terdiri dari berikut ini (Data Maret 2014):

1.    Google

2.    Facebook

3.    Youtube

4.    Yahoo

5.    Baidu

6.    Wikipedia

7.    qq

8.    Linkedin

9.    Taobao

10.   Twitter

 

 

Alexa Toolbar 

Selain berbagai fitur tersebut, Alexa juga menyediakan fitur Alexa Toolbar. Fitur ini merupakan sebuah ekstensi yang bisa dipasang di peramban atau browser (terutama Chrome dan Firefox). Kegunaan toolbar ini adalah untuk memantau langsung peringkat situs dan yang lebih penting dapat membantu meningkatkan rating situs yang bersangkutan. Alexa Toolbar ini banyak dimanfaatkan oleh para pemilik web blog dan situs tentunya untuk mendulang peningkatan traffic atau kunjungan. 

 

Kesimpulan
Situs Alexa.com bisa dikatakan merupakan situs yang cukup bermanfaat. Situs ini merupakan situs yang menyajikan berbagai informasi terkait sebuah situs. Untuk para pelaku internet marketing, situs Alexa merupakan suatu hal cukup berarti karena bisa memantau kondisi peringkat situs tersebut. Untuk peringkat Paseban sendiri, Alexa memberikan rating yang cukup baik. Situs ini berada pada posisi 17.715 untuk rangking  global dan 246 untuk peringkat di Indonesia (Maret 2014) Sebuah pencapaian yang tentunya cukup baik. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel