Offline Ke Online, Pengaruh Terhadap Kehidupan Kita

30 Jul 2015 12:13 7917 Hits 0 Comments
Internet, pengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan kita.

Apa yang bisa dilakukan internet? Browsing, chatting, posting sosmed, belanja on line, download lagu atau film?. Hehehe, itulah yang bisa kita lakukan via internet, berbagai hal yang dulunya hanya kita dapat lakukan melalui media konvensional, seperti belanja, mendengarkan lagu, berkomunikasi dengan teman, saat ini bisa kita lakukan lewat media internet.

Internet, sebuah platform baru yang berpengaruh sangat besar dalam aspek kehidupan manusia.

Internet, It is something big that will influence our life.

Apakah sampai disitu saja pengaruh internet terhadap kehidupan kita? Saya pikir, ke depan internet akan lebih mempengaruhi kehidupan kita.

Salah satu aspek kehidupan yang baru-baru ini terkena dampak internet adalah sistem transportasi konvensional. Iya, Ojek dan taksi, baru-baru ini sudah mendapat gelombang efek dari makhluk yang namanya internet.

Ketika orang memerlukan jasa ojek, umumnya orang akan datang ke lokasi tempat tukang ojek berkumpul, atau kita sebut pos ojek. Sekarang ini, orang tinggal duduk di rumah, pesan lewat smartphone dan tukang ojek akan segera datang menjemputnya. Hmhmhm, itulah salah satu dampak dari merajalelanya internet.

Aplikasi seperti Gojek, GrabTaxi, GrabBike ataupun Uber, memungkinkan kita melakukan pesanan untuk sarana transportasi hanya dari smartphone yang terhubung ke internet. Fenomena ini ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia, namun juga terjadi di seluruh dunia.

Kehadiran aplikasi tersebut, sedikit banyak telah mempengaruhi pendapatan dari media transportasi konvensional yang sudah berjalan dalam waktu lama seperti ojek maupun taksi.

Pangsa pasar jasa ojek ataupun taksi tradisional menjadi turun karena masyarakat mulai melirik layanan yang diberikan oleh perusahaan on line penyedia jasa transportasi seperti Gojek, dan lainnya.

Beberapa waktu yang lalu, tidak jarang kita mendengar di berita, pegawai Gojek di intimidasi oleh tukang ojek yang mangkal di pos, yang bisa jadi dikarenakan kehadiran Gojek mempengaruhi pendapatan mereka.

Ternyata, protes terhadap jasa angkutan via aplikasi internet tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi di negara Perancis juga terjadi protes serupa. Saya kutip dari media Bloomberg, seorang Perwakilan serikat taksi FTI, Abdelkader Morghad mengatakan "Banyak driver taksi yang marah,"  Dia mengatakan undang-undang yang melarang driver tanpa izin untuk membawa penumpang membayar harus dilaksanakan. Driver Perancis berlisensi telah kehilangan sekitar 30% dan 40% dari pendapatan mereka lebih dari dua tahun karena pertumbuhan UberPOP, kata Morghad. UberPOP adalah layanan mobil-sharing yang ditawarkan oleh Uber, yang menyatukan pelanggan dan driver pribadi dengan harga yang lebih rendah daripada yang dibebankan oleh perusahaan taksi tradisional dan bahkan layanan Uber lainnya. Kerusuhan memprotes layanan UberPOP di Perancis bahkan membuat Menteri dalam negeri Perancis untuk melarang layanan UberPOP tersebut untuk beroperasi. Kejadian ini baru terjadi sekitar sebulan lalu di Perancis.

Michael Wattimena, ketua komisi V DPR, ikut angkat bicara terkait fenomena jasa layanan transportasi on line tersebut, "Hingga saat ini fasilitas itu masih memberikan kemudahan bagi masyarakat. Belum muncul keresahan yang sifatnya musuh bersama," Demikian saya kutip dari CNN Indonesia.  (7/7/2015).

"Dengan adanya ini, akhirnya (angkutan konvensional) jadi terkoreksi. Daripada nunggu lama, mendingan hubungi sebentar dan ojek datang," demikian tambah politikus asal Partai Demokrat tersebut.

Internet memang memiliki dampak besar, bukan hanya terhadap layanan transportasi, namun juga terhadap aspek kehidupan manusia yang lain, menonton video, mendengarkan musik, belanja dan cara kita berkomunikasi dengan orang lain. Maka tak salah apabila ada ungkapan “Internet, It is something big that will influence our life”.

Bahkan ke depan, kita akan memasuki era Internet Of Thing, ketika banyak benda akan dapat terhubung ke Internet, akan semakin banyak aspek kehidupan kita terpengaruh oleh Internet.

Tags

About The Author

wan 66
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel