Samsung Galaxy J1 Ace Hadir Membawa Sejumlah Upgrade

19 Oct 2015 16:00 3623 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Varian terbaru Samsung Galaxy J1 Ace. 

Samsung Galaxy J1 merupakan smartphone murah, yang cukup laris manis di pasar lokal. Kalangan entry level memilih perangkat yang rilis pada awal tahun 2015 ini, karena melihat nama besar Samsung di dalamnya.

Menyusul kesuksesan perangkat tersebut, Samsung kembali merilis perangkat barunya. Smartphone ini adalah Galaxy J1 Ace, yang juga menyasar kalangan bawah. Galaxy J1 Ace merupakan varian upgrade dari Galaxy J1 yang rilis tahun lalu. Seperti apa perangkat ini?

 

Desain

Sebagai suksesor, Samsung Galaxy J1 Ace tentu memiliki sejumlah peningkatan dan perbaikan. Akan tetapi, perangkat ini memiliki rupa yang nyaris sama dengan pendahulunya, melalui balutan casing plastik dengan finishing glossy.

Tersedia dalam 3 varian warna putih, hitam dan biru, Galaxy J1 Ace diklaim memiliki desain yang kompak dan nyaman digenggam, melalui dimensi bodi sebesar 130.1 x 67.6 x 9.5 mm dan bobot seberat 131 gram.

Secara keseluruhan, perangkat ini sangat mencirikan smartphone Android buatan Samsung lainnya. Namun yang berbeda, Galaxy J1 Ace dipercantik dengan pinggiran transparan yang layaknya material kaca.

 

Layar

Selain desain yang sama, luas layar pada Galaxy J1 Ace pun masih sama dengan versi terdahulunya, yaitu 4.3 inch. Begitu pula dengan resolusi layarnya yang sama, yaitu 480 x 800 (WVGA).

Akan tetapi, perangkat ini telah mendapatkan upgrade melalui adanya teknologi Super AMOLED. Dengan mengadopsi panel tersebut, maka tampilan layar pada J1 Ace dinilai jauh lebih jernih dan tajam.

 

Hardware

Sektor performa pada Galaxy J1 Ace hadir dengan peningkatan yang jauh lebih baik. Sebagai informasi, varian pertama Galaxy J1 hanya dilengkapi prosesor Dual Core 1.2 GHz Cortex A7 dari Spreadtrum, RAM 512 MB dan GPU Mali-400.

Sedangkan pada varian baru ini kini dismartkan dukungan prosesor sekelas Quad Core berkecepatan 1.2 GHz Cortex-A53 ARMv8 dari Marvell PXA1908 yang tentunya menghasilkan kinerja lebih baik.

Kemudian, perangkat ini pun kini dilengkapi dengan RAM berukuran 768 MB yang jauh lebih handal dalam menunjang multitasking dan prosesor terbaru ini dipadukan dengan GPU dari Vivante GC7000UL.

Untuk OS yang dijalankannya masih sama dengan pendahulunya, yaitu Android 4.4 KitKat. Kemudian, internal storage pun memiliki kapasitas yang sama, yakni 4 GB. Memori ini dapat Anda ekspansi melalui slot microSD yang tersedia.

 

Kamera

Galaxy J1 Ace merupakan smartphone termurah yang dikeluarkan Samsung. Meskipun demikian, sektor kamera pada perangkat ini tidak dilupakan, mengingat kamera menjadi salah satu kebutuhan utama para penggunannya.

Di bagian belakang, Anda dapat menemukan dan memanfaatkan kamera 5 MP yang turut dilengkapi LED flash, aperture f/2.2 dan autofocus. Selain dapat dipakai untuk memotret, pengguna pun dapat memakainya untuk merekam video beresolusi HD 720p.

Sementara di sisi depan terdapat kamera dengan sensor sebesar 2 MP. Kamera ini tentu saja dapat Anda gunakan untuk berfoto selfie ataupun menjalankan panggilan video atau video call.

 

Konektivitas dan Baterai

Disamping peningkatan sektor hardware, Galaxy J1 Ace pun kini hadir dengan peningkatan jaringan, dimana perangkat ini dapat dijalankan pada jaringan GSM850, GSM 900, 1800, 1900, HSDPA 2100, 850, 900 dan FDD LTE.

Dengan adanya teknologi 4G LTE ini, tentu saja Galaxy J1 Ace dapat menunjang kebutuhan akses internet cepat penggunannya, mengingat hal ini tidak tersedia di dalam Galaxy J1 versi pertama.

Selain itu, ada pula dukungan fitur konektivitas pendukung yang dapat Anda gunakan, diantaranya adalah WiFi 802.11 b/g/n 2.4GHz¸Bluetooth versi 4.1 dan microUSB versi 2.0.

Untuk menopang semua kinerja yang dijalankan oleh penggunannya, perangkat ini pun dilengkapi baterai berkapasitas 1900 mAh, diklaim dapat bertahan 9 jam dalam waktu bicara.

 

Kesimpulan

Hadir dengan sejumlah peningkatan, tentu saja kinerja yang dihasilkan oleh Galaxy J1 Ace jauh lebih baik dibandingkan dengan varian terdahulunya.

Terlebih, perangkat ini pun hadir dengan dukungan konektivitas 4G LTE, membuatnya menjadi smartphone LTE paling murah yang ditawarkan Samsung.

Saat ini, Samsung Galaxy J1 Ace sudah tersedia di pasaran, dibandrol seharga Rp 1.5 jutaan. Apakah Anda tertarik? Via Samsung Indonesia

 

About The Author

Ardi 57
Expert

Ardi

a professional content writer.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel