Uni Emirat Arab: Ekspedisi Dubai

24 Jun 2015 10:06 2855 Hits 2 Comments

Gedung tertinggi, dan mal terbesar di dunia. Kota megapolitan di Timur Tengah itu menawarkan semua hal yang mampu bikin Anda tercengang akan kemewahannya.

Uni Emirat Arab hanya terkenal sebagai lokasi transit bagi wisatawan yang hendak terbang ke Eropa atau Amerika. Namun setelah menyempatkan diri untuk keluar dari bandara dan mengurus visa yang supermudah, ternyata Dubai & Abu Dhabi tidak se-Timur Tengah yang saya bayangkan. Dua kota ini seakan terletak pada dunianya sendiri. Ada padang pasir luas, pantai indah, serta gedung pencakar langit dengan segala modernitasnya.

Dubai ialah kota di mana bangunan tertinggi di dunia terletak, dan Abu Dhabi merupakan tempat beroperasinya roller coaster tercepat di planet ini! Hari ini, saya akan menulis tentang Dubai.

 

EAT

Saat pertama tiba di Dubai dan menaiki kereta metronya, mungkin Anda akan heran karena jumlah orang berwajah Arab tak sebanyak mereka yang berambut pirang, berkulit hitam, atau bermata sipit. Kota ini sungguh multikultural, dan itulah alasan mengapa aneka restoran dari berbagai penjuru dunia tersedia di kota ini. Mulai dari restoran India, Thailand, Filipina, Lebanon, Karibia, Tiongkok, dan Jepang tersebar di berbagai sudut kota. Yang sangat wajib disambangi ialah Nobu, restoran Jepang paling tersohor di dunia, milih chef terkenal Nobu Matsuhisa. Sushi dan sashimi dari potongan ikan-ikan segar, lobster dan king crab ekstra juicy, serta black cod in miso lezat merupakan menu-menu andalannya. Harganya memang tidak murah, namun sangat sebanding dengan rasa dan pengalaman kuliner yang akan Anda dapatkan.

Buddha Bar juga layak dikunjungi apabila Anda habis berlayar seharian di Dubai Marina, karena lokasi mereka yang berdekatan. Jika Anda berkunjung di malam hari, duduklah di dekat jendela karena pemandangan Dubai Marina yang dipenuhi yacht dan dikelilingi lampu-lampu gedung sungguh indah! Sempurna sambil menikmati hidangan Vietnam dan Jepang. Oh ya, ini merupakan salah satu Buddha Bar terbesar di dunia, lho. Anda juga bias mengunjungi Emporio Armani Café di Dubai Mall (mal terbesar di dunia!) untuk menikmati poached egg dan truffle sebagai hidangan sarapan Anda. Sementara untuk makan siang, pergilah ke Aappa Kadai yang menyajikan masakan India otentik. Jangan lewatkan ayam tandorinya yang sangat empuk dan gurih!

 

STAY

Di Dubai, sudah pasti pilihan pertama Anda harus jatuh kepada Madinat Jumeirah. Hotel ini terletak di area Pantai Jumeirah dengan pemandangan matahari tenggelamnya yang eksotis. Di bawah hotel ini terdapat souk market yang menjual aneka barang khas Timur Tengah mulai dari kain, perhiasan emas dan perak, permadani, hingga rempah-rempah. Namun jika Anda pergi ke sana untuk perjalanan bisnis, Fairmont Dubai ialah pilihan paling tepat karena terletak di Sheikh Zayed Road, jalan utama di Dubai yang berlokasi di distrik bisnisnya. Terdapat sebuah kolam renang di lantai atas hotel ini, di mana Anda dapat berenang ditemani pemandangan Burj Khalifa, bangunan tertinggi di dunia yang menjulang hingga ke atas awan.

 

Baca juga :

               Ketika Perempuan Berada di Garda Terdepan

               5 Tips Berguna Untuk Pengguna Windows 10 Yang Perlu Diketahui

 

PLAY

Tak perlu diragukan lagi, atraksi utama yang harus Anda kunjungi di Dubai adalah Desert Safari. Di sini Anda dapat melakukan off-road di atas padang pasir menggunakan mobil jeep, menyewa onta untuk dinaiki dan berfoto ala pria Timur Tengah, hingga membangun tenda di atas padang pasir dan bermalam di sana sambil menikmati sisha, daging kambing dan onta bakar, serta tarian-tarian khas Timur Tengah. Momen yang harus Anda saksikan adalah ketika matahari terbit keesokan harinya!

Selain itu, Anda juga wajib mendatangi Bastakia Quarter, area kota tua Dubai di mana Anda akan melihat museum-museum kuno, bangunan antik, pasar tradisional, serta taksi air alias abra. Hanya dengan 1 dirham (Rp3.600) Anda dapat menyeberangi sungai menggunakan perahu unik tersebut. Dari sana Anda dapat pula berlayar dan berlabuh di Jumeirah Beach yang dipenuhi wisatawan asing. Tak mustahil pula jika Anda melihat orang-orang datang ke pantai menggunakan Lamborghini, Ferrari, atau Ducati-nya. Kota ini memang dikenal sebagai surga kendaraan mewah!

Sebelum terbang ke Dubai, pastikan Anda sudah memesan tiket menuju puncak Burj Khalifa, menara tertinggi di planet ini, karena jika beli on-the-spot harganya bisa dua kali lipat. Naiklah ke sana saat pergantian sore menuju malam, karena pemandangannya sungguh menakjubkan. Di atas sana Anda akan sadar bahwa Dubai adalah padang pasir yang “ditumbuhi” bangunan-bangunan semen dan besi. Tepat di samping Burj Khalifa, terdapat Dubai Fountain, salah satu pertunjukan air mancur terbesar di dunia, serta Dubai Mall, mall terluas di dunia dengan akuarium ikan terbesar kedua di muka bumi (ya, ada hiu dan piranha berenang di dalam mal!) dan area ice skating yang juga terbesar di seluruh penjuru Bumi. Dan jika berkunjung ke Emirates Mall, Anda juga akan menemukan area ski terbesar, lengkap dengan salju dan penguin (ya, penguin!).

Tags

About The Author

Zulfikar Fahd 19
Novice

Zulfikar Fahd

Travel writer.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel