Kelebihan Optical Image Stabilization di Kamera Smartphone

9 Sep 2015 11:50 18617 Hits 0 Comments
Kelebihan fitur Optical Image Stabilisation.

Saat ini kamera smartphone boleh dibilang mengalami kemajuan sangat pesat sekali, dengan berbagai inovasi yang telah dilakukan, Kamera Smartphone bahkan memiliki gambar yang sanggup mengalahkan kamera digital/ pocket kamera yang sempat booming beberapa waktu lalu.

Salah satu inovasi yang telah dilakukan di bidang kamera smartphone adalah adanya fitur OIS, atau Optical Image Stabilisation. Beberapa smartphone seri high end sudah menerapkan fitur ini pada smartphone andalannya, seperti seri Lumia, LG, Iphone 6, Samsung. Bagaimana cara kerja dari fitur OIS ini, mari kita eksplore sedikit bagaimana cara kerja dan kelebihannya.

Dikutip dari Wikipedia, Optical Image Stabilization adalah mekanisme yang digunakan dalam kamera atau video kamera masih yang menstabilkan gambar yang direkam dengan memvariasikan jalur optik ke sensor.

Yang menjadi kunci dari implementasi OIS adalah, merekayasa sisi hardware, yaitu di bagian sensor yang merupakan bagian terakhir dari kamera sebelum merubah objek yang di foto sebelum menjadi file digital.

Kelebihan Optical Image Stabilization di Kamera Smartphone

(ilustrasi optical Image Stabilisation)

Pada gambar pertama (dari kiri), pengambilan gambar dilakukan tanpa gerakan tangan, gambar tetap kelihatan bagus tanpa blur hal ini dikarenakan tangan tidak bergerak ketika kita mengambil gambar.

Gambar tengah menunjukkan pengambilan gambar tanpa fitur OIS, hal ini akan menyebabkan objek gambar berubah titik fokusnya, ilustrasi gambar menunjukkan titik fokus gambar menjadi ke ujung objek. Gambar yang diambil di tengah memungkinkan hasil gambar blur atau buram.

Pada gambar paling kanan, kamera ini dilengkapi dengan fitur OIS, meskipun tangan bergerak, objek yang kita ambil gambarnya tetap fokus di satu titik. Hal ini disebabkan sensor kamera, sudah di desain sedemikian rupa agar tetap fokus meskipun tangan kita goyang atau bergerak.

Jadi, fitur OIS ini bekerja lebih di sisi modifikasi hardware, dalam hal ini adalah sensor kamera bisa fleksibel, tidak mengikuti getaran tangan kita yang terkadang goyang saat kita mengambil gambar.

LG mencoba menerangkan deskripsi penjelasan fitur OIS kamera yang memanfaatkan kepala ayam. Ketika kita menggerakkan kepala ayam, posisi kepala ayam tetap statis. Berikut video dari LG saat mempromosikan LG G2:

(Mohon maaf kepada pembaca, up load gambar tampaknya sedang bermasalah, jadi gambar belum bisa saya munculkan. Akan saya up date segera apabila gambar sudah bisa di upload lagi)

Tags Kamera

About The Author

wan 67
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel