Chromebook VS Laptop Windows

10 Aug 2015 17:00 4422 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sejauh apa Google dapat menyaingi Microsoft?

Chromebook mulai berkembang dari sebuah rasa penasaran hingga sekarang menjadi sebuah kekuatan yang patut dipertimbangkan.

Mengajak para penggunanya untuk mendapatkan pengalaman yang berbeda, Selain karena OS Google Chrome sangat mudah digunakan, OS ini tertanam di beberapa laptop yang harganya 2 juta-an.
 
Namun Microsoft tidak gentar.

Dengan keberadaan Windows 10, pengguna dapat mengambil keuntungan dari Windows generasi sebelumnya, seperti menu âStartâ yang sudah diimprovisasi, dan fitur baru lainnya seperti Cortana. Para Pengguna Windows 10 juga dapat mengupgrade ke Windows 10 dengan gratis.

Lalu platform mana yang lebih baik? Google Chrome OS atau Windows 10?

Berikut adalah ulasan tentang perbandingan antara keduanya.

Tampilan antarmuka

Windows 10 memiliki tampilan yang terintegrasi dan terlihat mulus. Namun, fitur Windows 10 yang terlalu banyak, menjadikan para pengguna pemula kerepotan dalam pengoperasiannya. Sedangkan pada Chrome OS, dengan menu âstartâ-nya yang sangat sederhana, OS ini tidak dapat menyaingi keanekaragaman fitur yang dimiliki Windows 10.

Lalu yang mana yang menjadi pilihan pengguna?

Sistem operasi Chrome memang kalah jika dibandingkan dengan Windows 10 dalam keanekaragaman fitur. Tapi, para pengguna pasti lebih memilih Chrome OS karena, walaupun sederhana, sistem operasi ini memiliki fitur-fitur favorit yang mayoritas digunakan oleh setiap orang dalam kesehariannya.

Cortana dan Google Now

Dilihat darimana pun, Cortana itu mirip dengan Google Now. Namun yang membedakan keduanya adalah Cortana yang memiliki kemampuan yang lebih tinggi di atas Google Now. Seperti kemampuannya untuk bercanda, membaca email, mencatat janji-janji penting, dan mencari file di dalam laptop Anda.

Aplikasi dan Software

Disini, Windows 10 lebih unggul Dibandingkan chrome OS. Alasannya, karena banyak program seperti Cyberlink PowerDirector yang tidak jalan pada OS Chrome.

Editing Foto dan Video

Pada Windows 10, terdapat banyak fitur yang tidak dimiliki Chrome OS untuk mengedit file multimedia Anda seperti Auto-enhance, Light manipulation (pengaturan cahaya), filters and effects (untuk memberikan foto anda tampilan yang berbeda).

Browser

Microsoft dengan Edge-nya dan Chrome OS dengan Google Chrome-nya.
Keduanya memiliki asisten suara yaitu Cortana dan Google Now. Namun yang menjadi kekurangan Edge sekaligus keunggulan Google Chrome adalah âekstensiâ.
Sementara ini Anda belum dapat menambahkan ekstensi pada browser Edge, sedangkan pada browser Chrome, anda dapat menambahkan ribuan ekstensi yang tersedia di Chrome Store.

Penyimpanan File

Microsoft memiliki OneDrive sebagai media penyimpanan cloud sedangkan Google memiliki GoogleDrive.
Yang membedakan keduanya adalah ketersediaan ruang penyimpanan pada perangkat. Tidak seperti Windows 10 yang ada pada laptop-laptop kelas tinggi dengan penyimpanan di atas 500GB, Chromebook hanya memiliki ruang penyimpanan pada perangkat sebesar 15GB saja.
Dari sini sudah jelas Windows 10 dari Microsoft lebih unggul dalam penyimpanan file.

Produktivitas

Windows 10 lebih cocok bagi mereka yang banyak bekerja di hadapan komputer. Alasannya, Windows 10 memiliki kompatibilitas yang tinggi dengan berbagai perangkat lunak atau aplikasi yang memang digunakan banyak orang

Gaming

Kebanyakan game-game dengan grafis yang menakjubkan umumnya membutuhkan spesifikasi perangkat komputer yang tinggi. Seperti VGA yang bagus, penyimpanan yang besar dan prosesor yang canggih.
Dan perangkat-perangkat komputer canggih sekarang, hanya memiliki OS Windows sebagai sistem operasinya.

Media Playback

Baik Microsoft dan Google tidak mendukung setiap tipe file yang ada. Tapi pada mesin dengan OS Windows, Anda memiliki pilihan untuk mengunduh âcodecsâ untuk memainkan file yang sebelumnya tidak dapat dijalankan.

Sedangkan pada google chrome, Anda hanya akan dapat memainkan file bertipe .3gp, .avi, .mov, .mp4, m4v, .mp3, .mkv, .ogv, .ogm, .ogg, .oga. .webm and .wav. Dengan kata lain pilihannya terbatas pada file-file tertentu saja.

Keamanan

Windows sudah terkenal menjadi target virus, malware, botnets, dan keylogger. Sehingga hal pertama yang sering dilakukan ketika pertama kali memiliki laptop adalah menginstall anti-virus. Meskipun demikian, virus atau malware tertentu selalu berhasil menjebol anti-virus yang terpasang. Sehingga, proteksi atau perlindungan di Windows tidak 100% aman.

Berbeda halnya dengan keamanan di Chrome, selain karena Chrome tidak begitu menarik perhatian para hacker, Chrome juga tidak mendukung Flash yang biasa dijadikan jembatan oleh para hacker untuk menjebol perangkat komputer seseorang.

Andaikan ada virus yang masuk ke perangkat chromebook juga, Anda hanya butuh beberapa klik saja untuk mengembalikan ke pengaturan pabrik.

Pilihan Hardware

Untuk sementara ini Microsoft masih jauh lebih unggul dibandingkan Google karena varian laptop yang menggunakan Windows masih jauh lebih banyak dibandingkan laptop yang menggunakan Chrome OS.

Harga beli

Chromebook dengan chrome OS menawarkan harga yang lebih murah dengan spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan laptops berbasis Windows. Contohnya pada Toshiba Chromebook 2 yang memiliki 8 jam daya baterai dan tampilan 1080p-nya. [FM]

Via Laptopmag

 

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel