Tips Merawat Sepatu Kulit dengan Baik

5 Jun 2015 20:20 4198 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sepatu kulit yang bersih dan terawat akan memberikan kesan yang baik dan elegan pada pemakainya.

Tips Merawat Sepatu Kulit-Sepatu merupakan salah satu bagian dari penampilan luar yang perlu diperhatikan dengan baik. Pemilihan jenis sepatu juga bisa menunjukan karakter dari seseorang. Sepatu dengan mode formal akan memberikan kesan seseorang yang sangat menjaga penampilannya. Mode sepatu formal ini umumnya terbuah dari bahan kulit. Bahan kulit terutama yang terbuat dari kulit asli akan memberikan rasa penampilan yang elegan dan gagah.

 

Karakter yang Terlihat dari Pemakai Sepatu Kulit

Sepatu dengan bahan kulit ternyata bisa memberikan dampak yang positif bagi pemakainya. Sepatu formal yang terbuat dari bahan kulit bisa memperlihatkan kemapanan dari pemakainya baik dari penampilan luar maupun penampilan dalam dirinya. Dari penampilan luar, seseorang yang fashionable dengan sepatu kulitnya terlihat mapan dan berkesan sudah memiliki kondisi keuangan yang baik dan karir yang stabil. Dari penampilan dalam diri pemakainya, ia akan terlihat dewasa dalam cara berpikir dan juga bertindak. Karakter tersebut belum tentu dimiliki oleh semua pemakai sepatu kulit, hanya saja secara umum tampilan karakter seperti itulah yang terlihat dari seseorang yang gemar menggunakan sepatu kulit dengan mode formal.

 

Cara-Cara untuk Merawat Sepatu Kulit

Memiliki dan menggunakan sepatu kulit tentu menjadi kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri bagi seseorang. Hanya saja, terkadang pemiliki sepatu lupa untuk menjaga dan merawat sepatu kulitnya. Sepatu kulit termasuk jenis sepatu yang memerlukan perawatan yang baik. Bila tidak, sepatu akan terlihat kotor, mudah pecah dan retak, dan warna yang memudar. Hal tersebut tentunya tidak ingin terjadi pada sepatu kulit kesayangan, bukan?  Oleh karena itu diperlukan ketelitian dan kesigapan dalam merawat sepatu kulit yang dimiliki.

  • Mengenali jenis kulit apa yang menjadi bahan sepatu.

Jenis kulit yang dijadikan bahan sepatu akan berpengaruh pada cara perawatannya. Jika sepatu yang dimiliki ternyata terbuat dari bahan atau jenis kulit yang berkualitas tinggi, maka pemilik sepatu tidak perlu terlalu repot atau khawatir dengan perawatannya. Umumnya sepatu kulit berkualitas tinggi akan lebih mudah dalam perawatan, tahan lama, dan kulit tidak mudah pecah. Hanya saja, harga dari sepatu dengan jenis kulit berkualitas tinggi ini tentu tidak murah. Bila jenis kulitnya ternyata berkualitas sedang atau bahkan rendah, maka bersiaplah untuk melakukan perawatan sebaik mungkin.

  • Menghindarkan sepatu dari udara yang lembab.

Udara lembab akan berpengaruh tidak baik pada sepatu dengan bahan kulit. Udara lembab akan menyebabkan sepatu menjadi lapuk. Jika berniat untuk menyimpan sepatu di dalam kotaknya, maka dampingi sepatu dengan jel silika di dalamnya yang akan membantu menghindarkan sepatu dari kelembaban dan jamur yang menyerang.

  • Memahami dengan baik cara mencuci dan mengeringkan sepatu dengan bahan kulit.

Mencuci dan mengeringkan sepatu berbahan kulit tidak bisa disamakan dengan mencuci sepatu berbahan kain atau bahan lainnya. Diperlukan sikat khusus sepatu kulit atau menggunakan spons yang halus sehingga pada saat penggosokan tidak akan meninggalkan bekas goresan pada sepatu kulit. Setelah itu pada saat proses pengeringan. Sebaiknya hindarkan penjemuran di bawah matahari yang sedang bersinar dengan terik, hal tersebut akan membuat bahan kulit menjadi pecah. Sebaiknya cobalah untuk menggunakan alat pengering dengan sebelumnya menutup sepatu dengan kertas atau koran sehingga panas dari alat pengering tidak akan terlalu berlebihan sampai pada sepatu kulit.

  • Rajin menyemir sepatu kulit.

Sepatu kulit akan selalu terlihat mengkilap dan bersih dengan rutin menyemirnya. Pilihlah produk semir sepatu yang berkualitas dan warna yang sesuai dengan warna sepatu. Cara menyemir juga harus diperhatikan dengan baik. Semirlah sepatu secara searah sehingga alur dari sepatu kulit yang dimiliki tidak berubah. Selain itu, pilih juga produk semir yang bisa melindungi sepatu kulit dari berbagai penyebab kerusakan sepatu kulit seperti perubahan cuaca.

  • Menata sepatu dengan baik.

Jika suka menyimpan dan menata sepatu di rak khusus sepatu, sebaiknya selalu perhatikan cara penataan sepatu kulit yang baik. Berilah jarak yang cukup antara sepatu kulit dengan sepatu lainnya. Jarak tersebut akan membantu untuk menghindarkan gesekan yang mungkin terjadi yang bisa menyebabkan timbulnya bekas goresan pada sepatu kulit. Bekas gesekan pada sepatu kulit akan mengurangi nilai tampilan dari sepatu tersebut.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merawat sepatu dengan bahan kulit. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat untuk semua pembaca.[DIA]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel