Tips Memilih Olahraga Sesuai Bentuk Tubuh

10 Jun 2015 15:00 6770 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Olahraga sebaiknya dilakukan dengan baik dan tepat, salah satunya adalah dengan memilih olahraga yang sesuai dengan bentuk tubuh.

 

Tips Memilih Olahraga Sesuai Bentuk Tubuh-Olahraga menjadi kebutuhan penting tubuh yang sebaiknya dilakukan setiap hari. Selain bisa menjaga kesehatan tubuh, juga bisa membantu membentuk bagian tubuh tertentu. Hanya saja, tahukah Anda bahwa olahraga yang dipilih sbeaiknya sesuai dengan bentuk tubuh Anda? Bentuk tubuh setiap orang berbeda-beda, secara umum ada beberapa bentuk tubuh yang perlu diketahui. Bentuk tubuh seseorang menandakan pola serta jumlah distribusi sesl-sesl lemak dalam tubuhnya yang berbeda. Hal tersebut bisa saja memungkinkan seseorang tidak pernah bisa meraih hasil yang diinginkannya meskipun ia telah rutin melakukan olahraga. Berikut uraian tentang beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan sesuai dengan bentuk tubuh masing-masing orang.

 

Olahrga untuk Pemilik Bentuk Tubuh Apel

Bentuk tubuh apel adalah bentuk tubuh dengan bagian tengah yang lebih besar yaitu di area dada dan perut serta adanya penumpukan lemak di area pinggang. Sedangkan bentuk dari kaki dan tangannya umumnya lebih kecil. Bentuk tubuh apel ini umum ditemui pada laki-laki, sedangkan pada perempuan lebih mudah terjadi ketika sudah memasuki usia dewasa. Olahraga yang cocok untuk bentuk tubuh apel adalah aerobik yang bisa menjadikan tubuh lebih langsing. Untuk pembentukan otot pada bagian kaki bisa melakukan olahraga kardio, clmibing, joging, dan berlari. Untuk tubuh pada bagian bawah bisa dilakukan olahraga seperti jongkok dan pilates.

 

Olahraga untuk Pemilik Bentuk Tubuh V

Bentuk tubuh V umum disebut juga dengan bentuk tubuh kerucut atau segitiga. Pemilik bentuk tubuh ini biasanya akan memiliki bahian bahu yang lebih lebar daripada pinggul. Bagian bawah jauh lebih kecil. Umumnya laki-laki akan menyukai bentuk tubuh ini karena dianggap sebagai bentuk tubuh yang ideal. Olahraga yang bisa dilakukan di antaranya olahraga yang memberikan tekanan pada bagian kaki, menekuk, lutut, dan berjongkok. Untuk membakar bagian lemak serta mengecilkan area pinggang bisa juga melakukan olahraga kardio.Tips Memilih Olahraga Sesuai Bentuk Tubuh

 

Olahraga untuk Pemilik Bentuk Tubuh Angka 8

Bentuk tubuh yang sering disamakan dengan angka 8 atau jam pasir ini merupakan bentuk tubuh umumnya diinginkan banyak perempuan. Bagian atas dan bawah tubuh bentuk ini lebih besar dengan area pinggang yang lebih ramping. Lebar dari bahu dan pinggulnya hampir sama dengan perut yang rata dan pinggang yang kecil. Olahraga yang bisa dilakukan untuk bentuk tubuh angka 8 ini adalah jenis olahraga yang fokus pada semua area tubuh. Jenis olahraganya seperti sepeda statis, joging, berenang, menekan bahu, kardio, dan lompat tali.

 

Olahraga untuk Pemilik Bentuk Tubuh Pir

Tentu sudah tahu kalau bentuk buah pir jenis tertentu bagian atasnya kecil dan bagian bawahnya lebar. Begitu juga dengan bentuk tubuh buah pir ini, bagian atas tubuhnya kecil sedangkan bagian bawah seperti pada area pinggul, paha, dan bokong ukurannya lebih besar serta timbunan lemaknya lebih banyak. Olahraga yang bisa dilakukan adalah olahraga yang sebagain besar berfungsi untuk membakar lemak pada area bawah tersebut dan kemudian sebagian olahraga untuk tubuh bagian atas. Olahraga untuk tubuh yang bagiannya lebar di bawah bisa denga bersepeda, menekuk lutut, dan berjongkok. Sedangkan olahraga untuk tubuh bagian atas bisa dengan melakukan push up dan menekan bagian bahu yang akan membangun area dada dan area punggung.

 

Olahraga untuk Pemilik Bentuk Tubuh Lurus

Bentuk tubuh ini adalah bentuk tubuh yang terlihat lurus. Bagian-bagian yang seharusnya menonjol seperti pinggul, ukuran dada, dan panggul terlihat sama besarnya atau tidak jauh berbeda. Untuk jenis bentuk badan seperti ini diperlukan olahraga yang bisa membentuk bagian-bagian tertentu dan massa ototnya agar terlihat lebih berisi dan padat. Olahraga yang bisa dilakukan adalah seperti yoga, sit up, joging, jalan kaki, dan mengangkat beban yang bisa membantu untuk mengencangkan bagian otot inti.

Olahraga dengan menyesuaikan dengan bentuk tubuh akan memberikan hasil yang maksimal. Selain itu, area yang penuh timbunan lemak pun sedikit demi sedikit bisa diatasi, bentuk tubuh menjadi lebih seimbang, dan meningkatkan rasa percaya diri sang pemilik tubuh. Selain olahraga, pola makan yang baik, teratur, dan sehat ditambah konsumsi air putih yang cukup bisa membantu membentuk tubuh yang sesuai harapan.

Itulah beberapa tips untuk Anda memilih jenis-jenis olahraga yang sesuai dengan bentuk tubuh Anda. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat berolahraga![DIA]

 

 

 

                                                                                                                                                         

 

 

 

 

 

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel