Rahasia Kesuksesan Penjualan Flash Sale

28 Sep 2015 08:47 2864 Hits 1 Comments
Trik penjualan dengan teknik Flash Sale.

Seiring dengan kemajuan teknologi, terutama di sektor akses internet, metode berjualan barang pun kini semakin mengikuti perkembangan jaman. Flash sale, merupakan suatu teknik penjualan, yang mungkin bisa dikatakan baru di era internet mobile seperti saat ini.

Metode penjualan flash sale sudah diterapkan oleh berbagai toko on line di Indonesia, maupun di negara lain, dan terbukti, dengan penjualan model flash sale ini, barang yang dijual sangat laris manis dalam hitungan menit.

Era kemudahan koneksi internet memang menjadi sarana yang harus ada, sebagai prasyarat kesuksesan penjualan flash sale, hal ini dikarenakan, dalam waktu yang sudah ditentukan, para pemburu barang belian harus memesan dalam tempo singkat melalui koneksi internet.

Dalam melakukan penjualan flash sale, sebelumnya harus dibangun ekslusivitas dari barang yang akan dijual. Barang tersebut memang bernilai tinggi, dan jalur distribusi untuk mendapatkan barang tersebut memang terbatas. Ini biasanya diterapkan dengan barang seperti smartphone. Smartphone yang akan dijual biasanya sudah dipromosikan melalui media, seperti spesifikasi, keunggulan, dan tentunya adalah faktor harga.

Harga jual lebih rendah, melalui penjualan on line flash sale, juga merupakan suatu nilai lebih tersendiri. Ketika sebuah barang, seperti smartphone dijual dengan harga lebih rendah, dan hanya bisa didapatkan di toko on line tertentu, maka orang akan berburu di toko tersebut.

Yang tidak kalah penting adalah faktor ketepatan pengiriman barang, tentunya ini berkaitan dengan kepercayaan konsumen. Toko on line memang membutuhkan kepercayaan pelanggan dalam kelangsungan bisnisnya, berbeda dengan toko fisik, meskipun sama-sama membutuhkan kepercayaan, toko on line dituntut lebih dalam menjaga kepercayaan konsumennya. Hal ini mungkin terkait para pembeli tidak berhadapan secara fisik di tempat tertentu.

Dari beberapa aspek diatas, tentunya satu sama lain saling berkaitan. Namun, yang paling ditekankan adalah bagaimana cara membangun opini publik terkait ekslusivitas suatu produk. Opini konsumen harus dibangun sedemikian rupa, agar tercipta di dalam benaknya, bahwa produk tersebut sangat ekslusif, dan tidak bisa didapatkan di tempat lain. Disini, strategi promosi awal sebelumnya memang memegang peranan penting. Vendor harus bekerja keras mempromosikan barang tersebut.

Flash sale, memang cenderung memancing psikologis pembeli untuk memburu suatu barang. Metode ini sebenarnya tidak hanya bisa diterapkan di toko on line, namun melalui off line pun bisa, seperti di mall-mall pun atau tempat keramaian yang lain pun bisa dilakukan. Yang paling penting dari penjualan flash sale, adalah memainkan sisi psikologis dari pembeli.

(foto: http://pursepartypeeps.com/2014/12/2014-flash-sale/)

Tags

About The Author

wan 66
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel