10 Hal Tak Terlupakan di Kamboja

26 Jul 2015 11:15 3404 Hits 1 Comments

Tak sepopuler Thailand dan Vietnam yang merupakan negara tetangganya, Kamboja ternyata menyimpan jutaan rahasia unik (dan kelam) untuk dielajahi. Bukan pemandangan superkeren yang akan Anda eksplorasi, namun nilai-nilai sejarah dan budaya yang takkan terlupakan seumur hidup!

  1. The Killing Fields (Choeung Ek)

Ini merupakan lokasi Khmer Merah membantai jutaan warga Kamboja yang beragama pada 1975-1979, karena mereka menginginkan negara komunis yang bebas dari agama apapun. Ratusan orang dari seluruh kota di Kamboja dibawa ke lokasi ini di Phnom Penh untuk dibunuh dengan sangat brutal.

Pengalaman seru di tempat ini:

  • Di tempat ini Anda akan diberi earphone yang berisi penjelasan tentang sejarah kelam lokasi ini. Dijamin Anda akan merinding membayangkan kejamnya perlakuan Khmer Merah terhadap warga Kamboja kala itu, tanpa memandang jenis kelamin dan usia. Berjalanlah ke arah Killing Tree, dan siap-siap terkejut dengan apa yang akan earphone Anda katakana tentangnya.
  • Mempelajari sejarah genosida di Kamboja yang merupakan genosida terbesar pasca Perang Dunia II. Empat juta orang dibunuh dalam waktu 3,5 tahun. Terdapat rak berisi tengkorak-tengkorak manusia yang digunakan orang untuk menghormati para korban.

 

  1. Tuong Sleng Genocide Museum

Sebelum 1975, ini merupakan sebuah sekolah menengah atas di Phnom Penh. Namun oleh Pol Pot sang pemimpin Khmer Merah, tempat ini dijadikan penjara bagi orang-orang yang dicurigai ingin menggulingkan pemerintah komunisnya. Mereka ditahan dan disiksa selama hampir empat tahun dengan sangat tidak manusiawi.

Yang bisa dilakukan di sini:

  • Melihat foto-foto asli para korban, ruang-ruang belajar yang dijadikan sel tahanan, lokasi-lokasi pembantaian, serta bagaimana mereka disiksa.
  • Di pintu keluar Anda akan bertemu Bou Meng, seorang pria yang bertahan hidup walau telah disiksa selama tiga tahun di penjara ini. Istrinya mati dipenggal, dan anak-anaknya dibiarkan kelaparan hingga tewas. Kisahnya ditulis di dalam buku yang dijual seharga 10 dolar Amerika di tempat ini.

 

  1. Eclipse Sky Bar & Le Moon Terrasse Bar

Ini merupakan dua bar favorit saya di Phnom Penh, karena sama-sama terletak di ketinggian dan memungkinkan saya melihat cahaya kota dari atas. Setelah mengunjungi dua lokasi gloomy di atas, kedua bar ini dapat menetralkan suasana liburan Anda menjadi ceria kembali.

Kegiatan menarik di sini:

  • Eclipse terletak di lantai 23 Phom Penh Tower, gedung tertinggi di Kamboja. Dari atas sana, Anda dapat melihat city light menakjubkan yang dipadu cahaya-cahaya dari lampu pagoda di kota ini. Harga minuman terjangkau, dan crowd-nya juga asyik diajak berjoged semalaman.
  • Le Moon terletak di Amanjaya Hotel yang berlokasi persis di sebelah Sisowath Quay, area pinggir sungai yang menawarkan pemandangan matahari terbenam. Harga minuman di sini tidak semurah Eclipse, namun merupakan tempat paling pas untuk menghabiskan sore Anda.

 

  1. Royal Palace & Silver Pagoda

Tidak ke Phnom Penh rasanya kalau belum menyambangi bangunan-bangunan khas Indochina yang memiliki arsitektur, desain, dan warna menarik. Royal Palace merupakan istana kerajaan terbesar negara tersebut, sementara Silver Pagoda merupakan pagoda superbesar dengan ornamen perak yang keren.

Wajib coba di destinasi ini:

  • Masuk ke dalam Royal Palace dan melihat segala koleksi peninggalan kerajaan Campuchea (asal nama Kamboja).
  • Jika sedang ada ibadah umat Buddha seperti saat saya sedang di sana, Anda dapat ikut bergabung dan menyaksikan ratusan biksu berkumpul memanjatkan doa ke patung Buddha yang terletak di bagian samping Silver Pagoda.

 

  1. Central Market

Di hari terakhir saya di Phnom Penh, saya mengunjungi pasar ini untuk melihat kehidupan lokal, barang-barang khas Kamboja, makanan, serta rempah-rempah khas daerah ini.

Kegiatan wajib buat Anda:

  • Khmer foods sangat menarik buat saya. Rasanya mirip masakan Indonesia, namun lebih manis dan tidak terlalu pedas. Di pasar ini banyak restoran murah yang menjual makanan daerah.
  • Berjalanlah ke luar pasar menuju kawasan pinggir sungai. Jika Anda tidak suka makanan Kamboja, di kawasan tersebut Anda dapat menemukan berbagai restoran internasional, terutama Prancis (karena negara ini dulu dijajah Prancis).

 

  1. Phnom Chisor Temple

Kalau Anda tak sempat mengunjungi Angkor Wat di Siem Reap, candi ini dapat menjadi pilihan. Lokasinya sekitar 1,5 jam dari Phnom Penh, namun menarik untuk dieksplorasi seharian penuh.

Yang seru di lokasi ini:

  • Naiklah hingga ke puncak candi dan habiskan waktu untuk duduk-duduk di atas sana sambil menikmati pemandangan alam yang memukau. Semua terlihat biru dan hijau, sangat menyegarkan pikiran.

 

  1. Angkor Wat

Lima jam dari Phnom Penh, Anda dapat bergegas menuju Siem Reap untuk berkunjung ke bangunan agama terbesar di dunia, Angkor Wat. Lokasi ini merupakan tempat syuting Lara Croft: Tomb Raider yang dibintangi Angelina Jolie di tahun 2001.

Aktivitas seru di Angkor Wat:

  • Berjalan menyusuri candi-candi yang ada di dalamnya. Anda akan terkagum-kagum melihat Angkor Wat yang dulunya merupakan kota terbesar di dunia.
  • Bersepeda dari pusat kota Siem Reap ke Angkor Wat di pagi hari untuk menikmati matahari terbit. Anda akan melewati sawah-sawah yang sejuk dan menyegarkan mata. Di malam hari, Siem Reap juga menawarkan hiburan malam yang sangat seru, terutama di sebuah bar bernama Angkor What?.

 

  1. War Museum

Masih di Siam Reap, Anda dapat berkunjung ke museum ini untuk melihat sejarah perang sipil Kamboja.

Yang bisa dilakukan di sini:

  • Membaca beragam sejarah perang sipil Kamboja, masa penjajahan oleh Prancis, serta konflik dengan negara-negara sekitar.
  • Melihat peninggalan-peninggalan nyata dari masa perang, mulai dari helicopter yang sudah berkarat hingga peluru-peluru.

 

  1. Bamboo Train

Dua jam dari Siem Reap, Anda akan sampai di sebuah kota kecil bernama Battambang yang menyajikan pemandangan dan pengalaman tradisional khas Kamboja. Salah satunya ialah Bamboo Train, sebuah kereta bambu yang mampu membuat roller coaster tercepat di dunia pun kalah seru.

Hal-hal yang akan Anda rasakan di Bamboo Train ini:

  • Hanya dengan 5 dolar Amerika, Anda akan merasakan satu jam pengalaman di atas kereta bambu dengan kecepatan sekitar 60 kilometer per jam.
  • Dahulu kereta ini digunakan penduduk lokal Battambang untuk mengangkut hasil pertanian dan peternakan. Jadi tak heran apabila sepanjang perjalanan di atas kereta, Anda akan disuguhi pemandangan hijau segar dari ladang dan sungai-sungai kota Battambang.

 

  1. Phnom Sampeau

Sekitar satu jam dari Bamboo Train, Anda akan sampai di lokasi cantik ini. Menggunakan motor (bisa Anda kendarai sendiri atau menyewa ojeg), berkendaralah menuju puncak bukit Phnom Sampeau yang akan bikin Anda terperangah akan kecantikan pemandangannya. Seluruh kota Battambang akan terlihat cantik dari atas sana.

Yang akan Anda temukan di sini:

  • Candi dan kuil yang terletak di ujung tebing, sangat indah untuk difoto.
Killing Cave, gua tempat pembantaian penduduk Battambang di era Khmer Merah pada 1975-1979.
Tags

About The Author

Zulfikar Fahd 19
Novice

Zulfikar Fahd

Travel writer.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel