Inilah 8 Tips Memaksimalkan Aktivitas Online Selama Ibadah Ramadhan di Rumah, No 6 Jarang Anda ketahui

28 Apr 2020 16:07 805 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Bagaimana memaksimalkan aktivitas Online kita untuk tetap bermanfaat dan memberikan nilai tambah bagi ilmu dan wawasan kita dalam agama, sehingga tetap tercatat sebagai amalan baik di mata Allah.

Ramadhan kali ini tentu berbeda dengan Ramadhan tahun tahun sebelumnya, dengan musibah yang dialami hampir semua orang di dunia ini banyak hal yang menjadikan pola dan cara kehidupan menjadi sangat berbeda. Ya! COVID-19 adalah penyebab dari masalah yang ada saat ini, penyebaran virus yang begitu mengerikan dan dampak yang timbul akibatnya membuat pemerintah mengeluarkan aturan-aturan yang dirasa sangat tidak menyenangkan bagi kita, salah satunya larangan beribadah di masjid dan berkumpul dalam satu majelis dengan jumlah orang yang cukup banyak. Tapi itu semua demi kebaikan dan juga demi berakhirnya musibah covid 19 ini.

Hampir 24 jam kita semua menghabiskan waktu di rumah, untungnya kita sekarang hidup di zaman serba digital. Terlebih kehadiran Internet membuat kita memiliki kehidupan lain di luar kehidupan nyata, atau sering dibilang kita saat ini berada di dunia maya, yang membuat kita bisa saling terhubung satu sama lain, komunikasi menjadi lebih mudah, dan sumber informasi sangat begitu banyak bahkan tak terhitung jumlahnya.

Dunia internet yang dikemas sedemikian rupa melalui berbagai macam media informasi, membuat kita harus pandai dan cerdas memilih keberadaan kita di dunia maya. Social Media, Social messaging, Social Networking menghadirkan banyak pilihan yang membuat kita terkadang bingung juga saking banyaknya pilihan. Sebut saja Instagram atau Youtube, dari konten paling negative sampe konten sangat positif ada disana, Group-group diskusi baik di WA, Telegram ataupun Forum juga luar biasa banyak, bahkan kebiasaan kita “mantengin” feed di twitter dan facebook kadang membuat kita hanyut dalam buih keberagaman nilai konten yang beragam.

Kembali ke pembahasan utama, Ramadhan kali ini sudah berbeda, yang biasanya kita bisa Sholat berjamaah di masjid untuk Sholat Fardu dan sholat Sunnah lainnya, seperti tarawih sekarang sudah tidak bisa, kebiasaan kita ikut kajian dan ta’lim di masjid-masjid pun sudah dipastikan tidak bisa, belum lagi acara-acara yang sifatnya meningkatkan keilmuan dan keimanan kita secara offline sudah sulit dilakukan. Akhirnya Pilihan cuma satu, bagaimana memaksimalkan aktivitas Online kita untuk tetap bermanfaat dan memberikan nilai tambah bagi ilmu dan wawasan kita dalam agama, sehingga tetap tercatat sebagai amalan baik di mata Allah.

Berikut ini penulis coba berikan tips dan langkah bagaimana memaksimalkan kegiatan di internet selama Ramadhan : 

 

1. Menghapus aplikasi-aplikasi tidak berguna di Handphone kita dan Instal Aplikasi Islami

Langkah pertama, coba Anda cek kembali aplikasi di handphone Anda, pastikan tidak terinstall aplikasi-aplikasi yang tidak berguna, bahkan cenderung memiliki konten negative yang bertentangan dengan syariat. Misal Aplikasi yang memiliki konten foto / video, ataupun konten yang bisa melalaikan waktu Anda.

Segera masuk ke menu Setting, lalu pilih Application dan hapus semua aplikasi yang tidak berguna. Bahkan jika dperlukan Anda hapus dulu Aplikasi Social Media Anda yang dirasa sudah tidak aktif dan memberikan efek negative sehingga Anda tidak bisa lepas dari pandangan yang di haramkan, atau berita informasi yang bersifat ghibah.

Setelahnya kita ganti dengan aplikasi islami positif yang mendukung ibadah kita seperti aplikasi Quran, Aplikasi Hadits dan Aplikasi Islami Lainnya, berikut rekomendasi aplikasi islami:

 

 

 

 

 

2. Ketahui alamat website yang memuat informasi ilmu islam secara lengkap dan terpercaya

Sepengatahuan penulis, ada ribuan lebih website berkonten islami yang tersebar di internet, khususnya yang berbahasa Indonesia. Namun tidak banyak diantara website tersebut yang benar-benar menyediakan konten yang bisa dipercaya, namun jangan khawatir ternyata masih banyak website terpercaya yang diasuh langsung oleh ustadz-ustadz yang diyakini sisi keilmuan nya, diantara website nya:

atau mungkin Anda bisa mencoba mencari di Google dengan mengetikan kata kunci yang sesuai dengan pemahaman mahzab Anda, biasanya website yang baik dan terpercaya akan sangat detail menginformasikan sumber bacaan mereka, dan juga tersaji dengan dalil yang lengkap baik dalil dalam Bahasa arab maupun artinya. Pastikan juga artikel yang Anda baca memilik footnote yang lengkap mengenai sumber penulis menyadur konten nya.

Dan juga bisa Anda men download ebook islami untuk bahan bacaan Anda.

 

3.Akses Konten Audio dan Video untuk mendengarkan Kajian islami.

Youtube menjadi tempat paling mudah menemukan Video-video kajian bertema islami, banyak sekali sajian ustadz terkenal dan terpercaya yang bisa kita temukan di Youtube, silakan akses aplikasi youtube, ketikan kata kunci berdasarkan ilmu yang ingin Anda fahami. Atau jika Anda sudah mengetahui nama ustadz farvorite Anda, silakan cara langsung dengan mengetikan nama nya.

Anda bisa mengetikan kata kunci ini sebagai referensi “Kajian Sunnah”, “Kajian ilmiyyah sesuai Sunnah”, atau kata kunci berdasarkan materi yang ingin Anda dengarkan seperti “Tafsir Al Fatihah Ibnu Katsir”.

Selain konten video, Anda bisa juga mencoba mendengarkan dalam bentuk Audio, sehingga Anda bisa sambil melakukan aktivitas lain yang tentunya tidak menganggu kekhusyuan Anda mendengarkan kajian nya, bisa coba akses : https://www.audiokajian.com website ini menyediakan banyak audio kajian dengan pilihan tema yang luar biasa banyak. Sehinga Anda akan disajikan ratusan materi kajian yang luar biasa bermanfaat. Selain itu Anda akan mudah mendownload audio kajiannya, sebagai solusi jika Anda ingin mendengarkan tanpa koneksi internet.

 

4. Manjakan pendengaran Anda dengan murotal al-quran yang indah

Di bulan Ramadhan ini saatnya Anda mengurangi pendengaran yang kurang berguna, seperti lantunan musik yang sangat tidak berfaidah. Ada baiknya Anda mengganti dengan mendengarkan lantunan ayat suci al-quran dalam bentuk murrotal indah yang dilanutkan oleh para Hafidz di seluruh dunia, dan saya yakin Anda pasti punya Syeikh Favorite yang ingin Anda dengarkan setiap saat.

Manfaat dari mendengarkan murotal quran ini, selain berpahala juga membantu Anda memperkuat hafalan quran Anda, atau Anda juga memaksimalkan waktu senggang Anda dari pada tidur dan bengong.

Selain via Youtube, banyak sekali website nya menyediakan audio murrotal dari berbagai imam atau syaikh, berikut penulis berikan rekomendasi nya :

Via Website :

 

Via Aplikasi :

 

5. Ikut dan bergabung dengan Group-Group Kajian via WA atau Telegram

Banyak ustadz-ustadz membuka group kajian baik di Group Whatsapp maupun Group Telegram, Anda tinggal bergabung di group tersebut dan dapatkan update materi secara rutin langsung ke WA ataupun Telegram Anda.

Caranya Anda coba ikuti social media Ustadz favorite Anda dan lalu temukan link group yang mereka sediakan, dan coba bergabunglah.

Berikut beberapa link Group yang bisa juga Anda ikuti :

 

6.Temukan Konten Islami via Pinterest

Pinterest adalah salah satu sumber informasi yang positif menurut penulis jika kita bisa menggunakannya secara efektif, Pinterst adalah salah satu social media berbasis virtual Pinboard, berisi gambar dan video yang akan mengarahkan Anda ke sumber konten yang ingin Anda Baca.

Semua pengguna pinterest yang beragam islam sangat banyak yang berbagi konten melalui pinterest, kita bisa mencari poster islami, gambar dan foto islami, quotes-quotes islami bahkan kaligrafi dan banyak konten islami lainnya. Seru sekali kalo sudah Anda bermain pinterest. Seakan tidak ada habisnya materi yang bisa kita dapatkan.

Silakan akses via website maupun aplikasi di Android juga iphone.

 

7.Seringlah berbagi faidah dan informasi bermanfaat melalui channel Social media Anda.

Hal lain yang menurut penulis sangat perlu dilakukan adalah berbagi. Ya Anda berbagi konten positif kepada keluarga, teman maupun kerabat Anda baik melalui social media, Social messaging seperti broadcast WA, telegram denganc cara memposting konten-konten islami yang Anda temukan, pasanglah secara rutin status via IG Story maupun feed di facebook juga twitter Anda, teruslah berbagi sehingga Anda secara langsung akan mendapatkan pahala dari apa yang Anda sebarkan. 

Bukankah kita ketahui bersama, bahwa barangsiapa yang memberikan contoh kebaikan, lalu orang lain mengikuti nya, maka kita akan mendapatkan pahala dari apa yang orang lain lakukan karena mencontoh Anda. 

Seperti dalam hadits :

  

Dari Abu Mas’ud Radhiyallahu anhu berkata, “Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, maka ia mendapatkan pahala seperti pahala orang yang melakukannya.” [HR. Muslim].

 

8.Bacakan Konten Positif di dekat keluarga Anda, dan bahaslah bersama.

Hal ini sangat menarik, ketika salah satu diantara anggota keluarga menemukan satu konten islami yang positif lalu membacakannya secara lantang dan didengar anggota keluarga lain seketika itu terjadi pemabahasan bersama, ini masya Allah luar biasa suasana nya.

Sang anak bertanya tentang kisah nabi dan lalu di jelaskan oleh sang ayah, begitupun sang ibu menemukan Sunnah dalam hal makanan dan lalu di sampaikan kepada suami dan anakanya, akan terus terjadi kebaikan dari suasan Ramadhan di rumah Anda jika hal ini dapat Anda lakukan secara rutin.

Itulah langkah dan tips memaksimalkan ibadah Ramadhan di rumah Anda dengan berbagai kegiatan yang bisa Anda maksimalkan melalui media internet. Dan tentu banyak hal positif lainnya yang tidak dapat penulis sampaikan di artikel ini. Mohon di share jika artikel ini dirasa bermanfaat.

Barokallahufiikum..

Ihsanfirdaus.com - 5 Ramadhan 1441 H.

 

About The Author

Muhammad Ihsan Firdaus 20
Novice

Muhammad Ihsan Firdaus

Muhammad Ihsan Firdaus, CEO dari 4visionmedia.com dan Paseban.com. Berkiprah lebih dari 10 tahun di industri IT, khususnya bidang software & web development, juga menjadi pembicara khusus tentang penggunaan internet dan teknologi informasi.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel