5 Proyek Konstruksi Tergila Ini Pernah Diusulkan dan Dirancang!

19 Oct 2015 16:00 5890 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ide-ide proyek konstruksi tergila yang pernah diusulkan 

Menurut Anda, manakah hasil proyek konstruksi di dunia yang paling mencengangkan dan menakjubkan? Manusia memang merupakan mahkluk yang selalu kaya akan inovasi dan berbagai ide unik dan menarik yang bisa direalisasikan salah satunya dalam bentuk bangunan arsitektur.

Sudah banyak bangunan-bangunan menakjubkan yang bisa Anda lihat dan bahkan masuk ke dalamnya.

Bangunan yang awalnya hanya berada dala kertas berupa rancangan, sudah berdiri tegak dan siap menjadi fasilitas yang menunjang berbagai aktivitas manusia.

Tetapi, tahukah Anda bahwa ada sekitar 10 usulan dan rancangan proyek kontruksi bangunan yang tidak pernah terealisasikan?

Proyek-proyek konstruksi tersebut bisa dikatakan sebagai proyek konstruksi tergila yang pernah diusulkan dan dirancang. Berikut 5 dari 10 proyek konstruksi tergila yang pernah diusulkan dan dirancang pada masanya.

 

1. Shimizu Mega City Pyramid di Jepang

5 Proyek Konstruksi Tergila Ini Pernah Diusulkan dan Dirancang!

 

Mega-City Pryramid merupakan sebuah bangunan raksasa berbentuk piramida yang direncanakan akan menjadi bangunan mengambang di atas laut di area pelabuhan Tokyo.

Bangunan piramida raksasa yang memiliki tinggi 14 kali tinggi piramida di Giza ini, digadang-gadang mampu menampung sampai satu juta orang.

Akan tetapi, Mega-City Pyramid ini tidak sampai dibangun karena banyak alasan, salah satunya adalah belum tersedianya bahan yang mampu menahan berat beban piramida raksasa tersebut.

Lalu, jika salah satu penyangga tidak bisa terpasang atau berfungsi dengan baik, maka piramida bisa tenggelam ke laut dan akan banyak orang yang ikut terjatuh ke laut.

 

2. The Manhattan Dome di Amerika

5 Proyek Konstruksi Tergila Ini Pernah Diusulkan dan Dirancang!

 

Mahattan Dome merupaka salah satu usulan berupa kubah yang akan menutupi sebagian besar dari wilayah Manhattan yang akan mampu menyaring udara.

Bangunan-bangunan yang berada di dalam kubah tersebut tidak perlu lagi dipanaskan pada musim dingin atau didinginkan pada musim panas.

Suhu udara di dalam kubah tersebut akan tetap konstan. Buckminster Fuller, seorang arsitek yang mengusulkan ide ini mengklaim bahwa dengan dibuatnya kubah tersebut, kota ditutupi oleh kubah akan bisa lebih menghemat biaya yang biasanya dikeluarkan untuk mesin pemanas, pendingin, dan alat pembersih salju.

Sebaliknya, biaya tersebut bisa digunakan untuk membayar biaya dari pembuatan kubah tersebut.

Akan tetapi, ide ini tidak pernah benr-benar direalisasikan dengan beberapa alasan seperti biaya pembangunan yang akan sangat besar dan keraguan apakah kubah yang melindungi kota tersebut akan benar-benar bisa bekerja dengan baik.

 

3. Freedom Ship

5 Proyek Konstruksi Tergila Ini Pernah Diusulkan dan Dirancang!

Freedom Ship merupakan sebuah ide konstruksi yang muncul pada tahun 90-an. Freedom Ship merupakan sebuah ide proyek kapal raksasa dengan konsep kota mengambang yang akan bisa mengelilingi dunia.

Dengan tinggi kapal mencapai 1371 meter ini, Freedom Ship akan memiliki perekonomiannya sendiri seperti tersedianya fasilitas pendidikan, area perbelanjaan, pekerjaan, dan masih banyak lagi.

Bagian atas dari Freedom Ship ini adalah bandara yang akan menjadi sarana transportasi bagi penduduk yang ingin pergi ke kota-kota di daratan.

Akan tetapi, tidak terealisasinya ide ini berhubungan dengan banyak faktor di antaranya sulitnya untuk bisa meyakinkan sampai 50.000 orang untuk bersedia tinggal di kapal tersebut dan biaya yang harus dikeluarkan untuk pembangunan kapal yang sangat tinggi.

 

4. Plan Voisin di Prancis

5 Proyek Konstruksi Tergila Ini Pernah Diusulkan dan Dirancang!Gambar via: glenwalls.files.wordpress.com

Salah satu ide proyek konstruksi tergila lainnya yang pernah ada di dunia adalah tepatnya di Paris, yaitu Plan Voisin yang dicetuskan oleh seorang arsitek bernama Le Corbusier.

Ide ini muncul pada tahun 1920-an, Le Corbusier ingin merombak ulang Paris menjadi sebuah tempat yang berbeda.

Paris akan diratakan dan kemudian dibangun 18 menara kaca yang besar. Menara-menara tersebut akan dihubungkan denganbeberapa stasiun bawah tanah, di sekelilingnya akan dibangun taman-taman kota yang luas, dan berbagai kawasan bisnis sepanjang Paris.

Pada masanya, pembongkaran Paris sendiri akan berdampak tidak baik dan tentunya akan sulit membayangkan (jika ide ini benar-benar dijalankan) bahwa Paris yang selama ini dikenal ternyata tidak ada.

 

5. Paris Road Tower

5 Proyek Konstruksi Tergila Ini Pernah Diusulkan dan Dirancang!

Paris pada tahun 1937 hampir menjadi tuan rumah dari sebuah menara spiral yang memiliki tinggi 700 meter.

Menara ini menjadi sebuah tempat yang bisa dilalui oleh mobil-mobil yang akan terus naik menuju hotel dan restoran yang berada di atas menara dengan melalui jalanan spiral. Garasi mobil yang bisa menampung sampai 400 mobil ini berada di bawah restoran, dan restoran berada di bawah hotel.

Sistem monorel juga akan diterapkan untuk mengendalikan dan mengontrol laju dari mobil-mobil yang melewati jalanan spiral menara tersebut. Akan tetapi, usul pembangunan menara ini tidak pernah direalisasikan.

Berbagai ide proyek konstruksi tergila yang pernah diusulkan di atas adalah sebagian dari ide-ide konstruksi gila lainnya. Pernahkah Anda bayangkan jika proyek-proyek konstruksi tersebut benar-benar dilaksanakan?

Tags Teknologi

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel