Mengatasi Informasi yang Tak Lagi Terbendung

29 Nov 2015 07:21 2439 Hits 1 Comments
Informasi adalah gelombang Tsunami yang siap menghancurkan dan menenggelamkan jika tidak bijak dalam menikmati informasi.

Mengamati dari fakta dan mengalami sendiri atas apa yang sedang terjadi di Bumi kita saat ini. Bumi akhir-akhir ini berkembang pesat, semua sektor berlomba menunjukkan dirinya yang setiap harinya melahirkan JUTAAN INFORMASI. Kita sedang menikmati Internet, tentu kamu tahu banyak situs seperti portal berita, sosial media, blog dan jurnalisme publik. Setiap situs mengambil bagian sendiri dengan cara mengelompokkan informasi berdasarkan kategori, seperti Teknologi dan Startup yang di ulas oleh situs OPSIONAL menjadi info-info singkat (tidak perlu membaca berita dengan ratusan kata karena OPSIONAL hanya menyampaikan intisari berita).

Informasi seperti gelombang Tsunami - tidak bisa dibendung - jika ditahan tanpa persiapan dan perencanaan - informasi akan menghancurkan, kemudian menenggelamkan kita. Cara terbaik adalah menjaring informasi sesuai minat agar semakin mudah mengontrol apa yang ingin kita dapatkan.

Terkadang bosan, jenuh, marah dan kecewa di kala melihat sebuah informasi yang disampaikan berulang kali padahal intisarinya tetap sama - biasa terjadi saat membuka situs portal berita konvensional yang memberitakan hal sama dengan judul berbeda. Sebagai manusia biasa tentu saja kita tidak bisa menyaksikan semua perkembangan informasi, sangat tidak mungkin. Menurut penelitian yang saya lakukan dengan judul "Menguak situs berita online yang "Ngakunya" paling update di Indonesia", setiap hari situs berita memproduksi hampir 500 berita / hari!

Di era jutaan informasi saat ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mendapatkan informasi secara efisien, yakni:

  1. Pastikan hanya memantau sumber informasi berdasarkan minat, jika Teknologi kita bisa memantau OPSIONAL.
  2. Hindari mem-follow akun Twitter situs portal berita sebab setiap detik ada saja berita yang di publikasikan, hal itu membuat timeline Twitter penuh dengan informasi yang tidak diinginkan.
  3. Jika ada tips tambahan, kamu bisa menulisnya dikolom komentar :D

Bijaklah dalam menikmati informasi karena kalau tidak informasilah yang akan menikmati kamu.

Tags

About The Author

rahman 25
Novice

rahman

mencoba menjadi penulis tentang Sains dan Tekno ^_^, saya dari Jambi.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel