Sadari! Anda telah dikonversi menjadi bit!

25 Jun 2015 05:39 2833 Hits 0 Comments
Perlahan manusia dikonversi menjadi bit, saatnya bersama menyadari pengkonversian ini.

Dunia digital bukan lagi dihadapan mata, manusia berbondong-bondong telah masuk kedalamnya. Berawal dari penemuan mesin komputer pertama > transistor > internet > IoT. Keempat komponen tersebut mengkonversi kehidupan kedalam bit!

Masihkah Anda menemukan kertas bertumpukan diatas meja kerja? Data yang dahulunya di cetak diatas kertas telah dikonversi menjadi bit dan tersimpan dalam sistem komputer. Berkat kemajuan teknologi komputer – data yang dicetak pada lembaran kertas dikonversi kedalam bit. Anda tidak perlu membongkar tumpukan arsip dilemari, cukup mengetik kata kunci di kolom pencarian dan dalam sepersekian detik data yang Anda butuhkan ada didepan Anda.

Perhatikan! Lebih banyak teman Anda di dunia nyata atau di Facebook? Perlu diketahui, Facebook adalah salah satu mesin pengkonversi - teman, keluarga, kata-kata Anda dikonversi Facebook menjadi bit yang tersimpan disalah satu server miliknya.

Tidak hanya itu, IoT dimasa depan benar-benar seutuhnya akan mengkonversi kehidupan menjadi kehidupan bit. Anda tidak boleh tidak tahu karena Anda adalah salah satu objek yang dikonversi bersama miliaran objek lainnya diseluruh dunia.

Semakin hilang komunikasi langsung yang disebut bersosialisasi dengan nyata karena masing-masing asyik dengan dunia bit yang membisu tanpa suara. Mungkin hal ini pernah Anda rasakan ataupun kita lihat di kehidupan nyata.

Atau perhatikan anak-anak Anda, mereka tidak lagi menemukan permainan seperti zaman ketika Anda masih seusia mereka. Anak Anda menghabiskan masa anak-anak dengan bermain game ditablet. Jika saat ini mereka telah mengenal dunia bit, apa yang akan terjadi 10 tahun kemudian?

Proses pengkonversian ini tentu saja membawa dampak positif dan negatif, dua sisi yang memang tidak bisa dipisahkan. Dampak psikologi, sosial dan budaya berubah drastis! Mungkin Anda akan berpikir "Inilah zaman Internet", pemikiran ini keliru karena Anda dalam bit-lah yang telah merubah zaman.

Dalam dunia bit tidak ada perbedaan derajat antara Presiden dan penjual koran. Semua berada pada satu tingkat, tidak ada pengawalan atau rumah mewah. Apakah dunia bit sebagai “Tuhan” yang tidak melihat perbedaan derajat, ekonomi, atau jurang perbedaan lain diantara manusia?

Coba sekarang Anda lihat perbedaan akun Twitter @jokowi dan @uonbit, adakah terlihat perbedaan? Adakah akun @jokowi terlihat mewah atau berkelas? Oke, terlihat perbedaan paling menonjol adalah pada jumlah Follower, re-Tweet dan Favorit. Tidak hanya pada Twitter melainkan di semua layanan atau alat yang mengkonversi hidup menjadi bit. Apa makna sebenarnya?

Dunia bit melihat seberapa baik dan bermanfaatnya Anda sehingga Anda memiliki banyak Amal =  Follower & seberapa bijaknya Kata = re-Tweet.

Belum lagi jika membahas lebih dalam mengenai Virtual Reality atau sejauh mana kekejaman IoT, bahasan ini akan saya ulas dilain kesempatan. Selamat datang didunia bit, dunia dimana Anda benar-benar berbeda. :D

salam, rahman (contributor at #youonbit & uonbit.com)

Tags

About The Author

rahman 25
Novice

rahman

mencoba menjadi penulis tentang Sains dan Tekno ^_^, saya dari Jambi.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel