Alasan Terminator Genesys Kurang Sukses di Pasaran

30 Aug 2015 08:03 3493 Hits 0 Comments
Film Terminator Genesys, kurang begitu sukses di pasaran. Alasannya?

Diluar dugaan, film terbaru Terminator 5: Genesys, tampaknya harus berjuang keras untuk menyamai kesuksesan pendahulunya, film ini belum bisa menggeser posisi Jurassic World yang memuncaki box office waktu tayang perdana beberapa waktu lalu.

Dari segi pendapatan, film ini juga terbilang masih kalah dengan pendahulunya yang lain. Film berbudget US$ 170 juta ini, tampaknya harus berjuang keras untuk meraih lebih banyak penonton.

Untuk sekedar kilas balik. Film Terminator pertama dibuat tahun 1984, dengan budget 6,4 juta dolar berhasil meraih pendapatan 78 juta dollar waktu itu. Kemudian, biaya produksi Terminator yang kedua melonjak menjadi 100 juta dolar, namun berhasil meraih pendapatan fantastis menjadi 519 juta dolar. Setelah kesuksesan Terminator kedua, sepuluh tahun kemudian dibuatlah Terminator ketiga (Rise Of Machine), dengan menelan biaya 187 juta dolar dan berhasil mengumpulkan pendapatan 433 juta dolar. Tiga film pertama Terminator meraih pendapatan yang lumayan dari hasil tayangnya, namun, dalam film Terminator keempat, dikabrakan Paramount Picture selaku distributor mengalami penghasilan diluar prediksi. Terminator keempat menelan biaya produksi 200 juta dolar dan hanya meraih pendapatan 371 juta dolar.

Bagi saya pribadi, film terbaik dari serial Terminator adalah seri kedua (The Judgment Day). Spesial efek dari film ini memang terhitung spektakuler di jaman tahun 90an. Dengan menghadirkan pertarungan manusia robot yang diperankan Arnold Schwarzeneger, melawan robot logam cair yang diperankan oleh Jason Patrick, membuat penonton di era itu merasa terkagum-kagum dengan spesial efek yang ditayangkan Terminator kedua.

Alasan Terminator Genesys Kurang Sukses di Pasaran

(Salah satu adegan film Terminator 2: The Judgment Day)

Melihat kegagalan Terminator Genesys di pasaran, mungkin ada beberapa kritisi film yang menjadi penyebab film tersebut kurang begitu diminati penonton.

Plot yang membingungkan

Film ini dibuka dengan pertarungan masa depan manusia melawan mesin dan kemudian dimenangkan oleh manusia, yang kala itu dipimpin oleh John Connor. Namun ternyata diketahui, Skynet (mesin yang menjadi lawan manusia) ternyata mengirimkan robot ke masa lalu untuk membunuh Sarah Connor, ibu dari John Connor. Mengetahui hal tersebut, akhirnya John Connor mengirim Kyle Reese ke masa lalu dengan misi melindungi Sarah Connor. Kembali lah film ini ke setting masa lalu tahu 80 an. Dengan kembali mengambil setting tahun 80 an, artinya kita kembali bernostalgia dengan film Terminator pertama. Namun di tahun 80 an, film ini banyak merubah apa yang sudah terjadi di film Terminator pertama.

Munculnya tokoh yang membingungkan

Dalam Terminator Genesys, robot T800 yang diperankan Arnold Schwarzeneger ternyata sudah muncul dan melatih tokoh Sarah Connor sejak tahun 1973, yang dikemudian hari akan berhadapan dengan robot-robot pembunuh dirinya. Kemunculan tokoh T800 kiriman Skynet yang memiliki misi untuk membunuh Sarah Connor diperankan juga oleh Arnold Schwarzeneger, terlibatlah disini pertarungan seru sesama robot T800 yang diperankan oleh satu orang Arnold Shcwarzeneger. Keanehan yang ada lagi adalah, munculnya tokoh T1000 (robot logam cair), yang ini seharusnya tidak muncul di tahun 80an, tapi seharusnya muncul di Terminator kedua tahun 1990 an.

Tokoh John Connor yang berubah menjadi jahat

Dari tahun 80an, kemudian mereka kembali ke masa depan, tepatnya sekitar tahun 2017. Disini ternyata kita peroleh, tokoh John Connor yang merupakan calon pimpinan masa depan pemimpin manusia perang melawan robot berubah menjadi jahat. Ini mungkin hal lain yang membingungkan dalam film Terminator terbaru.

Selain ketiga hal tersebut, sepertinya ada beberapa hal yang mengakibatkan Terminator Genesys gagal di pasaran, seperti kampanye marktetting yang kurang baik dan timing penayangan yang kurang tepat. Trailer film Terminator Genesys yang kedua, sudah memaparkan tokoh John Connor yang menjadi jahat, ini seharusnya menjadi kejutan bagi penonton.

Trailer pertama dan kedua Terminator Genesys bisa dilihat dibawah:

Untuk sekedar bernostalgia, berikut bisa dilihat trailer Terminator seri kedua (Judgement Day):

Kemudian waktu tayang Terminator Genesys juga dirasa kurang tepat, diluar dugaan, Film Jurassic World dan Film animasi Inside Out masih digandrungi oleh para penikmat film.

Kabarnya, sekuel Terminator Genesys akan dimulai lagi tahun 2017, namun melihat kurang suksesnya film Terminator Genesys saat ini, kelanjutan Terminator Genesys masih menjadi tanda tanya.

Tags

About The Author

wan 66
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel