Cara Menggunakan PC Windows 8 Agar Dapat Diakses Di Mana Saja

23 Dec 2014 16:30 6379 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Windows 8 seharusnya menjadi versi pertama Windows yang tidak hanya terikat ke PC. Windows 8.1 lebih menyempurnakan Windows 8. Visi akhirnya adalah, anda dapat masuk ke PC manapun dengan file, pengaturan, dan aplikasi anda ada di dalamnya.

Windows 8 seharusnya menjadi versi pertama Windows yang tidak hanya terikat ke PC. Windows 8.1 lebih menyempurnakan Windows 8. Visi akhirnya adalah, anda dapat masuk ke PC manapun dengan file, pengaturan, dan aplikasi anda ada di dalamnya. Anda akan menggunakan akun yang sama untuk masuk ke semua PC Windows, dan data-data anda akan mengikuti ke manapun anda pergi. Bagaimana cara menggunakan PC Windows 8  di mana saja? Ikuti petunjuk di bawah.

 

Gunakan Akun Microsoft

Kunci untuk rencana Microsoft ini adalah membuat orang login ke PC dengan akun Microsoft. Microsoft mendorong anda untuk melakukannya secara default. Anda harus mengklik beberapa tautan tambahan untuk masuk dengan akun lokal. Ketika anda mengatur PC atau membuat akun baru, cukup login dengan akun Microsoft yang ada atau membuat yang baru. Anda dapat mengkonversi akun lokal ke akun Microsoft dalam aplikasi PC Settings pada Accounts > Your account.

Ketika anda ingin masuk ke PC lain, buka aplikasi PC Settings, arahkan ke Accounts > Other accounts, pilih Add an account, dan tambahkan akun Microsoft anda. Namun anda tidak bisa masuk ke PC manapun dengan akun Microsoft ini. Pemilik PC harus menambahkan anda terlebih dahulu ke sistem, memberikan anda izin untuk menggunakan hardwarenya.

 

Pengaturan Desktop

Windows 8 dan 8.1 akan mengubah banyak pengaturan desktop antara PC anda secara default. Ini termasuk pengaturan latar belakang, gambar lock screen, gambar akun, warna, ubin di Start screen dan tata letaknya. Ini juga bekerja untuk File Explorer, mouse, keyboard, printer, metode input, bahasa, dan ease-of-access tools. Pengaturan ini disinkronisasikan antara komputer yang anda masuki. Jadi ketika anda mengubah PC satu per satu, maka akan berlaku juga pada PC anda yang lain.

Untuk menyesuaikan pengaturan ini, bukan aplikasi Change PC Settings – tekan Windows Key + C atau geser dari kanan untuk mengakses bar charm, tapi atau klik Settings, dan pilih Change PC settings. Arahkan ke OneDrive > Sync settings untuk memeriksa dan mengkonfigurasi pengaturan ini.

 

File

Microsoft juga ingin file anda mengikuti di PC anda, yang mana OneDrive terintegrasi ke desktop Windows 8.1. OneDrive menyediakan folder khusus yang dapat anda akses di File Explorer dan menggunakannya dari aplikasi desktop. Drop file di sini dan mereka akan diunggah ke penyimpanan online OneDrive. Kemudian anda dapat masuk pada setiap PC Windows dan semua file anda akan berada di OneDrive. Anda juga dapat mengaksesnya melalui situs atau aplikasi mobile OneDrive.

Ini seperti Dropbox atau Google Drive, namun terintegrasi ke dalam sistem operasi. Bahkan ini sebenarnya lebih cerdas. OneDrive akan mengunduh file on-demand saat anda membukanya. Ini berarti anda dapat menyimpan sejumlah besar file dalam OneDrive tanpa khawatir tentang sinkronisasinya ke setiap PC yang anda gunakan.

Microsoft menyediakan 7 GB penyimpanan gratis, meskipun anda mungkin memiliki lebih banyak ruang OneDrive jika anda menggunakan SkyDrive di masa lalu. Anda dapat melihat penyimpanan gratis tersebut dari OneDrive > File storage di PC settings atau mengaksesnya melalui OneDrive di FileExplorer. Simpanlah fil eke OneDrive dan mereka akan ada di PC manapun yang anda masuki dengan akun anda.

 

Baca juga :

              Lenovo Yoga 900s, Laptop 12. 5 inch yang super tipis

              5 Fitur Rahasia OnePlus 3 yang Belum Diketahui Banyak Orang

 

Foto dan Video

Foto dan video juga disinkronisasikan ke OneDrive, meskipun ini bekerja sedikit berbea. Foto yang ada di Pictures > folder Camera Roll akan disinkronisasikan secara otomatis. Anda dapat menyesuaikan pengaturan unggah di OneDrive > Camera Roll di PC settings.

Alasan menggunakan folder yang berbeda dengan pengaturan yang berbeda agar OneDrive dapat secara otomatis menyesuaikan kualitas, jika anda ingin. Anda bisa membuat semua foto yang anda ambil di folder Camera Roll dan meminta OneDrive secara otomatis mengompresnya ke ukuran yang baik dan mengunggahnya untuk membuat cadangan.

 

Aplikasi

Sekarang, aplikasi yang anda instal dari Windows Store akan disinkronisasikan antara perangkat Windows anda. Pengaturan ini dikendalikan di OneDrive > Sync settings di Change PC setting.

Masalahnya adalah mungkin anda tidak menggunakan “Store apps” pada PC anda. Karena cara kerja aplikasi desktop, mereka tidak dapat disinkronisasikan antara perangkat anda. (namun anda dapat menggunakan aplikasi desktop portabel dan menempatkannya dalam folder OneDrive)

Dalam jangka panjang, Microsoft ingin mendorong kita untuk menggunakan aplikasi Store. Itu sebabnya mereka menambahkan kemampuan untuk menjalankan aplikasi ini di jendela pada desktop. Kemudian aplikasi anda akan mengikuti dari PC ke tablet, dan tablet ke PC.

 

Kesimpulan

Anda masih dapat menggunakan Windows 8.1 seperti versi lama Windows. Anda dapat masuk dengan akun lokal, menonaktifkan akses ke OneDrive, dan hanya menggunakan aplikasi desktop. Dalam hal ini, tidak ada pengaturan, file atau aplikasi yang akan mengikuti anda dari PC ke PC. Ini hanya akan bekerja jika anda mau membeli Microsoft di masa mendatang.

Ini mirip dengan apa yang ditawarkan Chrome dengan sinkronisasi browser dan aplikasi Chrome, atau yang ditawarkan setiap layaan online dengan kemampuan mengakses data anda di web dari PC manapun atau dengan aplikasi pada perangkat mobile manapun.[RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel