5 Layanan Ojek Online yang Tren di Indonesia

2 Sep 2015 15:00 19924 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Fenomena ojek online menjadi solusi pemecah kemacetan.

Bisnis ojek kini sudah bisa dijangkau dengan internet juga. Ya, Anda tentu sudah mendengar berita tentang kesuksesan salah satu bisnis ojek online yang bisa dipesan melalui sebuah aplikasi pada smartphone.

Saya pernah melihat berita di televisi tentang salah satu perusahaan ojek online yang membuka lowongan untuk driver ojek dan peminatnya sangat banyak.

Menurut saya, adanya bisnis ojek secara online ini sangat membantu terutama di jam-jam macet dan dalam keadaan yang terburu-buru. Selain faktor biaya yang sudah memiliki harga pasti, sang penumpang juga dibekali dengan helm dan masker untuk melindungi kepala dan menangkal polusi udara.

Selain itu, sudah muncul juga ojek syariah dengan driver perempuan dan khusus untuk melayani pelanggan perempuan. Untuk perempuan seperti saya, hal ini tentu sangat bermanfaat.

Sekarang sudah terdapat 5 jenis bisnis ojek yang tengah menjadi perbincangan dan banyak diminati oleh mereka yang ingin menjadi driver ojek di sana. Berikut uraian 5 bisnis ojek yang sedang populer dan digemari di masyarakat.

 

1. GO-JEK

5 Tren Bisnis Ojek yang Sedang Melejit di Indonesia

Salah satu perusahaan jasa ojek yang paling terkenal saat ini, GO-JEK. Mengapa saja mengatakan seperti itu? Hal tersebut karena sudah beberapa kali di berbagai stasiun televisi yang berbeda, bahkan di media cetak dan online, berita tentang GO-JEK terus bermunculan.

Ya, GO-JEK menjadi salah satu moda transportasi umum ojek yang menggunakan sistem pelayanan secara online.

Aplikasi GO-JEK sendiri bisa diunduh di App Store dan Play Store. Jangkauan layanannya meliputi wilayah Jabodetabek, Bali, Bandung, dan Surabaya. Ciri khas dari GO-JEK ini adalah warna hijau pada helm dan jaketnya yang seragam.

Sebagai pelanggan, Anda yang memesan GO-JEK juga akan diberikan helm selama perjalanan menuju tempat tujuan, masker, dan penutup rambut gratis.

GO-JEK sendiri tidak hanya menyediakan layanan ojek seperti biasanya, tetapi juga layanan lainnya yang bisa mempermudah aktivitas keseharian dan menghemat waktu.

Beberapa layanan dari GO-JEK adalah layanan antar barang (Instant Courier), layanan pemesanan makanan denga jasa GO-JEK (GO-FOOD), dan layanan belanja (Shopping).

Menurut saya, salah satu perusahaan ojek yang memanfaatkan kecanggihan dan kemajuan teknologi di bidang internet dan komunikasi ini telah berhasil membangun sebuah kebiasaan baru dalam bertransportasi.

Selain itu, memudahkan Anda juga yang mungkin sedang malas membeli makanna atau belanja sendiri, jadi bisa menggunakan jasa GO-JEK yang akan membeli dan mengantarkan langsung ke rumah.

 

2. GrabBike

5 Tren Bisnis Ojek yang Sedang Melejit di Indonesia

Salah satu kompetitor dari GO-JEK ini merupakan salah satu fitur yang terdapat dalam aplikasi GrabTaxi yang dimiliki oleh perusahaan Malaysia. GrabTaxi sendiri beroperasi di beberapa negara seperti Malaysia, Indonesia, Singapura, Vietnam, Thailand, dan Filipina.

Salah satu kemiripan dari GrabBike dengan GO-JEK adalah warna helm dan jaket yang sama-sama hijau. GrabBike juga membuka lowongan untuk driver secara besar-besaran.

GrabBike bisa menjadi salah satu moda transportasi roda dua yang bisa membantu Anda untuk menerobos kemacetan di jam-jam padar.

Dalam aplikasi GrabTaxi sendiri, tidak hanya tersedia taxi dan layanna ojek, tetapi tersedia layanan lainnya juga. Beberapa layanan lain yang ada dalam aplikasi ini di antaranya GrabCar dan GrabExpress.

 

3. Ojek Syar’i

5 Tren Bisnis Ojek yang Sedang Melejit

Gambar via: liputan6.com

Walau sama-sama ojek, tetapi Ojek Syar’i ini memiliki perbedaan yang mencolok dengan dua jenis perusahaan bisnis ojek sebelumnya. Ya, Ojek Syar’i merupakan jenis ojek yang khusus melayani pelanggan perempuan dan drivernya pun adalah perempuan yang memakai hijab.

Ojek Syar’i ini merupakan jenis transportasi ramah penumpang perempuan yang dicetuskan oleh Evilita Adriani dan Reza Zamir di Surabaya. Menurut saya, hadirnya Ojek Syar’i ini sangat menguntungkan penumpang perempuan yang ingin merasa lebih nyaman dan aman.

Ojek Syar’i saat ini bisa dipesan melalui media sosial, SMS, telepon, BBM, dan WhatsApp. Akan tetapi berdasarkan beberapa informasi, Ojek Syar’i ini juga akan hadir dalam bentuk aplikasi seperti halnya GO-JEK dan Grab Bike. Hal ini tentunya menjadi sebuah kabar yang baik sekaligus akan lebih memudahkan pelanggannya.

 

4. Bang Ojek Aja

5 Tren Bisnis Ojek yang Sedang Melejit di Indonesia

Bang Ojek Aja menjadi salah satu bentuk ojek online yang beroperasi di wilayah Bandung. Bang Ojek Aja memiliki beberapa layanan yang hampir sama dengan GO-JEK dan Grab Bike, yaitu tidak hanya sekadar menjadi moda transportasi umum berupa ojek saja.

Bang Ojek Aja juga melayani pemesanan sopir harian, kurir cepat, dan layanan penitipan belanja untuk area Bandung, Cimahi, dan Padalarang.

Bang Ojek Aja belum ada dalam bentuk aplikasi jadi pemesanannya bisa menggunakan BBM, email, SMS, dan WhatsApp.

Walau belum menggunakan aplikasi untuk smartphone, tetapi layanan Bang Ojek Aja ini tentunya sangat membantu para penumpang yang butuh cepat sampai ke tujuan dan keperluan lainnya. Untuk Anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang Bang Ojek Aja bisa mengunjungi situsnya di ojekaja.com.

 

5. Blu Jek

5 Tren Bisnis Ojek yang Sedang Melejit di Indonesia

gambar via techno.id

 

Blu Jek akan menjadi salah satu perusahaan ojek online yang siap meramaikan geliat transportasi ojek onlinedi wilayah Jakarta dan sekitarnya. Blu Jek sudah membuka pendaftaran gelombang pertama untuk para driver dan sudah ada 3000 pelamar.

Aplikasi dari Blu Jek sendiri baru akan rilis pada pertengahan bulan September ini. Blu Jek didirikan sebagai solusi untuk mengatasi kemacetan yang sering terjadi di ibu kota dan membantu untuk mengurangi jumlah pengangguran di sana.

Beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh Blu Jek pada para drivernya di antaranya akan mendapatkan minimal order setiap harinya, gaji yang cukup besar, mendapat e-Money dan akun Mandiri, serta mendapatkan asuransi BPJS.

Saya pribadi termasuk yang gembira dengan hadirnya bisnis-bisnis ojek online ini. Salah satu keuntungan yang bisa saya dapatkan adalah rasa aman karena kita bisa menaiki ojek yang sudah jelas berada dalam naungan sebuah perusahaan dan cara pemesanannya mudah dengan harga yang pasti. Bagaimana menurut Anda? 

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel