Browser, Sejarah Tentang Penemuan dan Perkembangannya

27 Aug 2015 09:09 8679 Hits 0 Comments
Tim Berness-Lee, dikenal sebagai orang yang berjasa dalam pengembangan internet.

(Macam-macam browser yang lazim digunakan saat ini)

Bagi kita pengguna internet, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah browser, yang merupakan alat bagi kita untuk antar muka ketika terhubung dengan internet. Informasi yang ada internet, dapat kita akses dengan fasilitas browser ini, memang ada juga aplikasi yang saat ini bertebaran di internet yang memungkinkan kita mengakses informasi, namun peranan browser masih sangat penting bagi kita saat sedang mengakses informasi.

Dengan browser, aktivitas on line kita menjadi lebih interaktif, kita tidak hanya pengguna informasi saja, namun kita juga bisa menanggapi informasi yang ada di internet. Selain itu, dengan kekayaan fitur browser ini, kita bisa melakukan aktivitas belanja on line, blogging, dsb.

Browsing, yang merupakan istilah yang merujuk bagi kita saat mencari informasi yang ada di internet, melalui sebuah alat yang disebut web browser. Kecanggihan internet tidak lengkap jika tidak di sertai oleh perangkat yang digunakan untuk menjelajah informasi yang ada di internet tersebut.

Tim Berness-Lee, ini adalah orang inggris yang berjasa besar dalam pengembangan browser hingga sekarang ini. Dia adalah orang berkebangsaan inggris kelahiran tahun 1955. Awalnya dia ingin mengembangkan sebuah sistem yang memungkinkan untuk mengorganisasi, menghubungkan, dan menjelajah dunia maya yang ada dikomputer. Saat itu, Barness Lee menemukan sistem alamat website beserta tampilannya, ini sepertinya ditemukan di Swiss tahun 1991. Sejak tahun 1991 hingga 1993 Barness Lee berupaya keras agar halaman web tampil maksimal, dia meminta dukungan dari para pengguna internet lainnya.

Tim Berness-Lee juga menemukan hal-hal penting dalam membuat internet lebih optimal digunakan, seperti URL, penggunaan HTTP, dan pengodean HTML. Penemuannya ini membawa kemajuan besar dalam perkembangan web.

Tim Berness-Lee, menciptakan Browser internet pertama dengan nama WorldWideWeb (tanpa spasi), dikemudian hari, nama browser tersebut diubah menjadi Nexus. Browser hasil ciptaan Berness-Lee tersebut masih berbasiskan teks, karena saat itu, penggunaan grafis dalam pengoperasian komputer memang belum umum digunakan. Pada tahun 1993, Marc Andressen, berhasil melakukan inovasi dengan memperkenalkan Mosaic, browser pertama yang bekerja berbasiskan antar muka grafis. Dikemudian hari, nama mosaic berubah menjadi Netscape, yang merupakan cikal bakal browser populer era saat ini, yaitu Mozilla firefox.

Gambar dibawah menunjukkan web yang ditampilkan oleh browser Nexus:

Browser, Sejarah Tentang Penemuan dan Perkembangannya

Gambar dibawah menunjukkan web yang ditampilkan oleh browser Mosaic:

Browser, Sejarah Tentang Penemuan dan Perkembangannya

Tidak menunggu waktu lama, sekitar tahun 1995, Microsoft membundle browser internet pertamanya, yaitu Internet Explorer dalam sistem operasi populer miliknya Windows 95.

Berikut gambar tampilan awal Internet Explorer pertama:

Browser, Sejarah Tentang Penemuan dan Perkembangannya

Dalam tahun-tahun selanjutnya, bermunculan browser-browser lain yang semakin menambah pilihan pengguna internet dalam menjelajahi dunia maya, seperti Opera, Safari, Google Chrome. Saat ini, dengan hadirnya era internet mobile, hadir juga berbagai pilihan browser untuk perangkat mobile, seperti firefox mobile, chrome, safari, Opera, UC, Baidu, dan masih banyak lagi pilihan penggunaan browser yang lain. 

Tags

About The Author

wan 66
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel