Tips Menyelamatkan Flasdisk yang Terkena Air

29 Sep 2015 07:06 2870 Hits 0 Comments
Tips agar flasdisk tetap menyala setelah kena air 

Ada tips menarik buat kamu nih yang secara kebetulan memiliki masalah dengan flashdisk yang terkena air. Untuk kamu yang mengalami hal ini, kamu pastinya kesal. 

Tapi tenang, kamu tidak perlu kesal berlama-lama. Kamu bisa menyelatmatkan flasdisk yang terkena air dengan mengikuti penjelasanberikut ini.

Sebelum membahas tentang menyelamatkan flasdisk yang terkena air, mari sejenak berpikir mengapa flasdisk harus diselamatkan? Tentu bukan soal barangnya tetapi  data penting  didalamnya. 

Lain soal bila data di dalam flasdisk tersebut tidak ada yang begitu penting atau data tersebut sudah ada salinannya, maka kamu tidak perlu repot menyelamatkan flasdisk yang terkena air. 

Yah meskipun hal ini agak menyebalkan karena kamu perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli flasdisk.

Nah, buat kamu yang flasdisk-nya terendam air dan didalamnya ada data penting, maka kamu mesti mencoba tips berikut. Tips ini juga berlaku buat kamu yang mengalami hal serupa tetapi tidak ada masalah dengan data melainkan dengan harga. 

Nah, mari simak yu, tips agar flasdidk yang tadinya terendam air bisa berjalan kembali atau setidaknya datanya bisa diselamatkan sebelum datanya benar-benar rusak. Berikut tips agar flasdisk yang terkena air bisa berjalan normal kembali.

1. Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat tahu bahwa flasdisk terkena air adalah tetap santai dan tenang. Jangan panik, toh dunia tidak akan kiamat besok hanya karena flashdisk tercuci.

2. Selamatkanlah flasdisk tersebut dengan menjemurnya atau mengeringkannya. Jangan langsung dihubungkan ke komputer! 

Flasdisk dalam kondisi basah berpotensi besar rusak total jika langsung dihubungkan dengan perangkat lain yang memiliki arus listrik.

 Cobalah keringkan di bawah sinar matahari atau paling tidak keringkan dengan lampu. Tidak perlu menunggu lama, umumnya flasdisk akan kering setelah tiga jam dikeringkan dengan lampu.

3. Setelah dirasa cukup kering, maka langkah selanutnya adalah dengan cara mengetesnya di komputer. Sebelum itu pastikan terlebih dahulu bahwa flasdisk kamu benar-benar dalam keadaan kering. 

Jika sudah yakin, teslah flasdisk tersebut. Apabila kembali normal, maka salinlah data penting yang ada di flasdisk. Langkah ini dilakukan sebagai antisipasi apabila flasdisk tiba-tiba menjadi rusak.

Demikianlah langkah yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan flasdisk. Perlu diingat bahwa langkah ini bisa kamu lakukan apabila memang datang yang ada di flasdisk kamu benar-benar penting. 

Apabila memang data tidak terlalu penting, langkah ini tidak perlu kamu lakukan. Kamu bisa membeli flasdisk yang baru. Tapi bila kamu masih ingin memakai flasdisk lamamu, maka gunakanlah langkah di atas. Selamat mencoba yah!

About The Author

Graha 54
Expert

Graha

akun alternatif Hilman Graha @HilmanMN Blogger, Techno Writer, social media enthusiast, hilman.my.id jinggaprasetya.wordpress.com

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel