Samsung GALAXY S4 Mini Plus, Varian Lawas dengan Chipset Baru!

6 Aug 2015 11:00 3984 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
namun Samsung menghebohkan publik, merilis ulang Samsung GALAXY S4 Mini.

Produsen kelas atas asal Korea Selatan ini memang terus meningkatkan produksi sektor mobile phone, ditandai dengan peluncuran seri GALAXY S6 dan Edge, beserta beberapa perangkat untuk kelas menengah dan bawah. Sekalipun GALAXY S series telah mencapai generasi keenam, namun Samsung menghebohkan publik, merilis ulang Samsung GALAXY S4 Mini.
 
Sekalipun perangkat ini adalah smartphone lawas, namun Samsung menambahkan sejumlah spesifikasi baru ke dalam smartphone bernama S4 Mini Plus ini, yang diharapkan dapat memberikan pilihan baru pada semua pengguna ponsel pintar di dunia. Seperti apa smartphone ini? Simak ulasannya!

Desain

Dari sektor desain, Samsung GALAXY S4 Mini tidak ada yang berbeda dengan S4 Mini generasi tahun 2013, sama-sama dibalut material plastik glossy, dengan dua pilihan warna, White Frost dan Black Mist. Sementara itu, dimensi bodi smartphone ini pun sangatlah identik dengan pendahulunya, yaitu berukuran 124.6 x 61.3 x 8.9 mm dengan bobot seberat 107 gram.

Sekalipun tidak ada hal baru pada desainnya, namun penampilan S4 Mini Plus dirasa masih menarik, terlebih berkat adanya tambahan tombol fisik, dimana kebanyakan smartphone kelas menengah lain saat ini lebih mengedepankan tombol virtual.

Layar

Selain desain yang sama, dukungan layar pada smartphone Samsung terbaru ini pun nyaris sama. Baik itu S4 Mini Plus maupun pendahulunya, keduanya menggunakan layar sentuh seluas 4.3 inch, dengan resolusi qHD 960 x 540 piksel.
Yang menarik, smartphone ini dilengkapi teknologi Super AMOLED, menjadikan kontras dan ketajaman yang ditampilkan mampu memanjakan visual penggunannya.

Sementara itu, terdapat perbedaan yang cukup terlihat jelas, yaitu diaplikasikannya tampilan antarmuka terbaru yang mirip UI pada GALAXY E series, yang tentu saja mampu meningkatkan pengalaman mobile penggunannya.

Hardware

Dalam sektor desain dan layar, tidak ada perbedaan yang cukup signifikan. Namun diluar dari itu, Samsung menghadirkan performansi baru pada smartphonenya ini. Jika S4 Mini edisi 2013 menggunakan chipset Snapdragon 400, perangkat ini mendapat peningkatan, memakai chipset Qualcomm Snapdragon 410 64-bit, dengan prosesor Quad Core 1.2 GHz Cortex-A53. Dengan demikian, S4 Mini Plus tentu saja mampu memberikan kinerja yang lebih baik dibanding pendahulunya.

Selain hal tersebut, di dalam smartphone ini juga disediakan dukungan RAM sebesar 1.5 GB, GPU terbaru Adreno 306, internal storage berkapasitas 8 GB, dan sebuah slot microSD yang dapat menampung hingga 64 GB.

Kamera

Sangat disayangkan, Samsung tidak memaksimalkan sektor kamera pada perangkat ini. seperti generasi pertama S4 Mini, varian plus ini hanya didukung kamera utama, dengan sensor sebesar 8 MP.

Namun disamping itu, kinerja kamera smartphone ini cukup handal, karena turut disediakan beberapa fitur pendukung, seperti LED flash, autofocus, Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama dan mode video 1080p. Hal tersebut juga berlaku pada kamera depan, karena baik itu GALAXY S4 Mini Plus maupun pendahulunya, hanya menyediakan kamera dengan sensor sebesar 1.9 MP saja.

Konektivitas dan Baterai

Smartphone dengan kode nama I9195I ini hadir dengan sebuah slot micro SIM card, yang mampu menjangkau frekuensi GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 dan LTE, dengan kecepatan akses data maksimum mencapai 150 Mbps. Lalu, turut dihadirkan pula dukungan fitur konektivitas lainnya, meliputi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 4.0 dan microUSB 2.0.

Sementara itu, smartphone Samsung yang dikhususkan untuk pengguna kalangan menengah ini didukung dengan baterai berkapasitas 1900 mAh, yang diklaim mempunyai waktu bicara hingga 14 jam lamanya.

Kesimpulan

Sangat disayangkan, smartphone ini tidak banyak mengalami perubahan, dibanding versi lawasnya yang rilis pada tahun 2013 lalu. Akan tetapi, hadirnya chipset Snapdragon 410 dapat meningkatkan performa perangkat ini, terlebih berkat arsitektur prosesor 64-bit yang ada menjadikan konsumsi daya menjadi jauh lebih efisien.

Saat ini, Samsung GALAXY S4 Mini Plus sudah dijual melalui sejumlah situs jual beli online global seperti Amazon, dengan bandrol seharga Rp 3 jutaan. Namun mengenai kehadirannya di pasar tanah air, Samsung belum memberikan konfirmasinya sampai dengan saat ini.

 

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel