Inilah 5 Toko Aplikasi Alternatif Besutan Operator Seluler Indonesia

20 May 2015 22:00 2149 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Inilah toko aplikasi pengganti Google PlayStore di Android besutan operator seluler

Toko Aplikasi Alternatif - Google PlayStore merupakan toko aplikasi yang memiliki banyak aplikasi dan games. Bahkan, toko aplikasi ini juga menyimpan buku sebagai koleksinya. Sebagai aplikasi bawaan dari Android, tentu saja Google PlayStore merupakan toko aplikasi yang paling terkenal. Namun, toko aplikasi untuk Android ternyata bukan Google PlayStore. Ada juga perusahaan lain yang menghadirkan toko aplikasi besutan mereka sendiri.

Di Indonesia, ada beberapa perusahaan yang menghadirkan toko aplikasi alternatif selain Google PlayStore. Jumlah aplikasinya memang tidak banyak tetapi mereka cukup unggul karena keunikan aplikasi yang ada didalamnya.  Biasanya toko aplikasi tersebut menawarkan aplikasi unik yang tidak ada di PlayStore meskipun secara kesuluruhan, hampir semua aplikasi di toko aplikasi lain terdapat juga di Google PlayStore.

Nah, khusus kali ini, Plimbi akan bahas 5 toko aplikasi yang dihadirkan oleh operastor seluler di Indonesia. Operator di Indonesia ternyata memiliki toko aplikasi yang mereka besut sendiri. Berikut daftarnya.


1. TemanDev

TemanDev merupakan toko aplikasi yang dihadirkan oleh operator seluler ternama di Indonesia, Telkomsel. Toko aplikasi yang didirikan pada Agustus 2013 ini merupakan toko aplikasi yang unik. Pasalnya, di toko aplikasi ini hanya ada 68 aplikasi. Aplikasi-aplikasi tersebut bukan hanya aplikasi yang berjalan di Android, tetapi juga di OS lainnya, seperti Symbian, BlackBerry, bahkan Windows Phone. Jenis aplikasi yang dihadirkan juga terdiri dari berbagi jenis, semisal aplikasi media sosial, hiburan, gaya hidup, dan sebagainya. Aplikasi ini dapat diakses di link berikut ini. Aplikasi tersebut bisa dibeli dengan menggunakan pulsa dari kartu yang dihadirkan Telkomsel.

http://telkomsel.com/temandev


2. Gudang Aplikasi

Toko aplikasi yang satu ini dibuat oleh operator XL Axiata. Toko aplikasi ini dihadirkan sebagai toko aplikasi alternatif yang menawarkan banyak aplikasi. Tidak tanggung-tanggun, jumlah aplikasi yang tersedia sudah mencapai belasan ribu aplikasi. Toko aplikasi dengan nilai investasi hingga USD1 juta  Rp13 miliar ini pun memiliki jumlah pengunjung yang cukup banyak. Tidak tanggung-tanggun, ada sekitar 150.000 pengunjung unik datang ke situs ini. Untuk unduh aplikasi ini, yang perlu dilakukan hanya menjadi pelanggan XL dan membeli aplikasi premium dengan pulsa. Informasi lengkap tentang aplikasi ini, bisa simak di situs resminya yang bis diakses disini.
http://www.gudangapp.com/


3. Smartfren App Store

Tahun 2012, Smartfren menghadirkan toko apliksi bernama Smartfren App Store. Toko aplikasi ini hadir sebagai nilai jual tersendiri dari produk smartphone dari Smartfren yang terkenal dengan sebutan, Andromax. Toko aplikasi ini jumlahnya memang sedikit. Tetapi untuk jenis aplikasinya cukup banyak karena didalamnya terdapat aplikasi seperti wallpaper, live wallpaper, games ataupun nada ringtone. Untuk mendapatkan aplikasi tersebut, tinggal download aplikasi yang diinginkan dengan biaya pemotongan pulsa Smartfren dengan kisaran harga sampai Rp 15,000 saja.  Toko aplikasi ini sendiri hanya hadir sebagai aplikasi di perangkat Andromax besutan Smartfren.


4. WePlay

WePlay adalah toko aplikasi yang uniik. Toko aplikasi tidak menyediakan aplikasi pada umumnya. Aplikasi yang tersedia justru merupakan aplikasi games. Aplikasi ini dihadirkan pada Maeet 2014 dengan jumlah aplikasi games yang tergolong banyak. Bahkan, jumlah pengguna yang melakukan download aplikasi di toko aplikasi ini sudah mencapi ratusan ribu download. Toko aplikasi ini sendiri merupakan toko aplikasi besutan SingTel, operator dari Singapura. Mengingat SingTel merupakan mitra Telkomsel, toko aplikasi ini bisa dikatkan hasil kerjasama SIngTel dan Telkomsel. Dan untuk membeli aplikasi game premium di toko ini, dikenakan biaya yang dipotong dari pulsa pelanggan Telkomsel. Untuk menggunakan aplikasi ini, silakan download aplikasinya disini.

 

5.  i-Aplikazone.

Indosat merupakan operator seluler besar yang sebenarnya cukup telat menghadirkan toko aplikasi sendiri. Toko aplikasi bernama i-Aplikazone dari Indosat ini hadir tahun 2015 sementara operator besar lain, menghadirkannya pada tahun-tahun sebelumnya. Meskipun sedikit tertinggal, tidak berarti toko aplikasi besutan Indosat  ini tidak seru dan membosankan. . Toko aplikasi i-Aplikazone ternyata sudah menyimpan 10.000 aplikasi dengan berbagai ragam. Toko aplikasi hasil kerjasama Indosat dengan perusahaan penyedia jasa telekomunikasi asal Hong Kong, PCWW ini juga memiliki berbagai jenis kategori aplikasi, baik aplikasi media sosial maupun games. Aplikasinya sendiri hanya bisa digunakan oleh pelanggan Indosat dengan cara menekan 123424# lalu tekan OK/YES atau bisa langsung akses situsnya berikut ini.

Nah, itulah lima toko aplikasi yang dihadirkan operator seluler di Indonesia. Kelima aplikasi tersebut bisa menjadi alternatif untuk pengguna Android yang bosan dengan Google PlayStore.[HMN]

 

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel