Apa Kabar Idealisme?

10 Jun 2015 09:22 3752 Hits 0 Comments
"Hidup hanya sekali, Beri arti, habis itu mati" - Chairil Anwar

Setiap manusia terlahir kebumi dengan segala kelemahan dan kelebihan nya masing masing. Termasuk pola pikir yang diberikan oleh Tuhan kepada kita yang berbeda – beda. Lalu kita sering mendengar idealisme seseorang. Lalu apa sebenarnya idealisme itu? Lalu pentingkah sebuah idealisme itu bagi kehidupan kita?

Menurut pengetahuan yang saya ketahui mengenai idealisme ini adalah suatu cara pandang dalam menjalani suatu kehidupan kita dengan satu standar yang telah ditetapkan oleh pribadi masing – masing yang mengacu pada dasar yang ia percayai untuk menentukan nilai benar atau salah.

Jadi menurut saya, kita sebagai manusia sangatlah penting memiliki sebuah idealisme dalam menjalani hidup ini, tentunya tetap mengacu pada norma – norma kebenaran yang sesuai dengan kepercayaan nya masing – masing. Karena kita tahu juga banyak beredar faham idealis yang justru menjerumuskan seseorang ke dalam suatu lingkup pola pikir yang terpaku pada faham idealis yang bersifat terbentuk oleh suatu kepentingan tertentu. Sebagai contoh, apabila kita melihat sejarah Indonesia di masa lalu kita tahu bahwa di kita pernah ada suatu faham idealisme tentang komunis.

Bisa dikatakan fungsi dari idealisme itu sendiri adalah membuat aturan dalam memandang kehidupan di dalam diri masing-masing sehingga tidak terjebak ke dalam ruang lingkup yang tidak sesuai dengan aturan atau pandangan hidupnya.

 

Baca juga :

               Resensi Ada Apa Dengan Cinta 2: Memuaskan Dengan 'Catatan

               10 Kuliner Maknyus Khas Rembang

 

Dalam perjalanan hidupnya, seseorang tentunya mengalami banyak proses di setiap langkah kehidupan nya. Hal tersebut akan menuntun seseorang menemukan idealisme dalam hidupnya. Semakin ia menjalani hidupnya dilingkungan yang benar, dan menjalaninya dengan benar maka ia akan memiliki suatu idealisme yang benar juga begitupun sebaliknya. Tapi itu semua tidak menjamin juga sih, dalam hal ini kembali lagi ke pribadi masing – masing.

Tan Malaka pernah bilang : “Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda”, sekarang banyak sebagian generasi muda saat ini (khususnya saya menyoroti mahasiswa) yang sudah tidak lagi memiliki jiwa idealisme seperti mahasiswa pada zaman dulu seperti Soe Hok Gie dimana yang pada saat itu mahasiswa memiliki peranan penting dalam proses pembangunan suatu bangsa.

Oleh karena itu, melalui tulisan ini saya mencoba untuk berintrospeksi dalam diri pribadi menempatkan posisi sebagai seorang mahasiwa yang seharusnya bisa memberikan suatu gerakan yang bisa membangun suatu bangsa. Umum nya pada setiap pembaca yang membaca artikel sederhana ini untuk bersama – sama kita menentukan idealisme dalam hidup ini secara bijak sehingga terwujud dalam kehidupan yang lebih baik dan harmonis.

(Bandung, 10 Juni 2015)

Tags

About The Author

Ridwan Ebing Setiadi 32
Ordinary

Ridwan Ebing Setiadi

seorang yang senantiasa tidak luput dari salah, khilaf, dan dosa. Seorang yang penuh dengan rasa ingin tahu tentang segala hal. seorang pria yang ingin memberikan manfaat bagi keluarga, orang disekitar lingkaran lingkungan serta khalayak pada umumnya. kegiatan di alam terbuka adalah rutinitas dan hobi yang saling berkesinambungan. dan menulis adalah salah satu cara pendokumentasian dari setiap perjalanan hidup yang dilalui selain dengan mata lensa kamera nya.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel